Cara Mereset Tablet Android & IOS

Cara Mereset Tablet Android & IOS

Tablet bisa dibilang salah satu produk elektronik yang sering tawarkan harga terjangkau di Indonesia. Sementara spesifikasi hardware yang ditawarkan tabletnya juga bisa dibilang meyakinkan kayak tablet belajar dijual cuma Rp 1 jutaan dengan RAM 3 GB dan baterai 4.000mAh. Meskipun menarik, tapi kadang-kadang tablet ini alami masalah yang bikin sistem operasi atau aplikasi nggak bisa jalan dengan lancar walaupun udah dilakuin clear cache, clear data, update, sampe proses restart.
Makanya kadang harus reset tablet biar sistem operasi bisa jalan kayak semula. Kalau kamu masih bisa masuk ke halaman homescreen tablet, langsung aja mereset pabrik lewat pengaturan. Berikut ini cara mereset tablet android dan juga IOS.

Cara Mereset Tablet Advan

  • Reset Pabrik

1. Buka aplikasi Settings (Setelan)
2. Buka menu Backup & Reset (Buat cadangan & atur ulang)
3. Pilih menu Factory Data Reset (Kembalikan ke Setelan Pabrik)
4. Tekan tombol Reset Device (Setel Ulang Perangkat)
5. Kalau muncul kotak dialog izin, tekan tombol Yes buat lanjutin proses
6. Tablet akan restart dan langsung proses pengembalian ke setelah pabrik
7. Setelah proses Reset Pabrik kelar, tablet akan nyala dan keluar tampilan kayak waktu beli pertama kali

Sebagai tambahan, Reset Pabrik akan ilangin semua data milikmu yang simpen di tablet Advan jadi backup atau cadangin data dulu ke penyimpanan lain biar data tetap aman. Kalau tablet Advan kamu alami masalah yaitu nggak bisa masuk ke halaman homescreen, bisa pake Reset Keras dengan perbaikin lewat mode Recovery.

  • Reset Keras

1. Tekan tombol Power beberapa detik biar tablet Advan mati
2. Tekan tombol Power barengan sama tombol Volume Down
3. Setelah nyala, lepas tombol
4. Kamu akan masuk ke halaman Recovery Mode
5. Pake tombol Power buat pilih menu dan tombol Volume buat navigasi ke atas atau bawah
6. Pilih menu Wipe data / Factory Reset dan pilih Yes
7. Terus Wipe cache partition dan konfirmasi dengan pilih Yes
8. Kalau proses udah selesai, pilih opsi Reboot
9. Tablet akan hidup lagi dan proses perbaikin tablet
10. Tablet Advan juga akan kayak waktu beli pertama kali

Sama kayak Reset Pabrik, metode ini akan ilangin semua data yang simpen di tablet Advan. Tapi karena kamu nggak bisa akses sistem operasi, sayangnya nggak bisa cadangin data dulu.
Setelah sistem di tablet Advan jalan normal, kamu bisa nambahin Password, Pattern, atau PIN buat kunci layar biar lebih aman. Kalau tablet punya fitur fingerprint atau Face Unlock, bisa juga diaktifin biar gampang buka kunci layar.

Cara Mereset tablet android

1. Simpan foto atau video yang mau kamu jaga.

Semua data pribadi kamu akan ilang ketika perangkat lewat proses reset, jadi semua berkas media yang kamu mau harus disimpen di dalam kartu SD, komputer, atau program cloud kayak Dropbox

2. Simpan semua informasi kontak.

Semua informasi di dalam folder Contacts akan ilang ketika reset dilakuin pada perangkat.
– Pindah ke “Contacts”, terus pilih “Menu”, terus pilih opsi buat salin informasi kontak ke dalam kartu SIM atau kartu SD.
– Sebagai pilihan lain, kamu bisa sinkronin folder Contacts kamu dengan Google.

– Buat ngelakuin ini, pergi ke bagian “Contacts”, ketuk “Menu”, terus pilih “Accounts”

3. Ketuk “Menu”, terus pilih “Settings” dari layar beranda tablet Android kamu.

4. Ketuk “Privacy”, terus pilih “Factory data reset”.
– Kembali dari dalam menu “Privacy”, terus pilih “Storage” di dalam menu Settings” kalau kamu nggak nemuin opsi Factory data reset” di dalam menu Privacy.

5. Hapus centang dari kotak yang ada di sebelah “SD card” buat ngehindarin dihapusnya data pribadi yang tersimpen di dalam kartu SD.
– Biarin kotak di sebelah “SD card” dalam keadaan tercentang kalau kamu mau isi di dalam kartu SD juga ilang barengan dengan semua data yang disimpen di dalam tablet.

6. Ketuk “Reset device.” Tablet Android akan ilangin semua data yang tersimpen di dalamnya dan mulai ulang setelah berhasil ngembaliin kondisinya ke pengaturan orisinal pabrik

Tips

  •  Aplikasi pihak ketiga apa pun yang udah kamu beli sebelum ngelakuin reset bisa kamu download lagi secara gratis selama kamu ngelakuinnya pake akun Gmail yang sama dengan saat kamu belinya.
  • Reset tablet Android sebelum jual, sumbang, daur ulang, atau kasih perangkat ke orang lain. Dengan reset tablet, semua data pribadi yang disimpen akan ilang dan kamu akan ngehindarin orang lain akses akun Gmail kamu dan informasi sensitif lainnya yang mungkin tersimpen di dalam Google atau perangkat.

Cara Mereset tablet apple

Perlu diingat bahwa menghapus iPad berarti data nggak lagi kelihatan di iPad. Tapi nggak ilang dari penyimpanan iPad. Buat ilangin semua konten dan pengaturan dari iPad selamanya, harus reset ke pengaturan pabrik. Ada dua cara ilangin iPad: pakai Pengaturan di iPad, atau sambungin iPad ke komputer dengan kabel USB dan pakai Finder atau iTunes.

Pakai Pengaturan buat ilangin iPad

● Buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPad. Lakukan salah satu hal ini:
● Nyiapin konten dan pengaturan kamu buat dipindahin ke iPad baru: Ketuk Mulai, terus ikutin instruksi di layar.
● Setelah kelar, balik ke Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPad, terus ketuk Hapus Konten dan Pengaturan.
● Ilangin semua data kamu dari iPad: Ketuk Hapus Konten & Pengaturan.

Pakai komputer buat ilangin iPad

Kamu bisa pakai Mac atau PC Windows buat ilangin semua data dan pengaturan dari iPad, balikin iPad ke pengaturan pabrik, dan pasang versi iPadOS terbaru.
● Sambungin iPad ke komputer dengan kabel USB atau USB-C.
● Nyalain iPad kamu.

Lakuin salah satu hal ini:

● Di Mac (macOS 10.15 atau lebih baru): Klik ikon Finder di Dock buat buka jendela Finder, klik tombol iPad di bar samping Finder (di bawah Lokasi), klik Umum di bagian atas jendela, terus klik Pulihkan iPad.
● Di Mac (macOS 10.14 atau lebih lama) atau PC Windows: Pastiin punya versi iTunes terbaru. Buka iTunes, klik tombol iPad di dekat kiri atas jendela iTunes, klik Ringkasan, terus klikPulihkaniPad.