Maintenance Ringan Komputer

6 Langkah Maintenance Ringan Komputer Yang Wajib Anda Ketahui

6 Langkah Maintenance Ringan Komputer Yang Wajib Anda Ketahui – Bagi setiap pemiliki komputer tentunya pernah merasakan dimana komputer yang kita miliki terasa lemot atau kinerja komputer tidak seperti biasanya. Hal ini tentunya dibutuhkan maintenance ringan komputer agar kinerja komputer atau PC yang kita miliki bisa kembali baik seperti semula. Maintenance Komputer sendiri merupakan suatu bentuk kegiatan yang ditujukan untuk menangani perawatan dari unit komputer. Secara garis besar kegiatan maintenance komputer (perawatan komputer) dibagi atas dua bagian besar yaitu maintenance software dan maintenance hardware.

Maintenance software yang umum dikerjakan adalah update software seperti antivirus, update patch software yang digunakan dan update update lainnya. Sedangkan maintenance hardware meliputi perawatan teknis terhadap semua bagian perangkat keras dari komputer, mulai dari pembersihan bagian bagian CPU, monitor, perangkat input, perangkat cetak dan perangkat jaringannya. Dan berikut ini merupakan langkah langkah maintenance ringan komputer yang wajib anda ketahui agar kinerja komputer menjadi baik seperti semula :

6 Langkah Maintenance Ringan Komputer Yang Wajib Anda Ketahui

  • Update Windows

Maintenance ringan komputer yang pertama adalah dengan cara update windows. Hal ini memang cukup membosankan. Dimana kita harus menunggu beberapa menit sebelum bisa menggunakannya. Namun upaya mendasar ini penting untuk dilakukan secara rutin. Windows bisa memperbarui dirinya sendiri, tetapi akan lebih baik jika kamu juga memeriksanya dari waktu ke waktu.b Kamu hanya perlu membuka Settings > Update & Security > Windows Update. Kemudian klik Check for Updates. Di sana Windows akan memberi tahu apakah ada pembaruan yang perlu dipasang. Kamu bisa menentukan kapan kamu akan menginstalnya.

  • Memperbarui Software Yang Terpasang

Maintenance ringan komputer selanjutnya dengan memperbarui software yang terpasang. Hal ini ditujukan untuk mencegah terjadinya lagging. Selain itu, software versi terbaru biasanya bekerja dengan lebih baik dan memiliki fitur yang lebih lengkap. Untuk mengeceknya, kamu bisa mengunjungi Help > Check for Updates atau Options > Check for Updates. Selain cara ini, kamu juga bisa mencari tahu update software saat membuka program tersebut atau dari website resmi mereka.

  • Back Up Data

Kamu bisa mengaksesnya di Settings > Update & Security > Backup. Kamu bisa mengatur sendiri pengaturan mengenai tempat back up, waktu, dan lain-lain. Jangan ditunda ya, sebaiknya kamu melakukannya dengan rutin, misalnya sebulan hingga tiga bulan sekali.

  • Bersih-bersih Komputer

Maintenance ringan komputer selanjutnya dengan bersih bersih komputer. Maksud dari bersih-bersih disini adalah menghapus file dan program yang tidak kamu butuhkan lagi. Windows sering kali menghasilkan banyak file tidak terpakai sebagai hasil dari segala aktivitasmu di PC. Hal ini tidak bisa dicegah karena merupakan bagian dari pemrosesan data. Namun kamu bisa membersihkannya setelah pekerjaanmu selesai. Dengan begitu, kinerja PC akan menjadi lebih baik. Caranya yakni kamu cukup mengakses Disk Cleanup, pilih drive mana yang ingin kamu bersihkan, kemudian Windows akan membersihkannya dengan otomatis.

  • Memindai Malware

Maintenance ringan komputer selanjutnya memindai malware. Malware atau malicious software merupakan program atau file yang bisa membahayakan pengguna komputer. Terdapat beberapa tipe malware, misalnya virus, worm, spyware, dan trojan horse. Mereka bisa merusak, menyembunyikan, dan menggandakan file sehingga membuat kinerja PC tidak maksimal. Maka dari itu, penting untuk memindai malware setiap bulan. Kamu bisa menggunakan Windows Defender atau software antivirus yang kamu gunakan. Berikut ini cara yang harus kamu tempuh jika ingin memanfaatkan Windows Defender :

  1. Klik kanan Defender di taskbar
  2. Klik View security dashboard
  3. Klik Virus and threat protection dan tautannya
  4. Jalankan pemindaian.

Proses ini bisa memakan waktu satu jam atau lebih sehingga kamu harus sabar menunggunya.

  • Mengoptimalkan Disk

Maintenance ringan komputer yang terakhir adalah dengan mengoptimalkan disk. Kamu bisa melakukan hal ini dengan Disk Defragmentation. Ini merupakan proses penggabungan file yang terpisah pada hard drive pengguna. Dengan menyatukan semua bagian file, pengambilan data oleh PC akan lebih efisien sehingga kinerja pun meningkat. Di saat yang sama, Disk Defragmentation juga bisa membersihkan ruang penyimpanan di PC kita. Caranya kamu perlu masuk ke Explorer > This PC > klik kanan drive C: > Properties > Tools > Optimize. Setelah itu pilih C: dan klik Optimize. Biasanya hanya drive C: saja yang membutuhkan optimalisasi karena sebagian besar aktivitas PC dikerjakan di sana.