Penyebab Hp Cepat Panas Beserta Cara Mengatasinya
Penyebab Hp Cepat Panas Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab Hp Cepat Panas Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab hp cepat panas beserta cara mengatasinya – Salah 1 penyebab dari Hp panas yaitu karena kondisi lingkungan dan menggunakan Hp dengan berlebihan. Hp Panas juga dapat menyebabkan Hp tersebut cepat rusak.

Hp Anda panas setelah pemakaian yang cukup lama itu masih wajar. Namun jika Hp Anda panas walau hanya digunakan sebentar saja, itu artinya Anda harus mencari tahu penyebabnya. Untuk itu, agar lebih jelasnya mari kita simak artikel berikut tentang penyebab Hp cepat panas beserta cara mengatasinya.

Penyebab hp cepat panas beserta cara mengatasinya

Sinyal seluler melemah

Ketika sinyal provider melemah, maka Hp Anda akan bekerja ekstra keras untuk mencari sinyal. Sehingga Hp Anda menjadi cepat panas. Sekalipun tidak digunakan, Hp Anda akan terus mencari sinyal dan akhirnya suhu Hp semakin tinggi dan baterai akan cepat habis.

Cara mengatasinya, Anda cukup mematikan sinyal selular. Lalu hubungkan Hp ke WiFi agar internet lebih lancar. Juga, beban hp mencari sinyal akan berkurang.

Masalah pada baterai

Di saat kinerja baterai menurun, maka daya bateraipun juga akan cepat bocor. Sehingga membuat Hp menjadi cepat panas.

Sistem operasi eror

Eror nya sistem operasi dapat membuat konsumsi daya melebihi batas normalnya. Juga fitur dan aplikasi bawaan bekerja extra di latar belakang.

Solusinya adalah Anda cukup memperbaikinya dengan mengupdate sistem operasi.

Aplikasi eror 

Eror pada aplikasi juga bisa saja terjadi. Yang membuat kesalnya membuat aplikasi terus berjalan di latar belakang.

Solusinya adalah Anda bisa mengupdate aplikasi di App Store atau Play Store. Namun, jika tidak ada update, kamu dapat meng uninstal aplikasi untuk sementara waktu.

Panasnya lingkungan sekitar 

Suhu hp yang panas karena operasional dan suhu panas dari mataharilangsung atau lingkungan sekitar maka suhu Hp menjadi 2 – 3x lebih panas dari biasanya.

Bermain game terlalu lama

Aplikasi game adalah yang paling menguras baterai karena membuat layar, chipset, RAM, dan juga storage bekerja dengan ekstra. Sehingga membuat Hp menjadi cepat panas.

Maka dari itu batasi penggunaan Hp secara berlebihan.

 Streaming terlalu lama

Menonton film di YouTube, Netflix, atau Viu juga dapat menguras baterai lebih cepat karena   layar, speaker, dan modem bekerja sangat extra.

Menggunakan charger KW

Salah 1 penyebab nya yaitu karena charger yang di gunakan palsu. Daya yang masuk dari charger palsu tidak sesuai dengan kebutuhan Hp, sehingga dapat merusak baterai dan komponen pengecasan.

Caranya adalah menghindari penggunaan charger yang palsu. Pastikan Anda menggunakan charger yang asli, jika ingin membeli charger merk lain, maka sesuaikan daya dengan kebutuhan hp Anda.

Pencerahan layar tinggi

Pencerahan layar yang terlalu tinggi juga membuat hp cepat panas karena terlalu memaksa baterai bekerja lebih extra, juga layar bagian depan akan ikut panas.

Solusinya adalah setinglah pencerahan layar seperlunya saja jangan terlalu terang, karena selain baterai cepat panas, hal ini juga membuat mata sakit dan tidak nyaman.