Tips Mengatasi Kamera Zoom Eror Di Windows
Tips Mengatasi Kamera Zoom Eror Di Windows

Tips Mengatasi Kamera Zoom Eror Di Windows

Tips Mengatasi Kamera Zoom Eror Di Windows –  Zoom yang terlalu sering di gunakan tentu tidak jarang memiliki beberapa masalah atau error. Salah satunya yaitu kamera Zoom yang error di perangkat Windows, biasanya masalah yang sering ditemui seperti layar kamera tidak jernih kamera tidak menyala, sampai dengan layar kamera nampak pecah-pecah. Juga ada beberapa faktor penyebab kamera Zoom bermasalah.

Sehingga berbagai macam jenis error  ini bisa menganggu produktivitas Anda. Apa lagi saat sedang menggunakan video conference untuk meeting. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi mari kita simak artikel berikut tentang tips mengatasi kamera Zoom eror di Windows.

Tips Mengatasi Kamera Zoom Eror Di Windows

  • Mengecek port USB webcam

Jika Anda menggunakan webcam di laptop atau komputer Anda, maka segeralah mengeceknya apakah webcam tersebut terhubung dengan benar. Kemudian pastikan juga sudah terpasang dengan baik. Jika masih bermasalah cobalah untuk mengganti port USB lain jika perlu.

Kemudian pergi ke Windows lalu Camera. Setelah dirasa semuanya telah normal mulailah gunakan aplikasi Zoom kembali.

  • Memperbarui driver kamera

Kemudian penyebab lainnya yaitu bisa jadi driver kamera  telah terblokir oleh antivirus yang terinstal. Hal inilah yang menyebabkan kamera Zoom tidak berfungsi dengan baik. Untuk itu cobalah uninstal driver kamera lalu memasangnya kembali atau cukup dengan melakukan update saja. Caranya:

  1.  Ketik “Device Manager” di pencarian Windows.
  2. Lalu pilih driver kamera yang terpasang.
  3. Kemudian klik kanan dan “Update Driver”.
  • Cek apakah kamera terhubung dengan aplikasi lain

Setelah itu cek apakah kamera telah terhubung dengan aplikasi lain, karena penyebab lain kamera Zoom tidak berfungsi juga karena perangkat Anda sudah menggunakannya untuk aplikasi lain.

  • Periksa izin kamera

Periksalah apakah ada aplikasi lain yang berjalan menggunakan izin kamera bertepatan saat Anda menggunakan Zoom. Maka, nonaktifkanlah aplikasi lain agar perangkat kamera Anda hanya fokus pada aplikasi Zoom. Kemudian cek juga izin kamera, karena bisa jadi Anda lupa untuk mengaktifkan izin kamera. Adapun caranya di Windows yaitu:

  1. Buka“Settings/Pengaturan”.
  2. Lalu pergi ke “Privasi & Keamanan”.
  3. Setelah itu pilih“Kamera”.
  4. Kemudian geser toogle ke kanan untuk mengizinkan kamera aktif.
  • Restart perangkat

Lalu restart perangkat windows Anda. Dengan cara: klik menu Windows lalu pilih “Restart”.

  • Memperbarui aplikasi Zoom

Sebelum memperbarui aplikasi Zoom Anda dapat mengecek Microsoft Store terlebih dahulu untuk melihat apakah ada notifikasi pembaruan pada Windows. Karena biasanya ada beberapa yang fiturnya sudah tidak berfungsi dengan normal. Jika sudah, maka segeralah lakukan update Zoom.

  • Memperbarui sistem operasi Windows

Kamera Zoom error tidak hanya karena masalah internal pada aplikasi. Bisa juga karena sistem operasi Windows belum diperbarui sehingga menyebabkan bug atau error pada aplikasi Zoom. Maka, segeralah cek pembaruan Windows Anda.