Cara Ngecek Tiket Vaksin Booster Melalui Aplikasi Satu Sehat Mobile
Cara Ngecek Tiket Vaksin Booster Melalui Aplikasi Satu Sehat Mobile

Cara Ngecek Tiket Vaksin Booster Melalui Aplikasi Satu Sehat Mobile

Cara ngecek tiket vaksin booster melalui aplikasi satu sehat mobile – Kini aplikasi PeduliLindungi telah resmi bertransformasi menjadi Satu Sehat pada 01 Maret 2023.  Jadi bagi Anda yang masih menggunakan aplikasi PeduliLindungi, harus memperbarui aplikasi ke Satu Sehat, kemudian login menggunakan akun yang sama. Setelah Anda mengupdate aplikasi PeduliLindungi, maka Anda tidak dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi lagi.

Cara Ngecek Tiket Vaksin Booster Melalui Aplikasi Satu Sehat Mobile

Di aplikasi satu sehat mobile Anda bisa melihat sertifikat vaksin dan juga bisa mengecek apakah mereka sudah mendapatkan undangan / tiket booster ataukah belum.

Sebagaimana yang telah diumumkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebelumnya, yang mana masyarakat umum sudah bisa melakukan vaksin booster kedua jika sudah memenuhi kriteria, yaitu berusia di atas 18 tahun dan memiliki jeda minimal 6 bulan dari vaksinasi terakhirnya. Bahkan kemenkes juga telah menyebarkan undangan vaksin kepada para masyarakat yang sudah memenuhi semua kriteria. Undangan vaksin booster kedua tersebut dapat Anda lihat melalui aplikasi PeduliLindungi yang telah Anda update menjadi Satu Sehat Mobile, dan berikut ini caranya.

  1. Sebelum lanjut, Anda harus pastikan kalau Anda sudah update PeduliLindungi ke Satu Sehat Mobile
  2. Jika sudah, maka langsung saja Anda buka aplikasi Satu Sehat Mobile.
  3. Setelah itu klik menu “Vaksin dan imunisasi”.
  4. Lalu Anda tinggal pilih menu “Tiket vaksin”.
  5. Kemudian klik profil / nama pengguna.
  6. Maka nantinya tiket boosterpun akan muncul.
  7. Jika sudah muncul, maka silahkan Anda klik menu “Simpan sebagai gambar” jika Anda ingin mengunduh tiket booster di perangkat Anda. Setelah itu Anda bisa mengeceknya di galeri foto setelah mengunduhnya. Atau Anda juga bisa memilih menu “kirim ke e-mail” jika Anda ingin membagikannya ke petugas layanan vaksinasi.

Anda juga bisa menyimpan tiket booster tersebut di perangkat Anda secara digital, yang nantinya Anda bisa menunjukkannya ke petugas layanan vaksinasi ketika Anda ingin melakukan vaksin. Kemudian setelah vaksinasi tersebut dilakukan, Anda bisa mengecek apakah sertifikat vaksin tersebut sudah terbit atau belum.