baterai airpods cepat habis

Solusi Ampuh Atasi Baterai AirPod Cepat Habis

AirPods merupakan salah satu TWS terbaik karena TWS ini berasal dari Apple. Meskipun harganya cukup mahal, kali ini aku akan membahas tentang cara menghemat baterai AirPods agar bisa lebih awet dan tidak mudah habis. Baterai AirPod Cepat Habis ini bisa berarti habis bersamaan atau habis sebelah saja, sehingga persentase AirPods kanan dan kiri tidak seimbang. Ketika sudah dipakai dan dimasukkan ke dalam case, secara otomatis akan mengisi daya.

Hal ini juga berlaku untuk semua jenis TWS lainnya. Daya tahan baterai setiap TWS berbeda-beda. Ketika digunakan untuk mendengarkan musik dan lagu, AirPods bisa bertahan sampai 6-7 jam.
Untuk menghindari baterai AirPods habis cepat setelah kamu pakai, kamu bisa segera simpan ke dalam case, maka baterai akan kembali 100%. Karena sering dipakai untuk charging AirPods, wajar saja jika kapasitas baterai dari case nya akan menurun.

Hemat atau borosnya tergantung dari penggunaan. Jadi pembahasan kali ini aku akan sebutkan faktor-faktor yang bisa membuat baterai AirPods lebih hemat atau faktor yang membuat AirPods boros baterai saat dipakai.
Tapi sebelum lanjut, kamu bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah aku bahas. Misalnya jika headset atau earphone yang kamu punya rusak cepat padahal baru beli, kamu bisa baca artikel tentang headset yang rusak cepat dan suaranya sebelah.

Penyebab Baterai AirPod Cepat Habis

1. AirPods Sudah Lama Dipakai

Jika AirPods yang kamu punya sudah lama atau beli 2 atau 3 tahun yang lalu, wajar saja jika pemakaian baterainya banyak dan terasa boros. Karena memang baterai dari AirPods itu sendiri sudah tidak seperti dulu lagi, alias sudah tidak bisa menyimpan daya sampai 100% lagi.

2. Sering Mengatur Volume ke Tinggi

Baterai AirPods habis cepat juga bisa terjadi karena kamu sering mengatur volume terlalu tinggi. Karena semakin tinggi suara yang keluar, maka semakin banyak daya yang dibutuhkan. Tidak perlu tinggi-tinggi atau terlalu keras, yang penting kamu bisa mendengarnya.

3. Simpan ke Dalam Case Ketika Tidak Dipakai

Menyimpan TWS ke case selain menjaga supaya TWS tidak kotor dan hilang juga untuk menjaga baterai dari TWS itu sendiri. Jadi jika kamu baru punya AirPods, ketika sudah tidak akan dipakai lebih dari 10 menit, silakan simpan lagi ke case nya supaya aman dan baterainya tetap awet.

4. Disimpan Di Tempat Yang Tidak Sesuai

Karena AirPods ada baterainya, jadi simpanlah di tempat yang sesuai. AirPods boros baterai bisa disebabkan karena ketika AirPods disimpan di case dan case disimpan di tempat yang tidak tepat, seperti tempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Ini sangat tidak disarankan karena panas bisa mempengaruhi baterai.

Cara Kalibrasi Baterai AirPods

Dulu, AirPods generasi pertama yang dia pakai selama 3 tahun ini cuma bisa dipakai sampai 1,5 jam untuk mendengarkan musik.

Pengguna dengan username smakusdod ini membagikan cara untuk melakukan kalibrasi ulang untuk baterai di AirPods dan Charging Case. Ini dia langkah-langkahnya:
1. Reset AirPods Case dengan cara tekan tahan tombol di Charging Case AirPods selama 10 detik.
2. Pairing atau sambungkan ulang AirPods ke perangkat iOS yang kamu pakai.
3. Habisin baterai di setiap sisi AirPods dengan cara dengarkan musik atau lainnya.
4. Habisin baterai di Charging Case untuk isi baterai ke AirPods.
5. Jika kedua sisi AirPods dan Charging Case sudah habis baterai, sambungkan ke charger dan isi baterai sampai 100%.

Cara di atas diyakini bisa melakukan kalibrasi ulang dari sistem pengukur baterai pada perangkat AirPods. Sekarang perangkat AirPods tersebut bisa dipakai sampai sekitar 3,5 jam dalam sekali isi penuh.
Penurunan baterai di setiap sisi AirPods juga jadi lebih stabil dan tidak ‘drain’ atau turun secara drastis di salah satu sisi saja. Bagi kamu yang masih pakai AirPods generasi pertama dan punya masalah baterai seperti di atas, selamat coba tips kalibrasi baterai AirPods ya!

Harga AirPods sendiri terbilang cukup mahal, diatas 2 jutaan. Sedikit saran, Jika hanya sekedar TWS, kamu juga bisa beli TWS mrek lainnya, seperti TWS dari Huawei yang kualitasnya juga mumpuni. Huawei merupakan salah satu merek terkenal yang juga bagus ketika membuat sebuah produk, salah satunya TWS atau True Wireless Stereo.