Cara Mengatasi Nada Dering WhatsApp Yang Tidak Berbunyi
Cara Mengatasi Nada Dering WhatsApp Yang Tidak Berbunyi

Cara Mengatasi Nada Dering WhatsApp Yang Tidak Berbunyi

Cara Mengatasi Nada Dering WhatsApp Yang Tidak Berbunyi – Nada dering pemberitahuan ataupun notifikasi WhatsApp di Hp biasanya akan berbunyi jika terdapat chat baru ataupun panggilan masuk. Namun, dalam kondisi tertentu, bisa saja nada dering WhatsApp ini tidak berbunyi, sehingga pengguna tidak dapat mengetahui kalau ada chat baru ataupun panggilan masuk yang mungkin penting dan harus segera direspons.

Bisanya notifikasi WA tidak berbunyi ini  ditimbulkan oleh beberapa faktor, contohnya seperti Hp tidak terhubung dengan jaringan internet, aktifnya mode jangan ganggu, hingga bug (gangguan) pada sistem aplikasi atau Hp.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah penjelasan tentang cara mengatasi nada dering WhatsApp yang tidak berbunyi.

Cara Mengatasi Nada Dering WhatsApp Yang Tidak Berbunyi

Pastikan Hp Anda terhubung dengan koneksi internet

Pengoperasian WhatsApp tergantung dengan koneksi internet. Jika Hp Anda tidak terhubung dengan koneksi internet maka WhatsApp tidak akan bisa digunakan, termasuk tidak dapat menerima notifikasi.

Cek pengaturan notifikasi aplikasi WhatsApp

Notifikasi WhatsApp yang tidak berbunyi bisa terjadi karena dinonaktifkan di Hp. Maka dari itu, periksalah pengaturan notifikasi WhatsApp di Hp Anda apakah aktif atau tidak. Adapun caranya yaitu:

  • Buka pengaturan
  • Lalu pilih opsi “notifikasi”
  • Kemudian pilih aplikasi WhatsApp dan pastikan notifikasi WhatsApp telah diaktifkan.

Menonaktifkan mode jangan ganggu di ponsel

Tiap Hp saat ini sudah dibekali dengan fitur mode “jangan ganggu” (Do Not Disturb). Perlu diketahui bahwa, mode ini dapat membuat Hp Anda tidak akan menayangkan segala pemberitahuan, termasuk juga pemberitahuan dari aplikasi WhatsApp. Untuk itu, cara pastikan Anda tidak menonaktifkan mode jangan ganggu di Hp Anda. Adapun caranya bisa berbeda-beda di tiap Hp. Sebagai contoh, jika di Hp Samsung, mode jangan ganggu ini dapat dinonaktifkan melalui menu pengaturan. Kemudian, pilih opsi “Notifications”. Lalu klik “Do Not Disturb” dan nonaktifkan.

Restart ponsel

Jika dengan cara di atas notifikasi tetap tidak muncul, maka cobalah untuk merestart Hp Anda. Karena selain sebab-sebab di atas, notifikasi WhatsApp tidak berbunyi juga di sebabkan oleh bug pada sistem Hp. Untuk itu dengan melakukan restart dapat menyegarkan kembali sistem Hp. Adapun cara merestartnya cukup dengan menekan tombol power hingga ponsel mati. Setelah Hp mati, tunggu 15 – 30 detik dulu,  Kemudian, tekan tombol power lagi untuk menyalakan kembali Hp Anda.

Update WhatsApp

Selain karna sistem Hp yang ngebug bisa jadi sistem aplikasi WhatsApp juga butuh di update. Untuk itu, Anda dapat melakukan update aplikasi WhatsApp di play store atau pun Aps store, dengan cara buka play store, lalu klik Aplikasi WhatsApp setelah itu Anda tinggal mengupdate WhatsApp tersebut cukup dengan mengklik “Update” yang sudah tertera.