Cara Ampuh Mengatasi Laptop Cepat Panas

Cara Ampuh Mengatasi Laptop Cepat Panas – Laptop merupakan sebuah perangkat yang dapat menggantikan komputer desktop, dikarenakan bentuknya yang kecil dan portable sehingga dapat dibawa dengan mudah.

Saat ini semakin banyak orang yang lebih memilih laptop dibandingkan komputer, selain karena ukuranya yg lebih portable juga karena kemampuanya yang semakin berkembang dan mendekati kemampuan komputer.

Namun, walaupun begitu dengan ukuranya yang tergolong kecil ini membuat laptop terkadang memiliki masalah terhadap panas, hal tersebut dikarenakan minimnya sistem pendingin dalam laptop, berbeda dengan komputer yang memiliki sistem pendingin yang jauh lebih baik.

Permasalahan panas pada laptop tersebut harus selalu diperhatikan oleh para penggunanya, hal tersebut agar usia laptop menjadi lebih panjang dan tidak cepat rusak.

Baca Juga : Aplikasi yang Membuat Windows 10 Menjadi Berat

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Terdapat beberapa cara yang ampuh untuk mengatasi permasalahan panas pada laptop, baik itu dengan cara internal maupun eksternal dari laptop tersebut, dan berikut adalah beberapa cara dan tips tersebut.

1. Gunakan Laptop Cooling

Cara pertama yang paling sering digunakan untuk mendinginkan laptop adalah dengan menggunakan laptop cooling, cara ini dinilai ampun karena dapat menyalurkan dingin dari luar laptop. Laptop cooling sendiri terdapat beberapa tipe yaitu cooling pad dan vacum cooling.

Perbedaan cooling pad dan vacum cooling terletak pada cara kerjanya, dimana cooling pad bekerja mendinginkan dari luar sedangkan vacum cooling bekerja dengan menyedot panas dari dalam laptop.

Sejauh ini vacum cooling bekerja lebih baik dibandingkan dengan cooling pad, namun tidak semua laptop dapat dipasangi vacum cooling ini, hanya laptop yang memiliki lubang pembuangan panas disamping atau dibelakang saja.

2. Bersihkan Laptop dari Debu

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan laptop dari debu, baik bagian luar maupun bagian dalam laptop. Debu sering kali membuat laptop menjadi panas karena menutupi sirkulasi keluar masuknya udara pada laptop.

Selain itu, debu terkadang juga membuat kipas laptop menjadi terhambat, sehingga tidak dapat berputar dengan baik. Cara terbaik untuk membersihkan laptop dari debu adalah dengan cara membongkarnya, dan jika kalian tidak berani untuk membongkar laptop, kalian dapat membawanya ke service.

3. Ganti Thermal Paste Laptop

Laptop yang sudah berumur sering kali mengalami permasalahan panas, dan salah satu penyebab dari hal tersebut adalah thermal paste yang sudah mengering, sehingga panas pada processor laptop tidak dapat tersalurkan dengan baik.

Thermal Paste atau pasta laptop sendiri adalah sebuah zat yang dapat menghantarkan panas dari processor ke heatsink. Zat ini dapat mengering seiring penggunaan dan usia sebuah laptop, akibatnya laptop menjadi sering overheat.

Thermal Paste pada laptop dapat diganti setiap 1 atau 2 tahun sekali, tergantung dari seberapa sering dan seberapa berat kerja dari sebuah laptop tersebut.

4. Perhatikan Kemampuan Laptop

Setiap laptop memiliki batas kemampuanya masing-masing untuk menjalankan sebuah program atau pekerjaan, oleh sebab itulah terdapat beberapa jenis laptop yaitu laptop gaming, laptop ultrabook hingga laptop bisnis.

Pastikan saat menggunakan laptop tidak menjalankan program yang melebihi batas kemampuan laptop tersebut, misalkan laptop ultrabook tidak digunakan untuk bermain game berat atau editing. Akibat dari penggunaan laptop yang melebihi batas kemampuan dari laptop tersebut adalah overheat dan terkadang juga menyebabkan kerusakan.

5. Perhatikan Alas Laptop

Saat menggunakan laptop ada baiknya untuk selalu memperhatikan alas yang digunakan, sebisa mungkin laptop diletakan pada alas yang bersih dan terhindar dari debu. Beberapa tempat yang memiliki banyak debu adalah kasur, taplak meja dan meja yang kotor.

Selain beberapa tempat diatas, hindari juga penggunaan laptop diatas kaca, karena kaca tidak dapat menghantarkan panas dengan baik, atau jika terpaksa gunakanlah cooling pad sebagai alasnya.

6. Install Ulang Sistem Operasi

Sistem operasi juga dapat menyebabkan laptop menjadi panas, biasanya hal ini terjadi karena laptop tidak sanggup untuk menjalankan sistem operasi tersebut, solusinya adalah melakukan install ulang menggunakan sistem operasi yang lebih ringan.

Selain karena sistem operasi yang terlalu berat, banyaknya virus atau program yang berjalan juga dapat mengakibatkan laptop menjadi panas, oleh karena itu jika laptop dirasa sudah memiliki banyak virus dapat segera untuk melakukan install ulang.

7. Perhatikan Suhu Ruangan

Suhu ruangan mampu mempengaruhi juga suhu dari laptop, ruangan yang panas akan membuat laptop menjadi lebih cepat panas juga. Tempat terbaik untuk menggunakan laptop adalah tempat yang dingin, dengan suhu sekitar 20-30 derajat celcius. Jika dirasa tempat atau ruangan yang digunakan terlalu panas dapat menggunakan AC atau kipas angin.

Beberapa tempat yang harus dihindari pada saat menggunakan laptop adalah tempat yang lembab, panas dan juga dibawah terik matahari langsung.

Baca Juga : Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Boros

Nah, itulah tadi 7 cara ampuh untuk mengatasi laptop yang cepat panas, beberapa cara diatas dapat dilakukan untuk memperpanjang usia laptop, karena jika laptop selalu dalam kondisi panas akan membuat komponen didalam menjadi ceapt rusak.

Kata PencarianLaptop Cepat Panas Dan Kipas Berbunyi Tatakan Laptop Kipas Penyebab Prosesor Atau Laptop Cepat Panas Adalah Penyebab Laptop Panas Penyebab Laptop Cepat Panas Pad Laptop Notebook Cooler Mengatasi Laptop Panas Macbook Cepat PanasLaptop Cooling Agar Laptop Tidak Panas Laptop Cepat Panas Harga Kipas Pendingin Laptop Harga Cooling Pad Laptop Fan Laptop Dudukan Laptop Kipas Deepcool N80 Rgb Cooling Pad Laptop Murah Cara Mengatasi Laptop Panas Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *