cara menghidupkan iphone yang tiba tiba mati

Cara Menghidupkan iPhone yang Tiba Tiba Mati

iPhone adalah salah satu alat komunikasi yang udah jadi kebutuhan pokok di era digital ini. Semua hal sekarang ini bisa dikerjakan dengan iphone mulai dari komunikasi, belanja online, bayar tagihan listrik sampai pesan alat transportasi. Fungsinya yang sangat banyak dan penting bikin siapapun pasti akan sebel kalau ngalamin kondisi iphone mati total. Kasus ini sering terjadi di mana headset tiba-tiba mati total tanpa alasan. Pas hal itu terjadi, kamu pasti mikir bahwa iphone kamu rusak dan nggak bisa dibenerin jadi kamu harus beli yang baru. Kondisi itu bisa aja bener, tapi ada banyak langkah yang bisa kamu coba dulu buat memperbaiki kondisi iPhone kamu. Berikut akusatu.com akan ngulas penyebab iPhone tiba tiba mati total serta cara menghidupkan iphone yang tiba tiba mati. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Penyebab iPhone Tiba-tiba Mati Total yang Jarang Kamu Sadari

Seiring waktu jalan, semua barang elektronik akan ngalamin penurunan performa. Begitu juga dengan iPhone yang kamu pake. Salah satu tanda yang sering jadi ukuran kemampuan iPhone makin turun adalah masa pakai baterai yang nggak lagi sama kayak dulu.
Masalah lain yang muncul yaitu iphone bisa aja mendadak mati total dan bikin kita panik. Hal ini bisa terjadi karena daya baterai udah sangat rendah. Selain itu iPhone yang mati total juga bisa disebabkan karena aksesoris iPhone yang kw kayak adapter dan kabel data nggak original karena iPhone terbilang sangat sensitif sama adapter dan kabel yang nggak original itu.
iPhone mati mendadak juga bisa disebabkan karena port charger rusak dan mesin iPhone yang bermasalah. Selain bawa ke tempat service, kamu juga bisa coba ngatasin sendiri masalah iPhone mati mendadak dengan cara-cara yang gampang diikutin.

Cara menghidupkan iphone yang tiba tiba mati

1. Restart atau tekan tombol power

Hal pertama yang harus kamu lakuin kalau iPhone mendadak mati total adalah ngeceknya dengan teliti. Buat ngeceknya, cukup tahan tombol Hold di pojok kanan atas di pinggir ponsel selama sekitar 10 detik.
Kalau belum nyala, coba ulang lagi. Abis itu layar iPhone kamu akan kedip dan nggak lama kemudian akan muncul logo Apple. Kalau iPhone bisa balik beroperasi normal, disarankan buat restart iphone hal ini dilakuin biar fitur yang ada bisa kerja normal lagi.

2. Tekan tombol Hold dan Home

Kalau iPhone kamu nggak bisa di-restart, coba cara ini buat alternatif. Tekan tombol Hold dan tombol Home barengan selama 10 detik. Kalau bisa, kamu bisa nahan sampe 20 atau 30 detik. Di banyak kasus, cara itu dijamin bisa nyalain lagi iphone kamu yang mati mendadak.

3. Charge iPhone kamu

Di beberapa kasus, iPhone mati mendadak dan nggak bisa nyalain lagi karena daya baterai udah sangat rendah. Hal itu karena iphone pake daya baterai yang sisa buat ngamanin data dan pengaturan. Buat itu isi baterai iPhone kamu lewat charger adapter atau colok ke port USB komputer. Tapi kalau baterai iphone kamu bener-bener abis, disarankan buat charge lewat charger adapter.

4. Reset iPhone

Kalau cara di atas nggak berhasil maksimal, kadang solusi terbaik yang harus dilakuin adalah dengan reset iPhone kamu ke pengaturan pabrik. Ini akan hapus semua data dan pengaturan di iphone kamu. Langkah ini dijamin bisa ngefix banyak masalah.

  • Biasanya, kamu cuma perlu nyinkronin iphone kamu dan klik tombol Restore lewat iTunes. Tapi kalau iphone nggak bisa nyala juga, kamu butuh teknik di bawah ini:
  • Colok kabel USB iphone ke konektor dock, nggak usah ke komputer kamu
  • Tahan tombol Home selama beberapa detik
  • Selanjutnya colok kabel USB ke komputer
  • Langkah ini akan membuka iTunes, atur iPhone ke recovery mode, dan iphone kmu bisa kembali ke pengaturan pabrik.