Dedicated Server Adalah ? Berikut Pengertian, Kelebihan Serta Cara Kerjanya

Tahukah Anda bahwa ada banyak pilihan server yang tersedia di luar sana? Opsi paling populer adalah menggunakan dedicated server. Dedicated Server adalah sebuah jenis hosting yang menawarkan fasilitas dengan skala penuh untuk satu buah akun penyewa. Dengan kata lain, jika Anda memutuskan untuk membeli paket hosting dedicated server, Anda akan memiliki akses penuh ke server.

Anda dapat menginstal sistem operasi Anda sendiri, memilih jenis sistem operasi yang ingin Anda gunakan, menginstal perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola server Anda, dan sebagainya.

Fungsi Dedicated Server

Fungsi Dedicated server adalah memiliki beberapa keunggulan, antara lain kemampuan untuk meningkatkan trafik SEO, lebih efisien dengan kustomisasi, memiliki penyimpanan yang lebih aman, dan keunggulan lain yang dapat ditemukan di artikel.

Baca Juga : Langkah Langkah Cara Buat Akun Kucoin Exchange Khusus Pemula

Selain itu, ada beberapa fungsi yang dapat Anda manfaatkan jika menggunakan server jenis ini untuk meng-host situs web Anda,diantaranya :

  • Memiliki kendali penuh atas data yang disimpan.
  • Mendapat kapasitas penyimpanan lebih besar dibanding hosting.
  • Kapasitas atau memori penyimpanan tidak terbagi-bagi dengan pengguna lain.
  • Fleksibel, karena selain digunakan untuk membuat website, kamu juga bisa memanfaatkan server sebagai tempat penyimpanan data (library).

Meskipun memiliki banyak fitur yang berguna dan mudah digunakan, jenis server yang tersedia saat ini tidak ideal untuk orang yang ingin menggunakan situs web mereka sebagai blog atau portofolio pribadi.

Siapa Yang Menggunakan Dedicated Server?

Hosting pada Tipe Dedicated Server sangat cocok untuk bisnis besar yang membutuhkan banyak sumber daya dan memiliki banyak traffic di situs web mereka. Mengutamakan tingkat keamanan data yang tinggi dan memiliki modul tertentu yang tidak dimiliki dalam layanan shared hosting.

  • Website Toko Online / Online Shop
  • Website Pemerintahan
  • Website Perusahaan
  • Website Berita (News Portal)
  • Website Bisnis

Kapan Saatnya Harus Menggunakan Dedicated Server?

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan, seperti pindah server hosting. Mungkinkah website Anda berjalan lancar di dipagi hari tetapi berjalan lambat di malam hari ? Ketidakstabilan ini merupakan tanda bahwa anda harus pindah ke dedicated server.

Baca Juga : Langkah Mudah Cara Buat Akun Okex Exchange

Jadi, apa sebenarnya yang perlu kita ketahui jika kita perlu meng-host server? Ada beberapa poin yang bisa dijadikan pertimbangamu dalam daftar di bawah ini.

Downtime
Downtime adalah keadaan dimana blog kita tidak bisa diakses, baik dari back end maupun front end. Jika hanya sekali atau dua kali setahun, perusahaan hosting harus melakukan pemeliharaan berkala dan memberitahukan kepada pelanggan.

Pesan Error
Jika Anda seorang blogger lama, Anda mungkin sudah familiar dengan pesan error yang sering muncul di dashboard WordPress. Kesalahan Membuat Koneksi Basis Data, Kesalahan Server Internal, Layar Putih Kematian, dan lebih banyak kesalahan di antaranya.

Lemot
Kecepatan akses untuk sebuah website adalah salah satu bagian yang tidak boleh dilupakan. Website dengan akses cepat akan memberikan pengalaman pengunjung yang lebih menyenangkan.

Resource Tidak Mencukupi
Ada saatnya blog kamu sudah cukup besar, pengunjung perhari mencapai puluhan ribu, dan kebutuhan disk space semakin meningkat. jika hal ini diabaikan untuk waktu yang lama, akan menyebabkan blog anda menjadi turun. Atau, dengan kata lain, blog Anda akan mendapatkan peringatan suspend. Jika hal ini sudah terjadi, solusinya adalah upgrade hosting ke resource yang lebih tinggi, seperti Dedicated Server

Kelebihan Dedicated Server

Setelah membahas pengertian, fungsi, dan siapa yang perlu menggunakannya, serta kapan mereka harus terhubung ke server, berikut ini kelebihan dedicate server adalah :

  • Akses dan Kontrol Penuh
  • Lebih Aman
  • Efektif dan Mudah Dikontrol
  • Tidak Terganggu Aktivitas Lain
  • Kecepatan Website Meningkat
  • Tidak Berbagi Sumber Daya

Cara Kerja Dedicated Server

Seperti yang dikatakan sebelumnya, dedicated server dapat dikustomisasi oleh pemilik atau pengguna karena mereka tidak perlu berbagi sumber daya dengan orang lain, seperti halnya shared hosting.

Cara kerja dedicate server adalah dedicated server dan colocation server memiliki koneksi, dengan komponen hardware milik pusat data. Sebaliknya, di pusat colocation, semua server fisik dan komponen terkait, seperti perangkat keras, perangkat lunak, firewall, dan komponen lainnya, dibeli secara terpisah dan kemudian dikirim ke pusat data untuk dikelola dan/atau dirawat.

User memiliki pengetahuan mengenai server, memiliki root access server sekaligus memiliki wewenang penuh untuk mengatur servernya. Analogi dari dedicated server dan colocation server adalah ibarat sebuah gedung, gedung ini terletak di sebuah kompleks yang disebut data center atau colocation server.

Kamu bebas menggunakan dan mengatur seluruh fasilitas yang ada di dalamnya. Jika terjadi masalah dengan pusat data, gedung atau server yang Anda miliki dapat terinfeksi, sehingga menimbulkan masalah seperti mati listrik atau bencana alam.

Jika Anda mencari layanan Dedicated Server terbaik, pilihlah perusahaan yang berpengalaman dan profesional. Itu tadi pembahasan tentang dedicated server adalah ? Pengertian, Kelebihan Serta Cara Kerjanya. Semoga bermanfaat.