Hilangnya Tombol Assistive Touch Di iPhone
Hilangnya Tombol Assistive Touch Di iPhone

Hilangnya Tombol Assistive Touch Di iPhone

Hilangnya tombol assistive touch di iPhone – Tombol assistive touch di iPhone, pastinya sudah tak asing lagi ditelinga para pengguna iPhone. Yang mana, tombol assistive touch merupakan suatu fitur yang berfungsi sebagai pintasan aksesibilitas bagi sebagian pengguna iPhone. Dengan fitur ini, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai fungsi dan kontrol ponsel, apalagi bagi Anda yang memiliki kendala fisik ataupun kesulitan dalam menekan tombol fisik.

Hilangnya Tombol Assistive Touch Di iPhone

Dengan menggunakan tombol Assistive Touch ini, Anda bisa dengan mudah dalam melakukan berbagai tindakan, contohnya saja seperti mengatur volume ponsel, mengakses tombol Home, mengunci layar, maupun mengambil screenshot.

Akan tetapi, sebagian pengguna merasa kebingungan jika tiba-tiba saja tombol assistive touch hilang. Jika Anda salah satu pengguna yang mengalami masalah ini, Anda tak perlu khawatir lagi. Karena di artikel akusatu.com kali ini, kami akan cara mengatasi hilangnya tombol assistive touch. Tapi sebelum itu, kami akan jelaskan terlebih dahulu tentang beberapa hal yang menyebabkan tombol assistive touch menghilang. Dengan begitu, lain kali Anda akan lebih berhati-hati lagi guna mencegah hal yang sama terulang kembali atau setidaknya Anda tahu sebenarnya apa yang menjadi sumber masalahnya. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan hilangnya tombol assistive touch di iPhone.

Penyebab Hilangnya Tombol Assistive Touch Di iPhone

  1. Perubahan Pengaturan: Mungkin saja, tanpa Anda sadari Anda telah mengubah pengaturan Assistive Touch di ponsel iPhone Anda. Entah itu, tak sengaja menonaktifkan fitur assistive touch atau mungkin tak sengaja mengatur tampilan tombol secara berbeda. Hal ini lah yang bisa menyebabkan tombol Assistive Touch tidak muncul lagi di layar iPhone Anda.
  2. Pembaharuan Sistem Oprasi: Jika Anda melakukan pembaruan sistem operasi pada perangkat iPhone, maka beberapa pengaturan bisa kembali ke default. Itu artinya, pengaturan tombol Assistive Touch yang telah kalian atur sebelumnya, bisa menghilang setelah pembaruan sistem oprasi tersebut.
  3. Adanya Kerusakan Perangkat Keras: Mungkin saja hilangnya tombol Assistive Touch di iPhone, karena adanya masalah pada perangkat keras iPhone Anda. Mungkin saja ada kerusakan pada komponen yang berhubungan dengan tombol Assistive Touch iPhone, sehingga tombolnya tidak dapat muncul seperti biasa lagi.

Cara Mengatasi Tombol Assistive Touch Yang Menghilang

1. Coba Cek Pengaturan Assistive Touch Di Perangkat iPhone

Hal pertama yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi hilangnya tombol assistive touch di iPhone ialah dengan mengecek pengaturan, apakah fitur assistive touch, sudah aktif atau belum. Jika ternyata tidak aktif, karena mungkin sebelumnya Anda melakukan pembaruan perangkat lunak, sehingga mengharuskan Anda tuk mematikan fitur ini, tapi Anda lupa mengaktifkanya kembali. Berikut ini cara mengaktifkan tombol assistive touch :

  • Silahkan Anda buka pengaturan iPhone
  • Kemudian gulir ke bawah dan Anda tinggal pilih menu Aksesibilitas.
  • Setelah itu Anda pilih opsi Sentuh dan pilih opsi AssistiveTouch.
  • Dan sekarang, coba Anda pastikan fiturnya sudah menyala dan tidak nonaktif lagi.

Jika sudah Anda cek dan ternyata menyala, maka silahkan Anda matikan fiturnya terlebih dahulu lalu hidupkan kembali, untuk menghindari terjadinya bug. Maka basanya tom Assistive Touch akan muncul kembali seperti biasanya.

2. Lakukan Restart iPhone

Jika cara pertama sudah Anda lakukan, namun tetap saja tombol assistive touch tidak muncul, maka cara selanjutnya yang bisa Anda coba ialah melakukan restart pada perangkat iphone Anda. Adapun caranya ialah dengan mematikan perangkat iPhone dengan menekan dan menahan tombol daya dan volume bawah secara bersamaan, lalu geser tombol geser untuk mematikan perangkat iPhone.

Nah jika cara diatas masih tidak berhasil, maka coba Anda lakukan restart paksa dengan menekan tombol volume naik, setelah itu tekan tombol volume turun, dan tahan tombol daya hingga logo Apple muncul.

3. Coba Kembalikan Sistem Operasi iPhone

Jika kedua cara diatas sudah Anda lakukan, namun masih saja tidak dapat mengatasi masalah tombol assistive touch di iPhone yang hilang, maka coba Anda periksa apakah ada pembaruan sistem operasi yang tersedia untuk iPhone Anda.

  1. Silahkan Anda buka aplikasi Pengaturan
  2. Setelah itu pilih Umum
  3. Lalu pilih Pembaruan Perangkat Lunak, jika pembaruan tersedia, maka silahkan lakukan proses pembaruan.

Jika ternyata masalah masihnya masih belum teratasi, coba Anda pertimbangkan untuk mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik atau melakukan langkah reset pabrik.

Cara Agar Tombol Assistive Touch Tidak Hilang

Umumnya, jika Anda mengaktifkan tombol assistive touch di iPhone,maka tombol assistive touch tidak akan hilang meskipun Anda melakukan tindakan seperti mematikan daya, restart dan lain sebagainya.

Akan tetapi tombol assistive touch akan hilang, bila mana Anda melakukan reset pabrik atau melakukan pembaruan perangkat lunak, bisa jadi tombol assistive touch menghilang karena tindakan tidak disengaja seperti terpencet, juga bisa.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, seputar tombol assistive touch di iPhone yang hilang beserta penyebab dan juga cara untuk mengatasinya yang bisa Anda terapkan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda, yah!