Mengenal Pengertian, Manfaat dan Cara Membuat E-Learning

Cara Membuat E-Learning – Beberapa tahun belakangan ini, semenjak merebaknya wabah virus COVID-19 di tahun 2020, popularitas E-Learning meningkat tajam. Dimana e-learning terbukti lebih efektif dalam memberikan berbagai ilmu praktis dan mengembangkan keterampilan sehari hari untuk pelajaran tertentu daripada pendidikan konvensional.

E-Learning sendiri merupakan singkaan dari kata elktronik learning yang memiliki arti sebuahproses pembelajaran yang berbasis teknologi, khususnya yakni dikembangkan menggunakan teknologi internet, sehingga memungkinkan bagi seorang pelajar untuk bisa belajar dimana saja dan kapan saja.

Manfaat Menggunakan E-learning

  • Waktu belajar lebih fleksibel.

Hal ini dikarenakan seorang pelajar akan bisa dengan bebas menentukan kapan dan dimana akan belajar. Yang terpenting adalah memiliki akses internet.

  • Biaya lebih ringan.

Dengan memanfaatkan e-learning seorang siswa tidak dituntut untuk membeli buku paket, biaya transportasi, dan lain sebagainya.

  • Pembelajaran secara mandiri.

keberhasilan pembelajaran ditentukan secara mandiri oleh masing-masing pengguna.

Cara Membuat E-learning

Cara membuat e-learning sendiri sebenernya tidaklah begitu sulit. Dimana kamu bisa menggunakan moodle dalam membuat e-learning. Moodle sendiri merupakan sebuah platfrom yang secara khusus dibuat untuk kebutuhan belajar mengajar secara online. Moodle sendiri ialah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment.

Baca Juga : Daftar Situs Trading Cryptocurrency Terbaik di Indonesia

Dan berikut ini merupakan langkah atau cara membuat e-learning menggunakan moodle

1.Login ke cPanel

Cara membuat e-learning ialah kamu diharuskan memiliki website atau blog dengan nama domain terlebih dahulu. Jika kamu belum memilikinya maka ada beberapa pilihan domain terbaik dengan harga murah yang bisa anda beli. Namun jika sudah memilikinya maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat akun cPanel dan login.Pada halaman cPanel silahkan klik dan instal moodle.

2. Software stup

Jika kamu sudah login ke cPanel dan menginstall moodle, maka cara membuat e-learning selanjutnya adalah kamu diminta mengisi formulir pada software stup, diantaranya adalah uumengisi versi yang anda kehendaki, nama domain, kesediaan menggunakan http://www, data directory, database name, dan cron job.

3. Site setting

Cara membuat e-learning selanjutnya dimana pada bagian site setting kamu akan diminta untuk mengatur site name dan site description.

4. Admin account

Cara membuat e-learning selanjutnya yakni mengisi data admin seperti pasword, username, name, dan email admin.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Mandarin Gratis Untuk Android

Nah, jika cara membuat e-learning diatas sudah kamu lakukan engan benar, maka langkah terakhir yakni mengklik install dan tunggu beberapa menit untuk proses penginstalan. Dan bagi kamu yang ingin mengembangkan moodle yang kamu miliki dan berbagi pengalaman seputar moodle maka sebaiknya bergabung dengan komunitas moodle.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *