Inilah Hal Yang Wajib Di Perhatikan Sebelum Membeli Printer
Inilah Hal Yang Wajib Di Perhatikan Sebelum Membeli Printer

Inilah Hal Yang Wajib Di Perhatikan Sebelum Membeli Printer

Inilah Hal Yang wajib Di Perhatikan Sebelum Membeli Printer – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa printer adalah salah 1 perangkat elektronik percetakan yang cukup banyak di gunakan untuk memenuhi beberapa kebutuhan terutama untuk pekerjaan. Jika Anda bekerja dalam bidang administrasi ataupun pendidikan, maka tidak jarang sering sekali membutuhkan printer yang terbaik agar dapat memenuhi segala kebutuhan terutama pada saat ingin mencetak suatu dokumen dan juga gambar.

Untuk itu, jika Anda ingin membeli printer baru, maka ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum membeli printer tersebut, yang mana beberapa hal tersebut sangat penting dan harus Anda pertimbangkan agar Anda mendapatkan jenis printer yang terbaik serta sesuai dengan kebutuhan Anda. Adapun beberapa faktor yang harus di perhatikan yaitu mulai dari jenis printer, kecepatan, sampai dengan kualitas dari hasil percetakan printer tersebut. Agar tidak berlama-lama lagi, langsung saja kita simak artikel berikut ini tentang inilah hal yang wajib di perhatikan sebelum membeli printer.

Inilah Hal Yang wajib Di Perhatikan Sebelum Membeli Printer

Jenis printer

Yang pertàma kali harus di perhatikan yaitu jenis printer seperti apa yang Anda butuhkan. Ada banyak sekali jenis printer yang di jual di pasaran, akan tetapi beberapa pengguna lebih sering membeli printer inkjet atau printer laser. Untuk yang belum tahu, printer inkjet ini menggunakan tinta cair yang di semprotkan melalui nozzle ke kertas. Printer ini biasanya di gunakan untuk mencetakan suatu dokumen, gambar dan juga foto.

Sedangkan printer laser sendiri, ia memiliki cara kerja yang menggunakan teknologi laser. Printer ini juga akan menghasilkan sebuah cetakan yang lebih tajam dan tentunya tahan lama. Printer laser ini sangat cocok di gunakan untuk para pekerja perkantoran.

Untuk kecepatan dari printer laser ini sendiri memiliki kecepatan cetak lebih cepat, tidak hanya itu printer laser juga menyediakan opsi DPI yang bisa menentukan resolusi dokumen yang sedang di cetak. Printer laser ini biasanya memberikan penawaran resolusi seperti 600 x 600 DPI, 1200 x 1200 DPI, atau lebih tinggi.

Sedangkan untuk printer inkjet, untuk rentang DPI nya biasanya mulai dari 600 x 600 sampai dengan 4.800 x 4.800 atau bahkan bisa lebih tinggi lagi. Sebagai pengetahuan saja bahwa, semakin nilai DPI di miliki printer tersebut lebih tinggi, maka hasil dari cetakan yang di hasilkan juga akan lebih tajam dan juga detail, terutama pada bagian grafik, foto, dan teks halus sekali pun.

Perawatan printer

Saat Anda ingin membeli sebuah printer, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan tentang biaya berkelanjutan seperti isi ulang tinta atau kartrid toner sampai dengan persyaratan pada perawatan printer itu sendiri. Selain itu, cek juga garansi dari printer yang Anda beli dan pastikan Anda mendapatkan dukungan teknis agar dapat memudahkan Anda jika seandainya terjadi hal-hal seperti service printer.

Konektivitas printer

Selanjutnya hal yang harus di perhatikan yaitu koneksi pada printer tersebut. Sebelum Anda membeli sebuah printer, pastikan printer tersebut memiliki opsi konektivitas yang sesuai dengan perangkat yang Anda beli, atau Anda dapat memilih printer dengan opsi USB, ataupun WiFi, sehingga dapat memudahkan Anda untuk berbagi printer pada jaringan.

Fitur printer All-in-One

Saat ini ada banyak sekali jenis printer yang memiliki berbagai macam fitur yang lengkap. Salah 1 nya yaitu printer all-in-one. Yang mana, printer all in one ini sangat cocok untuk segala kebutuhan, contohnya saja seperti fotokopi, scan, sampai dengan mengirim faksimile.

Untuk itu, jika Anda sering sekali membutuhkan fitur-fitur yang di sebutkan di atas, maka Anda bisa menjadikan printer all ini one ini sebagai pilihan Anda.

Kecepatan printer

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum membeli printer yaitu mengetahui kecepatan printer yang akan di beli. Jika Anda adalah seorang yang bekerja di lingkungan kantor, maka printer dengan jenis laser bisa menjadi pilihan untuk Anda, karena printer laser ini memiliki kecepatan cetak yang cukup cepat, sehingga dapat menunjang produktivitas Anda, teruta bagi para karyawan.

Itulah hal-hal yang wajib Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum membeli printer baru. Pastikan Anda juga tidak lupa untuk memperhatikan biaya anggaran dan biaya operasionalnya selama Anda menggunakan printer yang menjadi pilihan Anda, kemudian Anda juga dapat mempertimbangkan tentang hal yang telah kami sampaikan di atas dari jauh-jauh hari sebelum Anda akhirnya membeli printer, tujuannya yaitu agar Anda mendapatkan perangkat terbaik dan tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah kita membahas tentang inilah hal yang wajib di perhatikan sebelum membeli printer, berikut ini kita juga akan membahas bagaimana cara mengatasi printer yang eror. Langsung saja simak artikel berikut ini.

Begini Cara Mengatasi Printer Error

Bagi para pengguna printer, tentu tidak jarang sering menemukan printer yang error. Apalagi lagi masalah yang sering terjadi yaitu pada saat Anda menggunakan printer sharing. Sekedar informasi saja bahwa printer sharing ini adalah printer yang bisa di gunakan untuk beberapa komputer hanya dalam 1 jaringan saja. Adapun masalah yang sering terjadi, salah 1 nya yaitu dengan munculnya notifikasi error dengan kode “Operation Failed with Erorr 0x00011b”.

Notifikasi tersebut umumnya akan muncul pada saat Anda akan mencetak sebuah dokumen. Adapun salah 1 penyebab dari error ini biasanya yaitu karna adanya pembaruan Windows 10, sehingga mengganggu pada koneksi jaringan printer.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena jenis error dengan kode yang di sebutkan di atas tadi masih bisa di atasi dengan mandiri. Berikut caranya:

Pembaruan Windows 

Salah 1 cara untuk mengatasi printer dari error 0x00011b yaitu dengan cara mencopot atau meng-uninstall pada pembaruan Windows. Dengan begitu, hal ini dapat memungkinkan untuk mengembalikan kembali fitur yang awal agar komputer Anda bisa berjalan lagi dengan normal. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

  • Buka menu Windows.
  • Kemudian pilih “Settings”
  • Lalu klik Windows, setelah itu pilih “Update”.
  • Selanjutnya klik “View Update History” kemudian klik “Uninstall Update”

Melakukan update Windows

Error 0x00011b ini terkadang sering di sebabkan karena adanya pembaruan Windows 10. Namun selain Anda harus meng-uninstall Windows 10, Anda juga dapat mengunakan cara yang lain yaitu meng-update Windows. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

  • Buka menu Windows.
  • Kemudian pilih “Settings”
  • Lalu klik Windows
  • Selanjutnya pilih “Update”, maka tunggu sebentar sampai Windows selesai terinstal.

Restart print spooler

Untuk sekedar informasi saja bahwa print spooler ini yaitu software yang betugas untuk menangani proses percetakan. Error 0x0000011B ini sering terjadi karena print spooler teli mengalami bug. Untuk itu cara mengatasinya, Anda bisa langsung melakukan restart dengan cara seperti berikut ini:

  • Cari dan ketik menu “Service” di pencarian Windows.
  • Kemudian pilih “Print Spooler”
  • Setelah itu, klik kanan lalu pilih “Restart”, kemudian tunggu sampai fitur tersebut melakukan restart dan memperbaiki error 0x0000011B.

Instal ulang device printer dengan cara manual

Langkah selanjutnya yaitu menginstal ulang device printer dengan cara manual. Adapun caranya yaitu:

  • Klik menu “Start Windows”.
  • Kemudian pilih “Bluetooth and other devices settings”
  • Setelah itu klik “Printers & Scanners”
  • Lalu pilih “Add a printer or scanner”
  • Jika sudah, perangkat Anda akan memindai untuk menambahkan device printer dengan cara manual.
  • Terakhir, beri nama kemudian instal driver printer secara manual, lalu cobalah kembali untuk menggunakan printer dan lihat apakah printer At telah berfungsi dengan normal kembali.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang inilah hal yang wajib di perhatikan sebelum membeli printer, nantikan juga berita terkini lainnya seputar teknologi, jangan kemana-mana sekian dan terimakasih.