Cara Mengatasi Charger iPhone Yang Dayanya Tidak Bisa Masuk
Cara Mengatasi Charger iPhone Yang Dayanya Tidak Bisa Masuk

Cara Mengatasi Charger iPhone Yang Dayanya Tidak Bisa Masuk

Cara mengatasi charger iphone yang dayanya tidak bisa masuk – Ada berbagai macam kendala dalam menggunakan Hp iPhone. Contoh yang sangat sering terjadi yaitu pengisi daya atau charger Hp iPhone tidak masuk. Akhirnya, baterai Hp iPhone tidak terisi.

Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Untuk itu agar lebih jelasnya lagi mari kita simak artikel di bawah ini tentang cara mengatasi charger iPhone yang dayanya tidak bisa masuk.

Cara Mengatasi Charger iPhone Yang Dayanya Tidak Bisa Masuk

Untuk mengetahui cara mengatasi nya Anda juga harus tahu terlebih dahulu, apa saja penyebab dari daya Hp iPhone yang tidak bisa masuk, dan berikut ini beberapa penyebabnya :

  • Penyebab yang pertama ialah, mungkin saja charger yang di gunakan adalah charger KW. Sehingga daya yang di hasilkan oleh charger KW tersebut tidak sesuai dengan daya baterai pada Hp iPhone. Karena jika charger memiliki output daya yang terlalu kecil, akan membuat baterai Hp iPhone sulit untuk terisi. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda menggunakan charger yang original. Tetapi jika Anda tetap ingin menggunakan charger merk lain, Anda juga harus menyesuaikan daya yang di perlukan oleh Hp iPhone Anda tersebut.
  • Penyebab yang kedua ialah charger yang Anda gunakan sudah rusak, yang mana biasanya charger Hp rusak ini ditandai dengan adanya percikan api yang besar saat kepala charger atau adaptor dihubungkan ke stopkontak, sehingga kabelnya jadi terkelupas ataupun retak.
  • Penyebab yang selanjutnya adalah karena stopkontak yang Anda gunakan ternyata rusak. Karena jika Stopkontak yang Anda gunakan rusak, sudah pasti tidak dapat mengalirkan aliran listrik pada charger tersebut, sehingga daya bateraipun juga tidak terisi.
  • Penyebab lainnya ialah karena Hp tersebut terlalu sering digunakan saat sedang di cas. Saat Hp iPhone tersebut Anda gunakan, ia akan bekerja ekstra dan membuat suhunya menjadi naik, sehingga akan membuat Hp tersebut jadi cepat panas. Jika suhu iPhone tersebut naik secara ekstrem, maka pengisian dayanya akan di berhentikan secara otomatis untuk sementara, sehingga proses pengisian daya pada Hp iPhone Anda tidak akan bertambah dan justru akan berkurang meski chargerbnya tetap tersambung.
  • Penyebab charger iPhone tidak masuk yang terakhir ialah adanya kotoran, cairan ataupun debu di charger dan port. Karena jika ada, maka kotoran tersebut akan menghambat proses pengisian daya pada iPhone Anda.

Itulah beberapa penyebab kenapa charger iPhone tidak bisa masuk dayanya. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Silahkan Anda simak penjelasan di bawah ini :

  1. Pastikan kalau Anda menggunakan charger original dari Apple atau charger pihak ketiga yang sudah memiliki lisensi MFI (Made for iPhone) dari Apple. Yang mana jika Anda menggunakan charger ini, pengisian daya pada iPhone akan berjalan secara optimal.
  2. Coba Anda periksa kondisi adaptor dan juga kabel charger iPhone Anda. Pastikan kalau adaptor tersebut tidak memercikan api yang besar dan kabelnya juga tidak ada yang terkelupas.
  3. Coba Anda cas hp iPhone Anda ke stopkontak yang lain.
  4. Coba Anda berhenti menjalankan aplikasi berat seperti bermain game dan mengedit video, jika Anda sedang melakukan pengisian daya.
  5. Terakhir, coba Anda bersihkan port dan juga konektor cas iPhone dari debu ataupun cairan menggunakan kain yang berbahan lembut.