Iphone LL/A

iPhone LL/A Artinya Apa?

Apa Itu Kode iPhone LL/A dan Apakah Bisa Dipakai? Dikutip dari discussions.apple.com, kita bisa tahu bahwa setiap iPhone punya kode produksi yang unik. Kode wilayah ini menunjukkan dari mana asal iPhone itu dibuat dan memberi informasi lainnya.
Kode produksi ini penting untuk klaim garansi. Selain itu, kode produksi juga menyesuaikan fitur-fitur yang ada di iPhone sesuai dengan aturan negara masing-masing. Misalnya, kode produksi iPhone Jepang tidak membolehkan fitur matikan suara kamera di ponsel. Ini supaya tidak ada yang bisa foto orang lain tanpa sepengetahuan.

Salah satu contoh kode iPhone adalah LL/A. Dari discussions.apple.com, kita bisa tahu bahwa kode ini untuk pasar Amerika Utara. Jadi, kode iPhone LL/A bisa dipakai karena itu adalah produk resmi dari Apple.

Kode iPhone adalah cara untuk mengaktifkan iPhone dan membuatnya bisa dipakai di berbagai pasar. Sehingga Kode iPhone tentu berbeda-beda di setiap pasar, jadi kamu harus tahu kode iPhone yang cocok untuk wilayah tertentu sebelum kamu membelinya. Biasanya, kode ini ada huruf dan angka yang ada di label pabrik di belakang iPhone. Kamu juga bisa lihat kode ini di menu “Tentang” atau “About” di pengaturan iPhone. Dengan tahu kode iPhone, kamu tidak cuma tahu iPhone itu dibuat di mana. Tapi, juga bisa bantu kamu untuk tahu model, versi, tahun produksi, jenis iPhone, spesifikasi dan fitur, dan untuk cek keaslian produk iPhone itu.

Selain itu, kalau kode iPhone-mu resmi, kamu bisa terhindar dari blokir IMEI oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Nah, untuk tahu lebih lengkap tentang kode iPhone yuk baca artikel ini. Ini dia daftar kode iPhone untuk wilayah Indonesia dan beberapa negara lain. Yuk lihat!

Kode Negara untuk iPhone

Semua iPhone punya kode iPhone. Ini dia kode iPhone untuk wilayah Indonesia dan negara lain:

  1. Indonesia: PA/A
  2. Indonesia: ID/A
  3. Indonesia: FE/A
  4. Indonesia: SA/A
  5. Amerika Serikat: LL/A
  6. Hongkong, Macau: ZP/A
  7. Singapura: ZA/A
  8. Brazil: BZ/A
  9. Kanada: CA/A
  10. Cina: CH/A
  11. Republik Ceko: CZ/A
  12. Jerman: D/A
  13. Austria, Jerman, Belanda: DN/A
  14. Meksiko: E/A
  15. Estonia: EE/A
  16. Prancis, Luxembourg: FB/A
  17. Austria, Liechtenstein, Swiss : FD/A
  18. Yunani HN/A India : GR/A
  19. Italia HB/A Israel: IP/A
  20. Jepang: J/A
  21. Norwegia: KN/A
  22. Firlandia, Swedia: KS/A
  23. Colombia, Ekuador, El Savador, Guetemala, Honduras, Peru : LA/A
  24. Argentina: LE/A
  25. Mesir, Jordania, Saudi, UAE: AB/A
  26. Chili, Paraguai, Uruguai: LZ/A
  27. Hungaria: MG/A
  28. Malaysia: MY/A
  29. Belgia, Prancis, Luxembourg: NF/A
  30. Polandia: PL/A
  31. Portugal: PO/A
  32. Filipina: PP/A
  33. Romania: RO/A
  34. Rusia: RS/A
  35. Slovakia: SL/A
  36. Afrika Selatan: SO/A
  37. Italia: T/A
  38. Taiwan: TA/A
  39. Turki: TU/A
  40. Australia, Selandia Baru: X/A
  41. Spanyol: Y/A

Bagaimana Cara Cek Kode iPhone yang Cocok untuk Indonesia

Kamu pasti sudah tahu bahwa kode iPhone yang resmi di Indonesia ada PA/A, ID/A, FE/A, dan SA/A. Setelah tahu kode resmi iPhone itu, sekarang saatnya kamu untuk cek apakah iPhone yang kamu pakai sudah pakai kode resmi itu atau belum. Ini dia cara ceknya:

  • Buka iPhone dan masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Lalu, pilih menu “General” atau “Umum”.
  • Terus, klik “Mengenai” dan kamu akan lihat nomor model, apakah itu PA/A, ID/A, FE/A, atau SA/A.
  • Kalau iPhone yang kamu pakai tidak pakai salah satu dari empat kode itu berarti iPhone itu asalnya dari luar negeri.
  • Kamu bisa cek kode negara iPhone dari negara lain untuk tahu dari mana iPhone itu didistribusikan.

Manfaat Cek Kode Negara Sebelum Beli iPhone

Kode negara itu penting untuk setiap iPhone karena klaim garansi biasanya cuma berlaku di negara dengan kode yang sama dengan negara itu. Fungsi dari kode iPhone itu untuk menentukan negara asal dari perangkat dan menentukan apakah iPhone yang kamu beli bisa dipakai di tempatmu atau tidak. Selain itu, kamu jadi tahu iPhone itu bisa didistribusikan untuk negara apa saja. Sementara itu, untuk tahu kode negara iPhone sebelum beli bisa dengan cek bagian kode negara di kotak iPhone, cek informasi di situs web, atau pakai aplikasi.

Itu tadi daftar kode iPhone untuk wilayah Indonesia dan beberapa negara lain. Kalau kamu mau beli iPhone, pastikan dulu untuk cek kode negara iPhone.