Cara Mendapatkan Efek Bokeh Pada Kamera Nikon
Cara Mendapatkan Efek Bokeh Pada Kamera Nikon

Cara Mendapatkan Efek Bokeh Pada Kamera Nikon

Cara mendapatkan efek bokeh pada kamera nikon РEfek bokeh merupakan efek yang menghasilkan latar belakang yang buram atau kabur pada gambar, sementara objek pada gambar terlihat jelas dan tajam. Efek ini sangat populer digunakan dalam fotografi potret untuk menonjolkan objek yang difoto. Jika Anda memiliki kamera Nikon, berikut adalah cara mendapatkan efek bokeh pada kamera Nikon.

Cara Mendapatkan Efek Bokeh Pada Kamera Nikon

  1. Gunakan Lensa Prime Lensa prime adalah lensa dengan focal length tetap, yang cenderung lebih cepat dan memiliki aperture yang lebih besar dibandingkan dengan lensa zoom. Lensa prime yang memiliki aperture besar seperti f/1.8 atau f/1.4 memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke dalam kamera, sehingga memungkinkan kita untuk menggunakan depth of field yang lebih dangkal dan menghasilkan efek bokeh yang lebih dramatis.
  2. Gunakan Mode Aperture Priority (A atau Av) Pilih mode aperture priority pada kamera Nikon Anda. Dalam mode ini, Anda dapat memilih aperture yang ingin digunakan dan kamera akan menyesuaikan shutter speed dan ISO untuk menghasilkan eksposur yang tepat. Pastikan untuk memilih aperture yang besar seperti f/1.8 atau f/1.4 agar mendapatkan efek bokeh yang maksimal.
  3. Atur Focal Length Semakin panjang focal length pada lensa, semakin dangkal depth of field yang dapat dihasilkan. Oleh karena itu, gunakan lensa dengan focal length yang lebih panjang seperti 50mm atau 85mm untuk mendapatkan efek bokeh yang lebih dramatis. Namun, pastikan juga untuk menyesuaikan jarak antara objek dan latar belakang agar efek bokeh terlihat lebih jelas.
  4. Atur Jarak Fokus Jarak fokus juga mempengaruhi depth of field pada gambar. Semakin dekat jarak fokus dengan objek, semakin dangkal depth of field yang dapat dihasilkan. Oleh karena itu, cobalah untuk fokus pada objek yang ingin diambil dan pastikan bahwa latar belakang berjarak cukup jauh dari objek agar efek bokeh terlihat jelas.
  5. Gunakan Teknik Panning Teknik panning dapat membantu menghasilkan efek bokeh yang lebih dramatis pada latar belakang. Caranya adalah dengan mengikuti gerakan objek yang bergerak secara horizontal atau vertikal, sementara kamera tetap pada posisi yang sama. Dengan teknik ini, latar belakang akan terlihat lebih buram dan objek yang difoto akan terlihat lebih tajam.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan efek bokeh pada kamera Nikon Anda. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh yang dramatis dan menarik untuk dilihat.