Begini Cara Meningkatkan Keamanan Akun Gmail
Begini Cara Meningkatkan Keamanan Akun Gmail

Begini Cara Meningkatkan Keamanan Akun Gmail

Begini Cara Meningkatkan Keamanan Akun Gmail – Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pada beberapa waktu yang lalu Google telah meluncurkan bagaimana cara baru untuk melakukan login di Gmail, yang mana cara tersebut lebih mudah dan juga aman di bandingkan dengan cara sebelumnya. Kemudian para pengguna akun Gmail juga tidak hanya bisa login menggunakan password atau kata sandi saja, namun juga mendapatkan passkey ataupun kunci sandi.

Biasanya password itu di buat dengan menggunakan jenis kata sandi yang menggunakan huruf, kemudian juga dapat menggunakan gabungan antara huruf dan angka, atau Anda juga dapat menggabungkan kata sandi Anda dengan simbol-simbol tertentu. Sedangkan passkey yaitu jenis kata sandi yang menggunakan sidik jari atau fingerprint, kemudian juga dapat menggunakan pemindai wajah atau face scan, dan juga kode PIN. Meskipun cara ini sangat mudah di lakukan, namun justru dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan keamanan pada akun Gmail Anda dari pada menggunakan cara yang sebelumnya.

Upaya peningkatan pada keamanan yang baru di hadirkan ini, kini menjadi salah 1 upaya Google untuk dapat menghindari para penggunanya dari orang-orang yang berusaha untuk meretas atau melakukan pencurian data.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena dengan hadirnya passkeys ini, tidak akan menggeser pada posisi password, karena Anda masih bisa menggunakan password untuk dapat melindungi akun Google ataupun Gmail Anda sendiri. Jika Anda memiliki akun e-mail yang telah terdaftar di Gmail, maka e-mail dan kata sandi itu, juga bisa di gunakan untuk mengakses layanan Google lainnya, contohnya seperti membuka aplikasi YouTube, Google Drive, Google Maps, Meet, Google Photos, News, Calendar, dan lain-lain.

Untuk itu, jika Anda adalah pengguna Gmail, maka pastikan akun Gmail Anda sudah aman. Adapun cara untuk meningkatkan keamanan pada akun Anda yaitu Anda bisa menggunakan fitur-fitur keamanan dari Google. Berikut kami akan menjelaskan tentang begini cara meningkatkan keamanan akun Gmail dengan menggunakan beberapa fitur dari Google sendiri.

Begini Cara Meningkatkan Keamanan Akun Gmail

Cek performa keamanan akun Google

Adapun cara untuk mengukur seberapa aman akun Google Anda, maka Anda dapat langsung mengunjungi laman ini https://myaccount.google.com/ menggunakan komputer ataupun laptop. Yang mana nantinya laman tersebut akan mengarahkan Anda untuk ke laman “Manage Account” di Google. Adapun cara lengkapnya yaitu:

  • Klik laman https://myaccount.google.com/
  • Kemudian pilih “Security Checkup”.
  • Lalu, akan muncul beberapa indikator yang harus Anda penuhi agar akun Google Anda bisa di jamin aman.

Setidaknya Google akan mencantumkan sebanyak 6 syarat yang harus Anda penuhi, agar akun Anda di jamin aman. Yaitu seperti:

  1. Your devices, di sini Anda akan di minta untuk mengisi Hp atau perangkat apa saja yang di gunakan untuk melakukan login ke akun Google Anda. Jika ada perangkat anonim yang bukan milik Anda, maka Anda bisa menghapusnya.
  2. Recent security activity di sini Anda akan di minta untuk mendeteksi serta memberi notifikasi tentang perangkat yang mencurigakan yang pernah atau sedang melakukan login pada akun Google Anda.
  3. 2-step verification, Anda akan di minta untuk mengisi daftar perangkat yang telah mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah di akun Google Anda.
  4. Third-party access, Anda akan di minta untuk mengisi daftar aplikasi pihak 3 yang telah di beri izin untuk mengakses data Anda.
  5. Gmail settings, di sini nantinya Anda akan di arahkan ke pengaturan Gmail yang spesifik, contohnya seperti mengatur akun Gmail mana saja yang ingin Anda blokir dan lain-lain.
  6. You saved passwords, di sini nantinya Anda akan di arahkan ke daftar kata sandi dari situs yang ada di internet serta aplikasi apa saja yang Anda simpan di Google.

Jika Anda sudah memenuhi 6 syarat di atas, maka akan muncul ikon perisai yang berwarna hijau di atas 6 syarat tadi. Dan itu artinya, akun Google Anda telah terjamin aman. Namun, jika ada beberapa syarat yang belum Anda penuhi, maka ikon perisai tersebut akan menjadi warna oranye atau jingga. Dengan adanya perubahan warna, itu artinya Anda belum memenuhi syarat untuk mengamankan akun Anda, dan Anda perlu mencek dan juga mengaktifkan beberapa syarat yang harus di aktifkan. Sehingga akun Anda bisa di jamin keamanannya.

Cek privasi data Google

Melakukan pengecekan pada privasi data Google, Anda dapat langsung mengklik link ini https://myaccount.google.com/. Adapun caranya yaitu:

  1. Klik laman https://myaccount.google.com/
  2. Lalu pilih “Privacy Checkup”, kemudian Anda akan di hadapkan dengan beberapa pilihan menu yang dapat Anda lihat atau Anda tinjau.
  3. Kemudian Anda juga dapat mencegah pada pengambilan data dari riwayat lokasi, YouTube, sampai dengan data Anda dari akvitias saat Anda menggunakan Google Chrome, dan lain-lain.
  4. Lalu, Anda juga akan di beri pilihan seperti untuk menonaktifkan fitur iklan, kemudian informasi apa pun yang ingin Anda bagikan ke akun lain, serta aplikasi pihak ke 3 apa  saja yang akan menggunakan akun Google tersebut.

Dari sini dapat kita lihat bahwa cara ini jelas berbeda dengan cara sebelumnya, yang mana pada saat Anda berada di halaman Privacy Checkup, maka Anda bisa mengatur sejauh mana Google atau aplikasi pihak ke 3, bisa mengakses informasi data pribadi yang ada di akun Google.

Semakin sedikit akses yang Anda berikan, maka data yang Anda bagikan juga akan semakin kecil kemungkinannya untuk bisa terekspos ataupun lebih rentan untuk terjadinya kebocoran data.

Ganti password secara berkala

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, maka Anda dapat langsung mengganti kata sandi secara berkala. Adapun caranya yaitu:

  1. Buka aplikasi Google.
  2. Kemudian klik “Personal Info” yang ada di menu samping pengaturan Google.
  3. Lalu geser layar ke bawah sampai Anda menemukan “Password”.
  4. Setelah itu, ganti kata sandi Anda.
  5. Jika sudah, Anda juga akan di suruh untuk mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah.

Dengan mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah, Anda bisa meningkatkan keamanan pada akun Google Anda karena sistem akan melakukan verifikasi ulang secara otomatis, pada saat Gooogle menemukan adanya praktik login yang mencurigakan.

Contohnya saja, ketika ada salah 1 perangkat anonim yang sedang melakukan login dan perangkat tersebut di anggap mencurigakan, maka Google akan meminta perangkat itu, untuk melakukan verifikasi ke 2 untuk bisa masuk ke dalam akun Google Anda.

Adapun verifikasi ini, dapat Anda lakukan dengan cara mengirimkan kode ke nomor Hp Anda yang telah terdaftar di akun Google, kemudian Google akan meminta verifikasi dari perangkat yang terpercaya, dan lain-lain. Dengan adanya peraktik tersebut, dapat membantu Anda terhindari dari praktik login yang tidak Anda inginkan.

Demikian informasi dari kami seputaran tentang begini cara meningkatkan keamanan akun Gmail, nantikan juga berita terkini lainnya seputar teknologi, jangan kemana-mana sekian dan terimakasih.