Tips Mengatasi Layar Hp Android Yang Tidak Bisa Bergerak Normal
Tips Mengatasi Layar Hp Android Yang Tidak Bisa Bergerak Normal

Tips Mengatasi Layar Hp Android Yang Tidak Bisa Bergerak Normal

Tips mengatasi layar Hp Android yang tidak bisa bergerak normal- Layar Hp  Android yang tidak berfungsi dengan baik, seperti tidak bisa bergerak, tentu saja membuat pengoperasian Hp Android sangat mengganggu. Sehingga para pengguna tidak dapat membuka aplikasi apapun. Touchscreen yang tidak berfungsi dengan baik lagi ini bisa saja terjadi.

Ada beberapa faktor penyebab pada layar Hp Android yang tidak bisa bergerak normal seperti biasanya. Contohnya, tidak sengaja terjatuh, masuk ke dalam air, ataupun tertimpa oleh benda yang berat. Ada beberapa tips mengatasi layar Hp Android yang tidak bisa bergerak normal, contohnya :

Tips Mengatasi Layar Hp Android Yang Tidak Bisa Bergerak Normal

  • Tips Mengatasi Layar Hp Android Dengan Merestart Ulang

Merestar ulang Hp Android dapat mengembalikan proses yang berjalan di sistem kembali ke sedia kala. Karena bisa jadi, layar HP Android yang tidak bisa bergerak itu karena adanya kendala pada sistem operasi. Adapun cara merestart ulang Hp Android pada umumya itu sama, yaitu sebagai berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol daya (power)
  2. Klik “Restart”. Kemudian tunggu hingga Hp dimuat ulang.
  3. Setelah itu coba operasikan kembali layar sentuh di Hp Android Anda.
  • Tips Mengatasi Layar Hp Melalui Safe Mode

Bisa jadi, layar Hp Android hanya kadang-kadang saja tidak bisa dioperasikan secara normal. Maka jika terjadi kondisi seperti itu, Anda dapat melakukan restart dengan Safe Mode. Safe Mode di Hp Android memungkinkan perangkat berjalan dengan sistem bawaan. Yang artinya, aplikasi dan layanan yang diinstal akan dihapus. Langkah ini dapat dilakukan apabila penyebab layar Hp Android itu tidak bisa bergerak karena aplikasi yang baru saja diunduh, ternyata tidak terinstal dengan sempurna atau malah membawa malware. Adapun caranya yaitu:

  1. Tekan dan tahan tombol daya (Power).
  2. Klik “Power Off”. Ketika Hp sudah dalam keadaan mati, lalu tekan kembali tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.
  • Tips Mengatasi Layar Hp Melalui Diagnosis Layar

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengetahui mengapa layar Hp Anda tidak bisa bergerak normal. Salah 1 nya adalah Display Tester, yang dapat mendiagnosis tingkat responsif layar Hp Android secara manual. Aplikasi ini dapat di instal di Play Store dengan cara berikut ini:

  1. Cari aplikasi Display Tester di Google Play Store lalu unduh.
  2. Setelah terunduh, instal aplikasi tersebut.

Setelah terinstal, kemudia buka aplikasi Display Tester. Pada halaman utama aplikasi ini, pilih “Tests” > “Touchscreen Test”. Anda dapat menyentuh seluruh bagian layar Hp dengan cara menyeluruh.

  1. Kemudian, jika angka indikator tidak mencapai angka 100 %, kemungkinan ada kerusakan pada layar Hp Anda.

4.Melepas lapisan Anti Gores.

Jika layar Hp Anda mulai bermasalah, tidak ada salahnya untuk mencoba melepas lapisan anti-gores dan tempered glass.

5.Keringkan Hp Anda jika terendam Air.

Salah 1 penyebab layar HP tidak bisa bergerak normal yaitu karena terendam dalam air. Jika ini terjadi, lakukan cara – cara berikut:

  • segera keringkan Hp Anda menggunakan handuk atau kain bersih.
  • Ketakkan Hp Anda ke dalam karung beras atau silica gel dalam kemasan yang sifatnya dapat menyerap air. Cara ini dapat sedikit membantu, akan tetapi tidak sepenuhnya. Karena, beras tidak dapat menyerap semua kelembaban yang bersembunyi di sela-sela Hp Android Anda.
  • Melalui Layanan Servis Center

Cara terakhir yang dapat dilakukan yaitu mengunjungi layanan Service Center. Usahakan Anda mengunungi layanan purna jual resmi dari vendor Hp agar mendapatkan suku cadang yang orisinil.

  • Gunakan Assisten Google, Keyboard dan Mouse Eksternal

Jika cara-cara di atas belum juga ampuh mengatasi layar HP tidak bisa bergerak normal, Anda masih bisa menggunakan Hp Android Anda lewat Assisten Google. Kemudia, Hp Anda belum juga dapat memanfaatkan keyboard bluetooth untuk mengetik di Hp Android dan mouse untuk melakukan perintah.

Demikianlah tips mengatasi layar Hp Android yang tidak bisa bergerak normal dari kami, nantikan juga berita terbaru lainnya seputar teknologi, sekian dan terimakasih.