5 Software Pembukuan Toko Online Gratis

Software Pembukuan Toko Online Gratis – Akutansi dan pembukuan merupakan salah satu kebutuhan yang harus anda lakukan dengan baik agar tetap menjaga bisnis atau usaha anda tetap berjalan. Banyak yang berfikir jika aktifitas pembukuan ini merupakan proses yang membosankan dan sebagian besar para pemilik usaha, seperti toko online lebih suka berbicara tentang sesuatu yang lebih menarik seperti mempeluas lini produk mereka.

Namun saat ini anda tidak perlu repot lagi akan pembukuan di akhir bulan, sebab kegiatan ini akan lebih mudah jika anda menggunakan software pembukuan toko online gratis. Dimana dengan software ini anda bisa membuat catatan transaksi secara otomatis terintegrasi ke laporan keuangan, lengkap dengan laporan neraca, laba rugi dan arus kas.

Baca Juga : 7 Aplikasi Pembukuan Online Gratis Untuk Memudahkan Usaha

Berikut ini beberapa software pembukuan toko online gratis yang bisa anda gunakan untuk membantu usaha toko online yang sedang anda jalani :

1. Software SQL Ledger

Software pembukuan toko online gratis yang bisa anda gunakan adalah software SQL Ledger. Software pembukuan satu ini memiliki sistem entri ganda dan sangat cocok digunakan oleh toko online yang membutuhkan inventory control, cek printing, multi user, multi location, poin of sales, packing list, serta purchase orders.

Software ini berbasis sistem ERP berbasis web, sehingga mudah dipantau dari jauh. Cocok dengan OS (windows, linuk, mac). Selain menyediakn versi gratis, Software pembukuan toko online gratis SQL Ledger juga menawarkan versi berbayar. Untuk usaha kecil dan menengah bagi saya sudah cukup menggunakan versi gratis.

Dan Jika Anda membutuhkan fasilitas barcode, label printing, invoice consolidation, dan fitur premium lainya. Anda bisa melakukan upgrade ke versi berbayar.

2. Software GNU Cash

Software pembukuan toko online gratis selanjutnya ada software GNU Cash. Dimana software pembukuan satu ini didesain untuk usaha kecil menengah seperti UKM dan UMKM.

Fitur yang nantinya bisa anda gunakan dalam software satu ini diantaranya account invoicing, receivables, account payables, akun investasi, depresiasi nilai, tax table, akun kredit dan pinjaman.

Jika fitur yang Anda butuhkan belum tersedia, Anda bisa menambahkan secara manual variabel yang diinginkan. Seperti contoh anda ingin menambahkan fitur pajak dan payroll

Dengan software pembukuan GNUCash Anda dapat melacak pendapatan, rekening bank, beban dan bahkan saham. Fitur double entry accounting dapat mendeteksi kesalahan dan menemukan sumbernya. Software ini dibangun dengan dasar prinsip akuntansi profesional agar neraca tetap seimbang dan laporan keuangan yang dihasilkan semakin akurat.

3. Software Turbo Cash

Fitur yang tersedia pada software pembukuan toko online gratis software tubo cash ini diantaranya barcodes, quotes, trial balance, batch operations, VAT accounting, multi-user and access controls, point of sale, invoicing, reporting and analysis, inventory and stock pricing.

Software ini memiliki tampilan muka yang cukup mudah dioprasikan. Biasanya software ini digunakan oleh UKM karena kemudahan penggunaannya. Turbo Cash terkenal dengan software pembukuan yang user friendly.

4. Keysoft ERP

Software pembukuan toko online gratis selanjutnya ada Keysoft ERP. DImana aktivitas bisnis atau usaha seperti akunting, finance, marketing, purchasing, gudang, produksi, logistic, dan lainnya bisa dikelola menggunakan software keysoft ERP.

Software pembukuan toko online gratis ERP memberikan efisiensi, efektivitas, tracking, control sampai analisa dalam setiap aspek bisnis yang anda jalankan. Juga didukung dengan kemampuan integrasi.

Baca Juga : Kumpulan Aplikasi Keuangan Pribadi Gratis Terbaik 2021

5. Software Jurnal.ID

Software pembukuan toko online gratis yang terakhir adalah Jurnal.ID. Software satu ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh para pemula. Selain itu, software Jurnal ID ini sudah terintegrasi dengan perbankan seperti BNI, BRI, BCA dan bank lain.

Anda bisa memilih software akuntansi jurnal untuk bisnis anda, ada pilihan untuk pemula ( khusus Bisnis kecil ), Medium dan Enterprise ( bagi anda yang butuh pencatatan keuangan yang lebih komplek dan lengkap).

Jika Anda adalah seorang pengusaha pemula yang sedang membangun usaha, Anda bisa memilih software pembukuan toko online gratis sesuai yang disebutkan diatas tadi. Namun jika Anda sudah memiliki usaha dan bisnis yang mapan, Anda bisa mmulai menggunakan software berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *