Public Cloud Adalah ? Pengertian Serta Fungsi

Public Cloud Adalah ? Pasti kita sudah sangat menyadari bahwa kita berada di zaman yang berkembang saat ini. Perkembangannya mengarah kearah digitalisasi, dimana kehadiran cloud computing telah dibutuhkan. Cloud computing telah muncul sebagai komponen penting dalam memenuhi kebutuhan pribadi, organisasi, dan bisnis. Mengapa cloud begitu penting? Ya, ini karena fakta bahwa cloud mampu menyimpan data dalam jumlah besar dengan sedikit atau tanpa downtime. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa cloud memiliki peran utama yang sangat penting dalam dunia bisnis.

Baca Juga : Community Cloud Adalah ? Pengertian, Fungsi Serta Manfaat Dari Community Cloud

Cloud computing telah terbukti menjadi layanan yang sangat menguntungkan yang dapat digunakan oleh siapa saja. Hal ini berkaitan dengan fakta bahwa informasi tersedia untuk masyarakat umum. Public cloud adalah sistem layanan yang bekerja yang dapat membantu serta memenuhi kebutuhan pelanggan. Jadi, pernahkah Anda mendengar istilah “public cloud”? Berikut penjelasan lengkap tentang public cloud :

Pengertian Public Cloud Adalah :

Public Cloud adalah jenis komputasi paling dasar. Istilah “Public Cloud” mengacu pada layanan cloud yang biasanya disediakan oleh satu atau lebih organisasi. Jaringan infrastrukturnya tersebar hampir di seluruh tempat di dunia, sehingga bisa dikatakan bahwa layanan ini bisa diakses & digunakan oleh siapa pun dan di mana pun.

Public Cloud adalah layanan yang membuat migrasi data jauh lebih mudah bagi Anda. Anda tidak perlu lagi menggunakan perangkat keras yang berkapasitas banyak. Sebagai contoh, dalam menjalankan berbagai operasi bisnis, suatu perusahaan harus selalu melakukan backup data. Sehingga Public Cloud dapat menjadi solusi yang sangat baik untuk menyimpan data dalam jumlah besar tanpa harus mengkhawatirkan keterbatasan ruang.

Di cloud, biasanya ada penyedia yang disebut sebagai organisasi ketiga. Anda tidak perlu lagi pusing melakukan berbagai perawatan infrastruktur dengan ini. Public Cloud tidak memerlukan instalasi infrastruktur atau penyediaan layanan khusus. Hasilnya, Anda akan dapat menjalankan tugas bisnis Anda dengan mudah, tanpa harus khawatir akan kekurangan waktu atau efisiensi.

Jika dilihat dari bagian budgeting, Anda akan melihat bahwa dengan menggunakan layanan public cloud, Anda dapat melakukan anggaran dan perencanaan bisnis. Ini karena fakta bahwa layanan Public Cloud tidak memerlukan infrastruktur. Anda tidak harus melakukan berbagai penyediaan tempat, sehingga public cloud merupakan salah satu solusi yang baik. Terutama bagi mereka yang ingin menggunakan layanan cloud tetapi tidak memiliki cukup uang untuk menutupi kebutuhan infrastrukturnya.

Jenis jenis cloud computing

Layanan cloud computing tidak hanya terdiri dari public cloud saja, sebenarnyacloud computing memiliki 3 jenis layanan cloud, yaitu public cloud, private cloud, dan hybrid cloud, yang sudah kita bahas. Di bagian ini, kami akan memberi Anda perincian perbedaan antara berbagai jenis cloud yang mungkin Anda pelajari dan pahami sebelum memutuskan rencana.

Baca Juga : Hybrid Hybrid Cloud Adalah ? Pengertian, Keunggulan Serta Fungsi Hybrid Cloud Untuk Perusahaan

  1. Public Cloud
    Seperti yang dikatakan sebelumnya, cloud publik adalah layanan cloud yang dapat digunakan oleh masyarakat umum dengan cara yang aman. Virtualisasi, adapun, yang digunakan memiliki tujuan untuk membangun layanan cloud yang ditawarkan di public.
  2. Private Cloud
    Selanjutnya ada private cloud, yang didefinisikan sebagai layanan cloud yang hanya dapat digunakan oleh satu organisasi atau bisnis. Layanan ini tidak tersedia untuk masyarakat umum. Jenis cloud yang satu ini masih berada di organisasi, dan keberadaan harus ada di belakang firewall. Dengan kata lain, hanya organisasi dengan akses ke dana yang memenuhi syarat untuk mendaftar.
  3. Hybrid Cloud
    Terakhir ada hybrid cloud. Hybrid cloud adalah layanan cloud yang pendistibusiannya dibandingkan dengan public cloud dan private cloud. Aplikasi-aplikasi yang sensitif di layanan ini akan disimpan di private cloud, tetapi untung layanan lainnya yang memang dapat di hosting di luar jaringan organisasi akan disimpan di public cloud. Ini berarti bahwa pengguna dapat menggunakan public cloud atau Private Cloud untuk operasi sehari-hari.

Kesimpulan :

Public cloud adalah jenis komputasi paling dasar yang memiliki layanan IT dikirimkan melalui internet. Sebagai model paling populer dari layanan cloud computing, public cloud menawarkan banyak pilihan dalam hal solusi dan sumber daya computing untuk memenuhi kebutuhan organisasi atau perusahaan yang terus meningkat