5 Software Pengolah Kata Untuk Membantu Pekerjaanmu

Software pengolah kata atau biasa disebut word processor merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengolah kata yang di dalamnya terdapat kegiatan seperti pembuatan dokumen, surat, laporan, mengedit, memodifikasi, menyunting, atau mencetak dokumen.

Software pengolah kata ini berfungsi untuk membantu anda dalam pembuatan naskah laporan, brosur, artikel, karya tulis, proposal, dan lainnya. Saat ini sudah banyak sekali macam-macam software pengolah kata yang bisa anda gunakan mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Baca Juga : Mudah Dilakukan, Begini Cara Membuat Desain Logo Olshop di HP

Dengan menggunakan software pengolah kata ini dapat membantu anda dalam melakukan pekerjaan kantoran. Dan berikut ini merupakan daftar software pengolah kata yang bisa anda gunakan untuk memperlancar pekerjaan kantoran anda dalam hal pembuatan dokumen, surat, laporan, mengedit, memodifikasi, menyunting, atau mencetak dokumen.

1. Microsoft Word

Software pengolah kata yang pertama ada microsoft word. Microsoft word sendiri merupakan software pengolah kata yang saat ini paling banyak digunakan oleh semua orang. Dimana software satu ini memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam membantu anda membuat berbagai jenis dokumen

Selain itu Microsoft Word juga cukup mudah digunakan, Karena dilengkapi dengan tampilan berupa grafis yang dilengkapi dengan tombol-tombol dan menu menu yang membuat kita bekerja dengan sangat mudah.

2. Star Office Writter

Software pengolah kata selanjutnya ada Star Office Writter. Software satu ini merupakan aplikasi perangkat lunak yang memilki sifat multiplatform yaitu aplikasi yang dapat dijalankan dengan berbagai macam sistem operasi baik linux, windows, unix, solaris dan sistem operasi lainnya.
Perbedaan yang mendasar antara Starr Office writter dengan Microsoft office yaitu terletak pada file ekstensinya. Jika pada Ms.word menggunakan file ekstensi *doc, pada Star Office Writter meenggunakan file ektensi *odt. Namun jenis file ektensi *odt masih dapat dirubah menjadi file ektensi *doc.

3. Lotus Word Pro

Lotus word pro merupakan salah satu software pengolah kata yang kami rekomendasikan. Dimana aplikasi satu ini dikeluarkan berbarengan dengan aplikasi office lainnya yang dikenal dengan nama Lotus smartsuite.

Baca Juga : Pebisnis Wajib Tahu, Inilah 5 Langkah Cara Membuat Iklan Yang Menarik

Kelebihan yang dimiliki oleh software pengolah kata satu ini adalah kemampuannya untuk mempertukarkan file file dokumen dengan Microsoft Word, Selain itu, Lotus word pro juga dapat membuka file file microsoft word aplikasi pengolahan kata lainnya. Word Pro dilengkapi dengan fasilitas Helpfull Menu Finder yang membantu para penggunanya bisa menemukan seluruh perintah yang sesuai dengan perintah wordperfect.

4. Open Office

Open office merupakan software pengolah kata yang hampir sama dengan Ms.Word. Bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public Licensi) , sehingga nantinya dapat didistribusikan secara bebas. Open Office dilengkapi fitur bawaan “export as PDF”, sehingga file yang telah kita ketik bisa diubah langsung ke PDF tanpa repot-repot menginstall Adobe Acrobat.

5. Corel WordPerfect

Selanjutnya yang terakhir ada corel word perfect. Software pengolah kata satu ini merupakan salah satu aplikasi pengolah kata terbaik yang bisa dijalankan dikomputer dengan sistem operasi windows. Wordperfect versi terakhir yaitu perfect office X3 yang dapat dijalankan pada sistem operasi windows xp, windows 2008, windows 98.

Sayangnya, software satu ini memiliki kekurangan yakni perfect office 3 membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi yaitu prosesor Pentium 3 atau sederajat dengan memori 128 MB. Wordperfect office X3 memiliki kemampuan untuk membaca file file yang dikerjakan pada jenis aplikasi pengolahan kata lain, seperti pada aplikasi microsoft word, microsoft excel dan microsoft powerpoint.

Itu tadi merupakan 5 software pengolah kata untuk membantu anda dalam melakukan pekerjaan kantorans seperti pembuatan dokumen, surat, laporan, mengedit, memodifikasi, menyunting, atau mencetak dokumen. Semoga informasi yang dibagikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *