Begini Tips Mengatasi Sinyal Smartfren Yang Hilang
Begini Tips Mengatasi Sinyal Smartfren Yang Hilang

Begini Tips Mengatasi Sinyal Smartfren Yang Hilang

Begini Tips Mengatasi Sinyal Smartfren Yang Hilang – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Smartfren adalah salah 1 provider jaringan telekomunikasi yang banyak peminatnya di Indonesia. Bahkan pada tahun 2014 lalu, Smartfren telah berhasil membangun jaringan yang berbasis teknologi 4G LTE Advanced yang merupakan teknologi lanjutan dari jaringan 4G sebelumnya.

Namun, jika kita bandingkan dengan provider-provider lainnya seperti Telkomsel dan juga XL Axiata, Smartfren ini hanya memiliki jumlah konsumen sedikit yaitu 13,3 juta pengguna. Meskipun begitu, ia tetap menjadi buruan para konsumen karena layanan dan harga paket internetnya sangat murah.

Kecepatan internet yang di miliki Smartfren pada downloadnya yaitu mencapai 9,8 Mbps sedangkan kecepatan pada uploadnya yaitu 2,7 Mbps. Namun, kecepatan ini hanya berlaku di daerah kota saja, sedangkan untuk di perdesaan saat ini masih terbatas.

Tadi kita sudah membahas bahwa murahnya harga paket dan layanan yang dimiliki Smartfren, namun terkadang banyak juga pelanggan yang mengalami masalah pada jaringan seperti sinyal, layanan tidak tersedia, dan hanya tersedia panggilan darurat saja. Untuk itu, agar lebih jelasnya lagi mari langsung saja kita simak artikel di bawah ini tentang begini tips mengatasi sinyal Smartfren yang hilang.

Begini Tips Mengatasi Sinyal Smartfren Yang Hilang

Namun sebelum kita ke tipsnya, Anda juga harus tahu lebih dulu apa penyebabnya dari hilangnya sinyal pada Smartfren, berikut beberapa penyebab mengapa sinyal pada Smartfren hilang.

Smartfren sedang dalam perawatan (maintenance)

Biasanya Smartfren sering melakukan perawatan jaringan di malam hari yaitu sekitar pukul 00.00 sampai dengan jam 03.00 pagi. Jadi jika Anda mengalami masalah pada jaringan di jam-jam tersebut, maka tungulah beberapa saat sampai jaringannya normal kembali.

Area belum mendukung teknologi 4G Smartfren

Kemungkinan besar biasanya lokasi atau area yang sedang Anda tempati saat ini tidak mendukung jaringan 4G pada Smartfren sehingga tidak ada sinyal sama sekali. Agar dapat mengetahui di daerah Anda sudah tersedia apa belum jaringan 4G nya, Anda cukup pergi ke setelan jaringan Smartfren, lalu searching jaringannya dengan cara manual.

Sinyal di tempat Anda tidak stabil

Sinyal hilang biasanya juga di sebabkan oleh sinyal yang ada di tempat Anda kurang stabil. Hal ini sangat wajar terjadi karena biasanya setiap provider memiliki kualitas serta cakupan wilayah yang berbeda.

Hp Anda belum support 4G

Jika Hp Anda belum mendukung jaringan 4G, maka sampai kapanpun sinyalnya tidak akan pernah muncul. Untuk itu, silahkan cek apakah Hp Anda sudah mendukung jaringan 4G atau belum. 

jaringan pernah di alihkan 

Mungkin Anda pernah mengalihkan jaringan ke operator lain ketika Anda tidak lagi menggunakan kartu Smartfren dalam jangka waktu yang lama, sehingga pada saat di aktifkan kembali, sinyalnya tidak muncul.

Mati lampu

Penyebab yang paling umum terjadi yaitu karena mati lampu, sehingga sinyalnya tidak mau muncul. Ini semua terjadi karena pada saat mati lampu tower BTS juga akan ikut mati.

Cuaca buruk 

Penyebab selanjutnya yaitu karena Cuacanya buruk, contohnya seperti sedang terjadi hujan deras yang di sertai dengan angin dan juga petir, sehingga lalu lintas pada jaringan jadi terganggu.

Setelah kita mengetahui penyebab hilangnya sinyal pada Smartfren, berikut tips mengatasi sinyal yang hilang:

 Restart ulang 

Tips pertama yang harus Anda coba yaitu merestart ulang Hp Anda, karena biasanya sinyal akan muncul kembali setelah Hp di restart ulang. Sama seperti komputer, terkadang sistem Android juga akan mengalami masalah ataupun error yang dapat menyebabkan sinyal menjadi hilang. Jika setelah Anda merestart ulang Hp namun sinyalnya masih belum muncul maka pastikan jaringan di tempat Anda sudah dalam mode 4G.

Pastikan setelan jaringan dalam mode 4G

Jika setelah Anda merestart ulang Hp namun sinyalnya masih belum muncul maka pastikan jaringan di Hp Anda sudah dalam mode 4G. Karena pada dasarnya smartfren ini adalah provider yang hanya mendukung jaringan 4G saja, jadi pastikan bahwa Hp Anda sudah mendukung jaringan 4G. Namun biasanya setiap Hp itu berbeda-beda, terkadang ada yang mendukung jaringan 4G hanya di SIM 1 saja dan ada juga yang mendukung jaringan 4G di kedua SIM. Berikut cara mengetahuinya:

  • Buka Pengaturan.
  • Kemudian pilih Pengaturan Jaringan & Nirkabel
  • Lalu klik Jaringan Seluler.
  • Kemudian pastikan “Aktifkan 4G” sudah aktif dan jaringan yang Anda pilih sudah LTE/WCDMA/GSM secara otomatis.
  • Lalu, jika Hp Anda hanya di SIM 1 yang mendukung jaringan 4G, maka masukkanlah kartu Anda di SIM 1.

Kunci jaringan dalam mode LTE Only

Langkah selanjutnya yaitu kunci jaringan ke  mode LTE Only. Karena biasanya jaringan pada Hp sering berubah-ubah untuk mengikuti kondisi sinyal yang ada, jadi lebih baik Anda mengunci jaringan pada Hp Anda ke mode LTE Only. Namun di Hp, Anda tidak akan menemukan LTE Only, karena biasanya di Hp hanya tersedia LTE/WCDMA/GSM otomatis. Adapun cara untuk mengunci jaringan ke mode LTE Only, Anda harus masuk terlebih dahulu ke jaringan Advanced dengan menggunakan kode dial yaitu *#*#4636*#*#. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Dial.
  • Kemudian ketik kode jaringan *#*#4636*#*#.
  • Maka akan muncul “Pengaturan jaringan tambahan”.
  • Setelah itu, pilih nomor kartu Smartfren yang sedang Anda gunakan.
  • Kemudian di bagian “Setel Jenis Jaringan” ubah menjadi jaringan LTE Only.
  • Setelah itu, jaringan Anda telah terkunci menjadi mode jaringan 4G LTE Only.

Aktifkan mode pesawat terbang

Langkah selanjutnya yaitu mengaktifkan mode pesawat selama beberapa detik. Biasanya ini di lakukan untuk menonaktifkan semua aktivitas jaringan pada Hp Anda. Jadi cobalah untuk melakukan ON OFF pada mode pesawat terbang agar dapat memuat ulang semua koneksi jaringan di Hp Anda. Berikut ini caranya:

  • Buka Pengaturan.
  • Lalu pilih “Pengaturan Jaringan & Nirkabel”
  • Kemudian aktifkan Mode Pesawat.
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai Hp Anda mematikan semua konektivitas jaringan.
  • Kemudian matikan Mode Pesawat dan lihat apakah sinyal Anda sudah muncul.

Mencabut kartu Smartfren

Jika semua langkah di atas belum juga berhasil memunculkan kembali sinyal di Hp Anda, maka Anda dapat melakukan langkah berikut ini yaitu dengan cara mencabut kartu dari Hp Anda. Berikut caranya:

  1. Matikan terlebih dahulu Hp Anda.
  2. Lalu cabut kartu Smartfren Anda dan pindah ke slot yang berbeda.
  3. Kemudian hidupkan kembali Hp Anda.

Cek masa aktif kartu Smartfren Anda

Selanjutnya yaitu mencek masa aktif pada kartu Smartfren Anda, karena bisa jadi masa aktif kartu Anda telah habis. Biasanya ini terjadi karena Anda mungkin jarang mengisi pulsa ataupun paket data, apalagi dalam waktu yang lama, sehingga kartu Smartfren Anda  di nonaktifkan. Biasanya hal ini di tandai dengan tulisan No SIM Card. Adapun caranya Anda hanya tinggal mengeceknya melalui SMS, berikut caranya:

  1. Buka aplikasi SMS.
  2. Kemudian tulis “CEK” lalu kirim ke 999.
  3. Kemudian tunggu sampai provider membalas SMS Anda tentang masa aktif serta sisa pulsa yang Anda miliki.
  4. Jika kartu Anda sudah tidak aktif lagi, atau bahkan ada tulisan No SIM Card, maka segera datangi toko Smartfren terdekat untuk mengaktifkan kembali kartu tersebut.

Demikianlah informasi dari kami tentang begini tips mengatasi sinyal Smartfren yang hilang, nantikan juga berita terkini lainnya seputar teknologi dari kami, jangan kemana-mana sekian dan terimakasih.