Begini Cara Mudah Mengganti Wajah Di Foto Online
Begini Cara Mudah Mengganti Wajah Di Foto Online

Begini Cara Mudah Mengganti Wajah Di Foto Online

Begini cara mudah mengganti wajah di foto online – Sebagai orang yang suka berimajinasi, mungkin Anda pernah berkeinginan untuk melakukan editing foto mengganti  wajah artis atau tokoh superhero dengan wajah Anda sendiri, yang tujuannya hanya untuk menghibur diri ataupun untuk mengembangkan kreatifitas Anda.

Nah, untuk melakukan hal tersebut tentu bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi jika Anda masih pemula. Karena membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk melakukannya. Oleh  karena itu, kami berinisiatif untuk membagikan pengalaman kami kepada Anda, dalam melakukan editing ganti wajah di foto. Tutorial ini telah kami rangkum sedemikian rupa, agar mudah untuk diterapkan bagi Anda yang masih terbilang pemula di bidang editing photoshop. Langsung saja Anda simak cara mudah mengganti wajah di foto online berikut ini:

Begini Cara Mudah Mengganti Wajah Di Foto Online

Kali ini kami akan menjelaskan cara menggunakan aplikasi photoshop, untuk mengganti wajah di foto. Sebelum melakukan editing, Anda perlu mempersiapkan bahan atau gambar-gambar yang dibutuhkan dalam proses editing nanti. Silahkan Anda siapkan gambar foto artis yang ingin Anda ganti wajahnya dengan wajah Anda, dan jangan lupa siapkan juga foto Anda sendiri dengan pose wajah yang hampir sama dengan foto artis tersebut. Jika sudah, maka lakkukanlah langkah-laangkah berikut ini untuk melanjutkan editingnya :

  1. Silahkan Anda buka program photoshop, dan buka file gambar artis yang sudah Anda sediakan tadi.
  2. Setelah itu lakukanlah sleksi pada bagian wajah Anda dan artis tersebut, dengan menggunakan Laso Tool, untuk memulai pergantian wajahnya.
  3. Kemudian copy paste dengan menekan tombol CTRL + C gambar wajah Anda
  4. Lalu tekan tombol CTRL + V pada gambar artis, dan letakkan layer wajah Anda tepat diatas layer foto artis.
  5. Sesuaikan ukuran wajah Anda dengan foto yang ada di belakangnya/artis tersebut. Jika foto Anda lebih besar ataupun lebih kecil dari foto artis tersebut, maka Anda bisa mengubah ukurannya dengan menggunakan free transform atau menekan tombol CTRL + T
  6. Kemudian lakukanlah proses masking pada gambar wajah tersebut, dengan menambahkan layer mask.
  7. Setelah itu aturlah foreground dan background, dengan menekan tombol CTRL + D.
  8. Lalu ubahlah foreground menjadi hitam dan background menjadi putih.
  9. Jika sudah, maka pilihlah brush tool, setelah itu atur diameter dan hardnessnya dengan mengklik kanan pada kanvas kerja Anda.
  10. Silahkan Anda hilangkan area yang dirasa tidak penting pada gamar wajah tersebut, dengan menggunakan rush tool. Pastikan terlebih dahulu kalau brush tool sudah diatur dengan warna hitam.
  11. Jangan lupa untuk menyamakan warna wajah Anda tersebut, dengan warna kulit pada gambar artis yang ada di belakangnya. Silahkan Anda klik pada layer wajah Anda tersebut, kemudian pilih color balance dengan mengklik menu Image>Adjusment>Color Balance, aturlah warna wajah Anda tersebut sampai mendekati warna kulit yang ada pada foto artis.
  12. Kemudian aturlah tingkat kecerahan layer tersebut, agar fotonya terlihat lebih riil, dengan mengatur  brightness and contrast (Image>Adjustment>Brightness and Contrast).