Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone XR

Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone XR

Persentase baterai merupakan slah satu informasi yang petning karena bisa membantu anda mengetahui sisa daya pada gadget anda. Dengan menampilkan persentase baterai, anda dapat mengatur penggunaan perangkat gadget supaya tidak kehabisan daya pada saat saat yang dibutuhkan. Akan tetapi tidak semua perangkat apple  mempunyai opsi untuk menampilkan persentasse baterau secara otomatis atau default. Maka dari itu, anda sendiri yang perlu mengetahui bagaiaman cara menampilkan persentase baterai di iphone, ipad maupun macOS. Yuk simak sampai tuntas ulasan dibawah ini!

Menampilkan Persentase Baterai di iPhone XR

Hp iPhone XR termasuk salah sat model iPhone yang memiliki opsi untuk menampilkan persentase baterai pada bilah status, hal ini karena keterbatasan ruang akibat adanya ‘notch’ atau ponipada bagian atas layarnya. Tetapi anda tetap bisa menampilkan persentase baterai pada iPhone XR dengan mengikiuti langkah-langkah dibawah ini:

  •  Melalui contro center

Control center merupakan fitur yang dapat anda akses dengan menggeser ke bawah dari sudut kanan atas laya iPhone XR anda. Nantinya anda akan melihat persentase bateraiu dibagian sebelah kiri atas tepatnya disebelah ikon baterai.

  •  Menggunakan widget battery

Anda juga bisa menggunakan widget battey dengan menambhkan ke layar utama atu Today View iPhone XR. Widget ini dapat menampilkan persentase baterai iPhone XR anda serta perangkat lain yang juga terhubung dengan Hp anda, misalnya seperti AirPods atau Apple Watch. Adapun cara untuk menambhkan widget ini: tekan dan tahan area yang kosong di layar utama>ketik ikon plus  (dipojok kanan atas)>lalu cari serta pilih widget battery dan sesuaikan ukuran ayng anda inginkan>lalu letakkan widget dan letakkan dibagian layar yang anda inginkan.

  •  Gunakan Siri

Anda pasti sudah tau bukan? Apa itu siri. Siri sendiri merupakann asisten virtuak yang dapat anda gunakan untuk berbagai macam hal termasuk untuk mengetahui berapa sisa persentase baterai iPhone anda. Cara mengaktifkan Siri cukup mudah yakni dengan mengucapkan “Hey Siri”, menekan dan menahan ikon Siri pada bagian control center. Selanjutnya anda bisa bertanya kepada Siri tentang persentasi baterai iPhone anda, contonhnya dengan mengatakan “How much battery do I have?” atau “What is my battery percentage?”. Maka Siri akan menampilkan dan juga mengucapkan persentase baterai iPhone XR.

Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPad

Selain iPhone XR, perangkat iPad juga merupakan device Apple yang memiliki opsi persentase baterai sehingga mungkin tampilan persentase baterai tidak aktif secara default. Namun hal ini juga tergantung pda model serta versi OS ataupun iPad OS yang anda gunakan. Adapun cara untuk mengaktifkan tampilan persentase baterai sebagai berikut:

  • Buka pengaturan (Setting) pada iPad anda
  • Scrol ke bawah untuk mencari opsi ‘Battery’ lalu klik
  • Lalu aktifkan sakelar di sebalah ‘Battery Percentage

Jika sudah, selanjutnya anda dapat melihat persentase baterai pada sebalah kanan ikon baterai di bilah status iPad anda. Anda juga bisa menggunakan langkah-langkah yang sama dengan iPhone XR untuk melihat persentase baterai yaitu mengakses control center, menggunakan widget battery ataupun bertanya kepada Siri.

Cara Menampilkan Persentase Baterai di macOS

macOS adalah sistem opersi yang dipakai oleh perangkay Mac, seperti MacBook iMac, Mac mini maupun Pc Pro. MacOS sendiri mempunyau opsi untuk menampilkan persentase baterai di menu bar yakni pada bagian atas layar yang menampilkan berbagai informasi dna juga ikon. Akan tetapi opsi ini tidak aktif secara default sehingga anda perlu men-settingnya tergantung dari model serta versi macOS yang anda gunakan saat ini. Untuk mengaktifkannya, mari ikuti langkah berikut:

  • Buka menu Apple pada pojok kiri atas layar, kemudian pilih ‘System Preferences’
  • Pilih opsi ‘Dock’ dan ‘Menu Bar
  • Pilih opsi Battery pada sisi kiri jendela
  • Nyalakan kontak centang pada sebalah ‘Show in Menu Bar

Jika langkah-langkah inis udah anda lakukan dengan benar, maka anda bisa melihat persentase baterau pada bagian sebalah kanan ikon baterai di menu bar. Anda juga dapat meng-klik ikon baterai untuk melihat informasi lain misalnya seperti waktu yang tersisa, mode hemat daya maupaun preferensi baterai.

Demikianlah artikel tentang cara menampilkan persentase baterai di iPhone XR, iPad, dan macOS. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mengetahui sisa daya yang tersedia di perangkat Apple Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih! 😊