Cara Mengatasi Game Yang Tidak Bisa Dibuka Di Android

Cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android – Game android merupakan salah satu hiburan yang bisa kita unduh dan dapatkan di smartphone android. Dimana para pengguna smartphone android yang memiliki hobi main game bisa dengan mudah mendapatkannya di playstore yang tersedia di android tanpa harus menggunakan PC atau konsol game. Namun,tak sedikit juga ketika lagi asik bermain game tiba tiba game eror dan tidak bisa dibuka lagi. Tentunya hal ini akan membuat kalian kesal bukan ? Nah kali ini akusatu.com akan membahas bagaimana cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di android.

Banyak cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di android, namun hal ini tentunya tergantung juga dari seperti apa tanda tanda yang muncul di layar smartphone android anda. Maka dari itu, sebelum anda mengetahui cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di android ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu tanda tanda game tidak bisa dibuka di android. Tentunya kita harus tahu terlebih dulu tanda tanda seperti apa yang membuat game tidak bisa dibuka di smartphone android. Sebab, dengan mengetahui tanda tandanya kita dapat menentukan cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di android.

Tanda-tanda Game Tidak Bisa Dibuka Di Android

  • Keluar Ke Menu Home HP Android Setelah Anda Membuka Aplikasi Game

Tanda pertama game yang anda pasang di HP Android tidak bisa dibuka adalah setelah membuka aplikasi game maka dengan sendirinya game keluar dan kembali menu home Android. Hal ini biasanya terjadi karena spesifikasi HP Android yang anda miliki tidak sesuai dengan persyaratan minimal untuk game yang Anda mainkan. Namun selain itu, tanda-tanda ini juga bisa terjadi karena alasan versi aplikasi yang terpasang di HP Android anda sudah terlalu lama.

  • Muncul Notifikasi Seperti “Not Enough Memory”

Selain kembali lagi ke menu home, tanda tanda selanjutnya jika game tidak bisa dibuka di android adalah munculnya notifikasi seperti “not enough memory”. Hal tersebut kemungkinan terjadi dikarenakan memang ruang penyimpanan internal di HP Android anda sudah terlalu penuh. Perlu anda ketahui, ketika ruang penyimpanan internal HP Android itu sudah terlalu penuh, kemungkinan besar memang ada banyak aplikasi yang tidak bisa digunakan secara maksimal lagi. Hal ini karena setiap aplikasi di HP Android memang membutuhkan ruang penyimpanan internal untuk menyimpan file-file cache.

  • Layar Smartphone Android Blank Hitam Setelah Anda Membuka Aplikasi Game

Selain tanda tanda yang telah disebutkan diatas, tanda game tidak bisa dibuka diandroid adalah layar smartphone android yang tiba tiba blank hitam ketika anda membuka aplikasi game tersebut. Biasanya ini terjadi karena spesifikasi HP Android anda terlalu rendah untuk memainkan game yang anda pasang. Karena spesifikasinya terlalu rendah, maka HP Android andapun tidak bisa menjalankan aplikasi game dengan maksimal dan akhirnya justru membuat layar menjadi blank hitam.

Cara Mengatasi Game Yang Tidak Bisa Dibuka Di HP Android

Nah setelah anda mengetahui tanda tandanya, berikut ini 3 cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android sesuai dengan tanda-tandanya:

  • Pasang Ulang Aplikasi Game Di HP Android 

Cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android yang pertama adalah dengan memasang ulang aplikasi game di hp android. Cara ini dapat Anda lakukan, terutama jika Anda mengalami tanda-tanda seperti aplikasi game selalu force close setiap kali Anda membukanya (kembali ke menu home secara otomatis). Selain itu, cara ini juga efektif untuk mengatasi masalah aplikasi game yang menyebabkan layar blank hitam.

  • Hapus Cache Di Memori Internal HP Android 

Jika Anda tidak dapat membuka game di perangkat Android Anda dan selalu muncul notifikasi yang menyatakan ” “not enough memory”, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan menghapus file cache yang tersimpan di memori internal perangkat Anda. Masuk ke dalam menu pengaturan atau setting > storage > cache file untuk menghapus cache di memori internal HP Android. Setelah itu, pilih menu hapus. Selain membersihkan cache, Anda juga dapat memeriksa aplikasi yang berjalan di latar belakang perangkat HP Android Anda. Masuk ke menu pengaturan > aplikasi > pilih kolom running untuk mengurangi aplikasi yang berjalan di background task HP Android. Tutup paksa beberapa aplikasi yang menurut Anda tidak terlalu penting dan berjalan di latar belakang tugas HP Android Anda. Anda tidak hanya mengurangi penggunaan ruang penyimpanan internal saja dengan melakukan hal ini, namun juga mengurangi penggunaan RAM di HP Android anda.

  • Perbarui Aplikasi Game Di HP Android Dengan Versi Terbaru

Cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android yang terakhir adalah dengan mencoba memperbarui versi aplikasi gamenya. Banyak sekali aplikasi game yang force close dan menyebabkan layar blank hitam dikarenakan versi aplikasinya yang sudah terlalu lama. Karena versinya sudah terlalu lama, maka ada file-file yang tidak sesuai lagi dengan sistem di HP Android anda ataupun sistem di server game tersebut.

Jika setelah melakukan 3 cara tersebut aplikasi game di HP Android anda tetap tidak bisa dibuka, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan karena spesifikasi HP Android anda yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan aplikasi gamenya. Jadi jika itu masalahnya, mau tidak mau solusinya hanyalah dengan mengganti HP Android anda dengan seri yang lebih baru.