Cara Membatasi Kecepatan Download IDM [Internet Download Manager]

Cara Membatasi Kecepatan Download IDM [Internet Download Manager] – IDM atau internet download manager adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu download atau unduh file dari internet dengan mudah, cepat dan aman.

IDM cukup populer digunakan karena membuat file yang didownload menjadi lebih stabil dan memiliki kecepatan penuh, jauh lebih cepat dan stabil jika dibandingkan menggunakan browser saja, selain itu file yang didownload menggunakan idm juga dapat di pause dan dilanjutkan kapan saja.

Namun, disisi lain keunggulan idm tersebut juga membawa sedikit masalah, dimana kecepatan download yang penuh tersebut akan mengambil seluruh bandwidth dari koneksi yang kita pakai, akibatnya device atau perangkat lain tidak mendapat jatah bandwidth.

Salah satu untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membatasi kecepatan download pada IDM, sehingga device atau perangkat lain akan tetap mendapatkan bandwidth yang cukup.

Baca JugaCara Mengganti Background Chat Whatsapp

Cara Membatasi Kecepatan Download IDM

Terdapat 2 cara untuk membatasi kecepatan download di IDM, dan kedua cara tersebut merupakan fitur bawaan dari IDM, dan berikut adalah tutorial lengkapnya.

1. Melalui Settings

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah melalui settings yang terdapat pada menu bar aplikasi idm, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Buka aplikasi IDM.

2. Klik menu Download pada taskbar dan pilih Speed Limiter kemudian pilih Settings.

Cara Membatasi Kecepatan Download IDM [Internet Download Manager]

3. Masukan kecepatan maksimal yang di inginkan, sebagai contoh dsini 300KB/s atau 3MB/s, klik Always turn on Speed Limiter agar setiap file yang didownload memiliki batas kecepatan yang telah ditentukan.

Cara Membatasi Kecepatan Download IDM [Internet Download Manager]

4. Klik OK untuk mengkonfirmasi, dan speed saat download akan dibatasi sesuai yang telah diatur.

2. Saat Mendownload File

Cara kedua dapat dilakukan saat mendownload file, cara ini dapat dilakukan untuk membatasi kecepatan download pada file tertentu, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Download file menggunakan IDM.

2. Selanjutnya, pada saat proses download sedang berjalan, klik tab Speed Limiter.

3. klik Cenang pada Use Speed Limiter, dan masukan batas kecepatan maksimal yang diinginkan, sebagai contoh disini 3000KB/s atau setara dengan 3MB/s.

Cara Membatasi Kecepatan Download IDM [Internet Download Manager]

4. Secara otomatis kecepatan download akan dibatasi sesuai dengan batas yang telah dintentukan tadi.

Baca JugaCara Mengatasi Tombol IDM Tidak Muncul di Chrome dan Firefox

Nah, itulah tadi 2 cara untuk membatasi kecepatan download pada aplikasi internet download manager, cara ini dapat dilakukan agar bandwidth pada setiap device yang terhubung ke koneksi wifi, dengan begitu device atau perangkat lain akan tetap terhubung ke Internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *