Cara Transfer File Lewat Wifi Dari PC Ke Android

Cara Transfer File Lewat Wifi Dari PC ke Android saat ini jauh lebih praktis alias sangat mudah, dimana and tidak perlu repot repot lagi menghubungkan kabel data untuk transfer file. Selain lebih praktis, dengan cara transfer lewat wifi dari pc ke android yang akan dijelaskan dibawah ini memiliki proses transfer file yang bisa lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan kabel data. Penasaran dengan caranya ? Berikut ini sudah kami rangkum 3 cara transfer file lewat wifi dari pc ke android dengan mudah dan praktis.

Cara Transfer File Lewat Wifi Dari PC Ke Android

  • Cara Transfer File Lewat Wifi Dari PC Ke Android Menggunakan Gmail

Jika Anda memiliki akses WIFI di rumah, Anda mungkin tidak memerlukan kabel data lagi untuk mentransfer file dari PC ke android. Kenapa? Ada banyak cara yang lebih efisien untuk menyelesaikan tugas yang ada, seperti memanfaatkan jaringan Wi-Fi rumah Anda. Saat Anda memiliki koneksi WIFI, cara pertama untuk transfer file dari PC ke HP Android Anda adalah dengan menggunakan Gmail. Berikut cara transfer file lewat wifi dari pc ke android menggunakan gmail :

  1. Buka akun Gmail yang sudah anda gunakan di HP Android melalui browser di PC anda.
  2. Setelah anda berhasil log in kedalam akun Gmail, selanjutnya klik tulis pesan baru.
  3. Anda bisa menuliskan subyek emailnya. Setelah itu, attach file yang mau anda transfer dari PC ke HP Android di email tersebut.
  4. Jika sudah berhasil di attach, jangan kirimkan email tersebut ke siapapun. Anda bisa langsung menutup browser di PC jika sudah selesai attach
  5. Setelah itu, buka akun Gmail anda tersebut melalui HP Android. Jika anda sudah bisa mengakses akun Gmail tersebut, anda bisa mengunduh file yang sudah anda attach tadi dari HP Android.
  6. Dengan begitu, file yang tadinya ada di dalam PC anda sudah berhasil anda transfer ke HP Android anda.

Cara ini terbilang sangat praktis dan mudah sekali, namun sayangnya,cara ini hanya dapat digunakan jika file yang ingin anda trasnfer memiliki ukuran lebih kecil dari 25 mb ( megabite ). Jika file yang ingin Anda transfer dari PC ke HP Android Anda lebih dari 25 mb, maka prosesnya akan memakan waktu lebih lama.

  • Cara Transfer File Lewat Wifi Dari PC Ke Android Menggunakan Google Drive

Selain menggunakan Gmail, siapa pun yang memiliki koneksi Wi-Fi dapat menggunakan Google Drive untuk mengirim file dari PC ke perangkat Android HP mereka. Berikut cara transfer lewat wifi dari pc ke android menggunakan google drive :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memasang Google Drive baik di PC maupun di HP Android anda. Caranya, Anda bisa mengunduh file Google Drive di website resminya.
  2. Setelah anda memasang Google Drive di PC maupun di HP Android, maka yang perlu anda lakukan selanjutnya memasukkan semua file yang mau anda transfer dari PC ke HP Android kedalam folder Google Drive.
  3. Jika sudah anda masukkan semua file yang mau ditransfer kedalam folder Google Drive, anda hanya perlu membuka aplikasi Google Drive yang sudah anda pasang di HP Android.
  4. Semua file yang anda masukkan di folder Google Drive PC akan bisa diakses langsung di aplikasi Google Drive HP Android yang menggunakan akun Gmail yang sama.
  • Cara Transfer File Dari PC Ke HP Android Menggunakan Aplikasi File Manager

Selain menggunakan kedua cara yang telah disebutkan diatas tadi, ternyata ada cara yang lebih praktis lagi lho dalam mentransfer file dari pc ke android! Cara Transfer File Lewat Wifi Dari PC ke Android yang lebih praktis yakni dengan menggunakan file manager atau aplikasi manajemen file yang bisa anda unduh secara gratis di playstore. Menariknya lagi, metode ketiga ini dapat memberikan anda akses untuk mentransfer hampir semua file yang ada di dalam storage PC atau HP Android anda. Lantas bagaimana Cara Transfer File Lewat Wifi Dari PC ke Android menggunakan file manager? berikut langkahnya :

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menghubungkan PC serta hp android kamu ke koneksi WIFI yang sama.
  2. Selanjutnya kamu bisa mulai memasang terlebih dahulu aplikasi File Manager di HP Android anda.
  3. Setelah terpasang, buka aplikasi File Manager dan cari menu PC file transfer (berada di bagian paling bawah).
  4. Ketika anda memilih menu PC file transfer dan menekan tombol start, maka anda akan mendapatkan informasi IP Address seperti contoh “http://192.168.1.89:66821” (IP address bisa berbeda-beda).
  5. Tuliskan IP Address yang anda dapatkan dari aplikasi File Manager tersebut di address bar browser PC anda.
  6. Jika anda menuliskan IP Addressnya dengan benar, maka seharusnya anda sudah bisa mengakses baik memori internal maupun memori eksternal HP Android yang anda miliki dari browser di PC.
  7. Ketika anda sudah bisa mengakses memori internal maupun eksternal HP Android dari browser PC, selanjutnya anda hanya perlu menekan tombol upload file di bagian pojok kanan atas browser PC.
  8. Pilih file mana saja yang mau anda transfer dari PC ke HP android kemudian tekan OK.

Cukup mudah dan praktis bukan cara transfer file lewat wifi dari pc ke android ? Kamu bisa memilih salah satu cara diatas untuk mentransfer file yang kamu miliki di pc ke android. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat.