Cara Gampang Daftar Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub 2023
Cara Gampang Daftar Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub 2023

Cara Gampang Daftar Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub 2023

Cara gampang daftar mudik gratis kapal laut Kemenhub 2023 – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) telah menyelenggarakan program mudik gratis bagi pesepeda motor untuk naik kapal laut tahun 2023. Yang mana pendaftaran mudik sudah mulai sejak 20 Maret – 5 April 2023 mendatang.

Cara Gampang Daftar Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub 2023

Arus mudik kapal laut Kemenhub tersedia di kota Jakarta yaitu Tg. Priok Jakarta dan Tg Emas Semarang pada tanggal 15 – 17 April 2023 dan juga di kota Semarang yaitu Tg. Emas Semarang dan Tg. Priok Jakarta pada tanggal 25 – 28 April 2023. Yang paling penting dan harus Anda ketahui, kalau kuota mudik gratis hanya tersedia untuk 2.500 motor dan 5.000 orang saja. Berikut ini beberapa syarat dan cara daftar mudik gratis kapal laut Kemenhub.

  1. Langsung saja Anda buka browser di Hp Anda, lalu klik link https://mudikgratis.dephub.go.id/pendaftaran/index
  2. Nantinya Anda akan diminta tuk mengisi beberapa poin mulai dari jenis moda, asal, tanggal keberangkatan, jumlah penumpang, tujuan, tanggal kembali, dan verifikasi kode.
  3. Jika semua persyaratan sudah Anda isi, lanjut dengan mengklik “Cari Perjalanan”
  4. Langkah selanjutnya Anda wajib untuk mengisi formulir pendaftaran, nomor KK, alamat, kendaraan, dan lain sebagainya.
  5. Jika sudah selesai, jangan lupa klik “Simpan”
  6. Jika Anda sudah melakukan pendaftaran secara online, Anda wajib untuk melakukan verifikasi ke posko yang telah disediakan dengan membawa identitas diri asli, seperti KTP, KK, SIM C, STNK, paling lambatnya 2 x 24 jam setelah Anda berhasil melakukan pendaftaran online.
  7. Verifikasi pendaftaran online ini tersedia mulai Senin dan Minggu pada 22 Maret – 7 April 2023 dan dengan membawa semua persyaratan wajib yang telah ditentukan.

Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan yang wajib Anda ketahui.

  1. Bagi para peserta Mutis 2023 dengan kapal laut, wajib untuk mendaftarkan dirinya secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id dan memilih moda transportasi laut Identitas diri seperti KTP, SIM C, dan bagi yang membawa di bawah usia 17 tahun wajib untuk membawa Kartu Keluarga, Identitas, atau bukti kepemilikan motor seperti STNK yang berlaku.
  2. Bagi peserta yang sudah berhasil melakukan pendaftaran secara online, wajib untuk melakukan verifikasi ke posko yang telah disediakan dengan membawa identitas diri asli, seperti KTP, SIM C, KK, STNK, paling lambat 2 x 24 jam setelah Anda melakukan pendaftaran online.
  3. Kondisi sepeda motor harus layak jalan,
  4. Motor Anda tidak boleh ada modifikasi/aksesoris tambahan sedikit pun, jika itu mengganggu proses pengangkutan motor ke dalam kapal
  5. Motor Anda tidak boleh memiliki box tambahan di samping kiri / kanan, ataupun belakang
  6. Jika Anda membawa hlem, maka jumlah helm juga harus sesuai dengan jumlah penumpang
  7. BBM motor Anda wajib dalam keadaan maksimalnya 1 liter.
  8. Semua peserta Mutis 2023 juga harus sudah melakukan vaksin Covid-19.