Tips Gampang Menggunakan Vlookup Di Google Sheet
Tips Gampang Menggunakan Vlookup Di Google Sheet

Tips Gampang Menggunakan Vlookup Di Google Sheet

Tips gampang menggunakan vlookup di google sheet – Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu Google Sheet? Google Sheets adalah suatu layanan spreadsheet berbasis cloud yang mempunyai fungsi serupa dengan Microsoft Excel. Akan tetapi beberapa pengguna terkadang masih belum tau berbagai macam rumus di Google Sheets. Salah satu rumusnya ialah  menggunakan Vlookup.

Vlookup sendiri merupakan salah satu rumus yang digunakan untuk melakukan direktori kumpulan data tertentu. Adapun fungsi dari Vlookup ialah dapat digunakan untuk beragam keperluan, seperti analisis data, membuat laporan, dan lain sebagainya. Jika Anda penasaran bagaimana cara gampang menggunakan vlookup di google sheet, langsung saja Anda simak penjelasan berikut ini.

Tips Gampang Menggunakan Vlookup Di Google Sheet

  1. Langsung saja Anda buka file Google Sheets
  2. Kemudian siapkan sheets pertama (untuk data yang akan Anda isi) dan untuk sheets yang kedua ialah untuk master data yang berisi ‘nama karyawan’, ‘jabatan’, ‘gaji’, dan juga ‘bonus yang diterima.
  3. Setelah itu buka sheets pertama untuk mengisi kebutuhan data seputar informasi gaji dan bonus karyawan berdasarkan jabatannya secara otomatis
  4. Barulah Anda masukkan rumus Vlookup, yaitu search_key, range, index, maupun is_sorted. Sebagai contoh : = VLOOKUP ( B4,Sheet2!A:C,2,False ) B4: data yang bersangkutan dengan informasi jabatan dari kolom sheet satu Range : diambil dari kumpulan data A sampai C di sheet dua Index 2: yaitu kolom yang nomor 2 di sheet kedua yang berisi informasi gaji
  5.  Jika rumusnya sudah diisi dengan benar, maka nantinya data akan terisi sesuai dengan master data kategori masing-masing

Jika masih bingung silahkan Anda baca beberapa keterangan rumus Vlookup berikut ini :

  • Untuk yang Search _key : Ini mewakili nilai yang akan dicari Vlookup di kolom pertama tentang kumpulan data, yang berfungsi untuk mengidentifikasi jenis data apa yang akan dicari. (Contohnya saja seperti mencari informasi gaji berdasarkan jabatan yaitu di kolom B).
  • Kalau Range Daya : Ini merupakan master data untuk mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan. Dan didalam hal ini ada di Sheet 2 mulai dari yang A hingga C.
  • Sedangkan untuk yang Index : Ini merupakan suatu Informasi spesifik dari key value yang ingin didapatkan. Sebagai contoh, dalam hal ini kami mencari nilai gaji karyawan yang berada di kolom 2 di master data sheets dua.
  • Kalau dibagian Is-sorted Anda akan menuliskan True/False untuk menentukan nilai kebenaran data tersebut.