Tips Mudah Mengajukan Keluhan PLN Melalui PLN Mobile
Tips Mudah Mengajukan Keluhan PLN Melalui PLN Mobile

Tips Membuat Pengaduan PLN Melalui PLN Mobile

Tips Membuat Pengaduan PLN Melalui PLN Mobile – Perusahaan Listrik Negara atau yang biasa disebut PLN ini menyediakan layanan tentang beberapa keluhan masyarakat yang ingin melaporkan listrik yang bermasalah. Layanan ini dapat diakses dengan sangat mudah dan yang paling penting gratis hanya menggunakan aplikasi PLN Mobile.

PLN Mobile ini adalah aplikasi yang secara resmi dikeluarkan oleh PLN untuk masyarakat agar dapat melakukan pengaduan gangguan listrik dengan sangat mudah, sehingga tidak perlu lagi repot-repot untuk mencari kontak PLN.

Saat Anda melaporkan gangguan listrik di PLN mobile, maka petugas PLN akan menghubungi Anda untuk mendapatkan detail informasi selengkapnya. Berikut adalah tips membuat pengaduan PLN melalui PLN Mobile.

Tips Membuat Pengaduan PLN Melalui PLN Mobile

Aplikasi PLN mobile ini telah tersedia di Google Play Store dan juga App Store. Untuk itu sebelum kita ke tipsnya pastikan Anda telah memiliki aplikasi PLN mobile. Berikut adalah tips membuat pengaduan PLN melalui PLN Mobile dari kami:

  1. Lalu buka aplikasi PLN Mobile.
  2. Kemudian pastikan juga Anda telah login dengan akun Anda yang masih aktif.
  3. Pilih opsi “Pengaduan”
  4. Lalu pilih jenis gangguan listrik yang sedang terjadi di wilayah Anda (contohnya seperti listrik padam dan lain-lain.)
  5. Kemudian masukkan IDPEL atau nomor meteran Anda ataupun Anda juga dapat menandai lokasi yang sedang ada gangguan listrik cukup dengan mengklik “Gunakan Titik Lokasi” lalu Anda tinggal mengisi beberapa data pendukung.
  6. Setelah itu, Anda juga harus memberikan foto lokasi terjadinya gangguan listrik tersebut.
  7. Kemudian, pilih “kirim pengaduan” maka Anda akan akan mendapat nomor pengaduan dengan format “Gxxx”

Jika Anda mengisi seluruh data dengan tepat, maka pengaduan atau keluhan tersebut akan diteruskan ke petugas PLN untuk segera ditangani. Namun, jika pengaduan atau keluhan tersebut masih membutuhkan keterangan lagi, maka Anda akan menerima panggilan dari petugas PLN untuk di mintai keterangan lebih lanjut. Jika Anda ingin melihat status pengaduan, Anda juga bisa memilihnya cukup dengan mengklik “Pengaduan” agar dapat melihat informasi tentang proses pengaduan PLN Anda.