Kenapa iPhone Lama Ngecas

Kenapa iPhone Lama Ngecas? Ini Solusi yang Tepat

Hp iPhone kini memang menjadi salah satu smartphone yang banyak dipakai oleh masyarakat luas. IPhone sendiri memiliki banyak keunggulan seperti desain yang elegan, fitur-fitur yang canggih, serta kualitas yang dikenal bagus. Akan tetapi iPhone juga bisa engalami beberapa masalah dan sering dipertanyakan oleh banyak orang yaitu kenapa iphone lama ngecas dan bagaimana solusinya. Untuk menjawab pertanyaan ini, mari simak rangkuman kami dibawah ini!

Penyebab iPhone Lama Ngecas

Terdapat beberapa faktor yang bisa memicu iPhone lama ngecas, yaitu:

  • Charger tidak sesuai

Jika anda memakai charger yang bukan bawaan iPhone atau charger yang rusak maka kemungkinan besar inilah penyebab kenapa iPhone lama ngecas. Hal ini dikarenakan charger yang tidak sesuai dapat memberikan arus listrik yang kurang optimal bahkan bernahaya untuk hp iPhone anda. Selain itu charger yang rusak bisa menyebabkan keneksi yang tidak stabil.

  •  Port charger kotor

Apabila port charger yang anda gunakan kotor atau berdebu bahkan berkarat, maka ini bisa menjadi penghabat proses pengisian daya. Kotoran ataupun karat pada port charger dapat mengganggu kontak antara konektor charger dan iPhone anda sehingga arus listrik tidak bisa mengalir dengan lancar ketika proses pengisian baterai.

  •  Suhu iPhone panas

Suhu iPhone yang terlalu panas juga bisa menghambat aliran listrik pada saat pengisian baterai. Iphone terlalu panas ini biasanya karena terkena paparan sinar matahari terlalu lama maupun  karena dipakai untuk aktivasi berat dalam waktu lama seperti bermain game. Perlu diketahui, bahwa iPhone memiliki sistem perlindungan termal yang berfungsi untk mengurangi kecepatan pengisian daya apabila suhu panas iPhone melebihi batas yang ditentukan dn hal ini tentunya untuk mencegah kerusakan pada komponen didalam iPhone itu sendiri.

  •  Menggunakan iPhone sambil dicas

Jika anda sering menggunakan iPhone sambil dicas baik hanya untuk menelepon, berkirim pesan, searching di internet atau menonton video maka hal inilah bisa jadi penyebab kenapa iPhone lama ngecas. Ketika anda menggunakan iPhone sambil dicas maka iPhone akan menggunakan daya yang masuk untuk menjalan aktivitas tersebut sehingga tak heran jika suhu iPhone anda juga semakin panas dan baterai yang tersimpan menjadi lebih sedikit.

Cara mengatasi iPhone lama saat dicas

1. Gunakan charger original atau bwaan iPhone

Charger bawaan iPhone atau charger original sudah disesuaikan dengan spesifikasi serta kebutuhan hp iPhone, sehingga mampu meberikan aru listrik yang stabil, optimal dan juga aman. Namun jika anda belum memiliki charge bawaan iPhone, maka pastikan anda memakai charge yang berkualitas serta sesuai dengan standar maupun ketentuan apple.

2. Bersihkan port charger

Bersihkan port charge dengan hati-hati dan pastikan menggunakan alat yang tidak bisa menghantarkan listrik seperti tusuk gigi, kapas, kain kering dan lainnya untuk membersihkan permukaan port. Ingat, jangan sekali kali menggunkaan alat yang basah maupun menyemprotkan cairan pada port charge karena bisa merusak hp iPhone anda.

3. Dinginkan iPhone anda

Apabila suhu iPhone anda terlalu panas, sebaiknya dinginkan dahulu sebelum dicas. Caranya anda bisa meletekkan iPhone anda diatas lantai yang dingin dan sejuk atau bisa dengan menghidupkan kipas angin maupun AC. Jangan letakkan iPhone di tempat-tempat yang terlalu dingin seperti kulkas aupun freezer karena dapat menyebabkan kondensasi yang merusak iPhone.

4. Jangan menggunakan iPhone sambil dicas

Jika anda memiliki kebiasaan menggunakan iPhone sambil dicas, maka kebiasaaan ini sebaiknya jangan dilakukan. Ketika melakukan pengecasan pada iPhone, anda bisa mematikan iPhone atau mengaktifkan mode pesawat untuk menghemat daya yang digunakan. Anda juga bisa mengurangi kecerahan layar, menutup aplikasi atau menutup fitur yang tidak diperlukan seperti bluetooth, GPS, wifi dan lain lain. Perlu diketahui bahwa penggunakan iPhone sambil dicas ini juga bisa memicu battery health iPhone turun secara drastis sehingga menimbulkan masalah baru pada baterai iPhone anda.

Ciri-ciri baterai iPhone sudah rusak

  •  baterai cepat habis walaupun digunakan dengan pemakaian yang wajar
  • iPhone tiba-tiba mati mendadak padahal persentase baterai masih penuh
  • baterai menggembung sehingga membuat bodi maupun layar iPhone menjadi bengkok atau agak terangkat
  • iPhone hanya bisa menyala ketika dihubungkan dengan charge saja dan akan mati ketika dicabut

Jika anda menemukan ciri-ciri diatas pada device iPhone anda, maka kemungkinan besar baterai iPhone sudah rusak dan harus segera di ganti dengan yang baru. Adapun caranya anada bisa membawanya ke service center resmi apple atau toko resminya untuk melakukan perbaikan. Ingat jangan sekali-kali mencoba memakai baterai yang tidak resmi ataupun palsu karena justru bisa menimbulkan masalah baru bahkan masalah keamanan.

Demikianlah artikel tenang kenapa iPhone lama ngecas beserta cara mengatasinya yang bisa anda lakukan. Semoga artikel ini bisa membantu anda. Terimakasih 😉