Community Cloud Adalah ? Pengertian, Fungsi Serta Manfaat Dari Community Cloud

Community Cloud adalah bentuk hybrid dari private cloud. Mereka adalah platform multi-penyewa yang memungkinkan berbagai organisasi untuk bekerja pada platform bersama. Tujuan dari konsep ini adalah untuk memungkinkan banyak pelanggan bekerja pada proyek bersama dan aplikasi milik komunitas, di mana diperlukan infrastruktur cloud terpusat. Dengan kata lain, Community Cloud adalah infrastruktur terdistribusi yang memecahkan masalah spesifik sektor bisnis dengan mengintegrasikan layanan yang disediakan oleh berbagai jenis solusi cloud.

Komunitas yang terlibat dalam proyek ini, seperti tender, organisasi bisnis, dan perusahaan riset, berfokus pada masalah serupa dalam interaksi cloud mereka. Kepentingan bersama mereka dapat mencakup konsep dan kebijakan yang terkait dengan pertimbangan keamanan dan kepatuhan, dan juga tujuan proyek.

Baca Juga : Hybrid Hybrid Cloud Adalah ? Pengertian, Keunggulan Serta Fungsi Hybrid Cloud Untuk Perusahaan

community cloud computing memfasilitasi penggunanya untuk mengidentifikasi dan menganalisis tuntutan bisnis mereka dengan lebih baik. Community Cloud dapat dihosting di pusat data, dimiliki oleh salah satu penyewa, atau oleh penyedia layanan cloud pihak ketiga dan dapat berada di lokasi atau di luar lokasi.

Contoh dan Kasus Penggunaan Cloud Komunitas

Penyedia cloud telah mengembangkan penawaran Community Cloud, dan beberapa organisasi sudah melihat manfaatnya. Daftar berikut menunjukkan beberapa skenario utama model Community Cloud yang bermanfaat bagi organisasi yang berpartisipasi.

  • Beberapa departemen pemerintah yang melakukan transaksi satu sama lain dapat memiliki sistem pemrosesan mereka pada infrastruktur bersama. Pengaturan ini membuatnya hemat biaya untuk penyewa, dan juga dapat mengurangi lalu lintas data mereka.
  • Agen federal di Amerika Serikat. Entitas pemerintah di AS yang memiliki persyaratan serupa terkait tingkat keamanan, audit, dan privasi dapat menggunakan Community Cloud. Karena berbasis komunitas, pengguna cukup percaya diri untuk berinvestasi dalam platform untuk proyek mereka.
  • Beberapa perusahaan mungkin memerlukan sistem atau aplikasi tertentu yang dihosting di layanan cloud. Penyedia cloud dapat memungkinkan berbagai pengguna untuk terhubung ke lingkungan yang sama dan mengelompokkan sesi mereka secara logis. Pengaturan seperti itu menghilangkan kebutuhan untuk memiliki server terpisah untuk setiap klien yang memiliki niat yang sama.
  • Agensi dapat menggunakan model ini untuk menguji aplikasi dengan kebutuhan keamanan kelas atas daripada menggunakan Cloud Publik. Mengingat langkah-langkah peraturan yang terkait dengan Cloud Komunitas, ini bisa menjadi peluang untuk menguji fitur-fitur penawaran Public Cloud.

Manfaat Cloud Komunitas

  • Community Cloud memberikan manfaat bagi organisasi di komunitas, baik secara individu maupun kolektif. Organisasi tidak perlu khawatir tentang masalah keamanan yang terkait dengan Public Cloud karena grup pengguna yang tertutup.
  • Model cloud computing baru-baru ini memiliki potensi besar bagi bisnis yang mencari layanan cloud hemat biaya untuk berkolaborasi dalam proyek bersama, karena dilengkapi dengan banyak keuntungan.
  • Keterbukaan dan Ketidakberpihakan
    Community Cloud adalah sistem terbuka, dan mereka menghapus ketergantungan yang dimiliki organisasi pada penyedia layanan cloud. Organisasi dapat mencapai banyak manfaat sambil menghindari kerugian dari cloud publik dan privat.

Fleksibilitas dan Skalabilitas

  • Memastikan kompatibilitas di antara masing-masing penggunanya, memungkinkan mereka untuk memodifikasi properti sesuai dengan kasus penggunaan masing-masing. Mereka juga memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi dengan karyawan jarak jauh mereka dan mendukung penggunaan perangkat yang berbeda, baik itu smartphone atau tablet. Hal ini membuat solusi cloud jenis ini lebih fleksibel terhadap permintaan pengguna
  • Terdiri dari komunitas pengguna dan, dengan demikian, dapat diskalakan dalam berbagai aspek seperti sumber daya perangkat keras, layanan, dan tenaga kerja. Ini memperhitungkan pertumbuhan permintaan, dan Anda hanya perlu meningkatkan basis pengguna.

Keamanan dan Kepatuhan

Dua masalah penting yang dibahas ketika organisasi mengandalkan cloud computing adalah keamanan data dan kepatuhan terhadap otoritas regulasi terkait. Mengkompromikan keamanan data satu sama lain tidak menguntungkan siapa pun di comunity cloud.

Baca Juga : Mobile Computing Adalah ? Pengertian, Manfaat, Jenis Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengguna dapat mengonfigurasi berbagai tingkat keamanan untuk data mereka. Kasus penggunaan umum:

  • Kemampuan untuk memblokir pengguna dari mengedit dan mengunduh kumpulan data tertentu.
  • Membuat data sensitif tunduk pada peraturan ketat tentang siapa yang memiliki akses ke Berbagi data sensitif yang unik untuk organisasi tertentu akan membahayakan semua anggota yang terlibat.
  • Perangkat apa yang dapat menyimpan data sensitif.

Keunggulan model Community Cloud adalah dapat memenuhi kebutuhan kelompok pengguna tertentu. Namun, menjanjikan untuk melihat bahwa cloud computing berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, dan akan terus memfasilitasi pengguna dengan model layanan dan infrastruktur terbaik yang tersedia. Munculnya solusi baru, seperti Community Cloud dan Bare Metal Cloud, akan menemukan tempatnya di pasar.