Tips Mudah Membersihkan File Di Google Drive Yang Sudah Penuh
Tips Mudah Membersihkan File Di Google Drive Yang Sudah Penuh

Tips Mudah Membersihkan File Di Google Drive Yang Sudah Penuh

Tips mudah membersihkan file di google drive yang sudah penuh – Google Drive adalah suatu layanan penyimpanan awan yang dapat digunakan  untuk menyimpan berbagai macam file, mulai dari dokumen, foto, video dan masih banyak lagi yang lainnya. Layanan ini biasanya diberikan kepada para pengguna secara gratis dengan kapasitas sebesar 15 GB.

Namun jika pengguna ingin kapasitas yang lebih besar, maka penggunaan harus berlangganan dengan biaya bulanan yang telah di tentukan.  Namun jika pengguna tidak ingin berlangganan oleh Google Drive, ada beberapa cara untuk melonggarkan memori yaitu penggunaan dapat membersihkan file yang ada di Google Drive agar dapat menampung file baru.

Untuk mengetahui bagaimana caranya berikut adalah artikel yang akan menjelaskan tentang tips mudah membersihkan file di Google Drive.

Tips Mudah Membersihkan File Di Google Drive Penuh

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus menghapus file yang ukurannya besar. Termasuk juga file yang sudah tidak penting atau tidak digunakan lagi. Berikut adalah caranya:

  1. Buka aplikasi Google Drive
  2. Lalu pilih “Storage”
  3. Kemudian pilih file yang sudah tidak digunakan.
  4. Klik kanan kemudian “Remove”.

Selanjutnya Anda juga harus sering membersihkan Bin Google Drive secara teratur. Seperti Windows yang memiliki Recycle Bin, Google Drive juga memiliki folder berupa sampah file yang telah dihapus. Untuk itu, setelah menghapus filenya pastikan juga untuk membersihkan Bin Google Drive agar memori Anda berkurang. Adapun caranya yaitu:

  1. Buka aplikasi Google Drive.
  2. Lalu klik “Trash” yang ditandai dengan ikon tempat sampah di sebelah kiri.
  3. Kemudian klik kanan lalu pilih “Delete forever” atau pilih “Empty Trash” di bagian pojok kanan atas.

Setelah itu Anda juga perlu menguba pengaturan pencadangan foto Google. Karena jika Anda mengaktifkan pencadangan otomatis foto Google di Hp Anda, maka kemungkinan besar ini akan menghabiskan banyak tempat penyimpanan di Google Drive. Apalagi lagi jika pencadangan foto atau video tersebut tersimpan dengan kualitas asli. Maka dari itu untuk mengurangi memori Google Drive, Anda dapat mengubah pengaturan pencadangan foto tersebut seperti berikut:

  1. Buka aplikasi Google Photos.
  2. Lalu klik “Pengaturan” di bagian pojok kanan atas yang ditandai dengan ikon gear.
  3. Kemudian pilih “Storage Saver” di sini Anda juga bisa memilah berbagai file foto atau video yang tidak lagi penting, maka Anda dapat menghapusnya agar meluangkan memori.

Kemudian menghapus e-mail yang sudah tidak penting atau spam Gmail juga memiliki sebagian besar penyimpanan Google Drive Anda. Untuk itu cobalah melakukan filter e-mail yang sudah tidak di butuhkan dan penting lagi.

Selain itu Anda juga perlu menghapus pencadangan Google Drive,  terlebih lagi jika Anda sudah tidak menggunakan Hp tersebut. Hal ini sangat membantu Anda agar dapat meluangkan memori Google Drive Anda. Adapun caranya yaitu:

  1. Buka aplikasi Google Drive.
  2. Lalu pilih “Storage” dan klik “Backups” di bagian pojok kanan atas.
  3. Maka akan muncul daftar Hp yang menggunakan akun Google Drive tersebut sebagai pencadangan.
  4. Setelah itu klik kanan di salah 1 Hp Android lalu pilih “Delete Backup”.