cara membedakan lcd iphone 7 ori dan kw

Cara Membedakan LCD iPhone 7 ORI dan KW

Iphone bekas menjadi pilihan banyak orang yang ingin memiliki brand terkenal dengan harga yang lebih murah dan terjangkau. Tapi, karena iphone sangat populer, banyak juga yang mencoba meniru produknya dengan membuat iphone supercopy, OEM, replika, republish sampai kw. Oleh karena itu, kita harus teliti dalam membeli iphone bekas. Di artikel ini, aku akan berbagi tips bagaimanacara membedakan lcd iphone 7 ori dan kw.

Kamu harus tahu, fakta nya banyak iphone yang dijual murah karena sparepart atau komponen nya sudah diganti dengan yang OEM atau KW. Hal ini membuat experience dan pengalaman menggunakan iphone jadi menurun.

Kekurangan Layar LCD iPhone OEM / KW

  •  Warna tampak pudar atau keputih-putihan
  • Kontras warna dan dynamic range sangat buruk
  • Boros baterai
  • Gampang rusak atau bergaris
  • Touchscreen tidak sensitif
  • Sering input lag ketika digunakan main game
  • Sering delay ketika mengetik
  • Kepadatan pixel atau ppi biasanya tidak sebagus original
  • Warna hitam pada layar jadi abu, warna putih jadi sangat kuning
  • Membuat mata jadi cepat capek dan perih

Karena itu, sebelum kamu memutuskan membeli iphone bekas, kamu harus waspada. Terutama dalam mengenali LCD Iphone apakah sudah di ganti atau masih original.
Ada beberapa cara untuk membedakan LCD iphone Ori dan KW, di artikel ini aku akan berbagi tips berdasarkan pengalaman aku jual beli iphone bekas. Simak artikel berikut ini…

Cara Membedakan LCD iPhone 7 Ori dan KW

Nah, jika kamu belum pernah pegang iphone original, atau tidak punya iphone pembanding, pasti akan agak susah bedakan LCD Iphone Ori dan Palsu. Karena itu, ada cara lain selain cek fisik. Yaitu pakai software namanya 3utools. Ini dia caranya…
Cara termudah untuk tahu layar iphone original atau kw yaitu dengan pakai aplikasi atau software buatan 3u namanya 3utools.
Alat dan perangkat yang harus disiapkan

  •  Laptop atau PC berbasis Windows
  • USB / Lightning Port Original
  • Iphone yang mau di cek

Langkah Kerja

  • Pertama, download 3utools
  • Lalu Instal dan Buka Aplikasinya
  •  Sambungkan Iphone ke Laptop atau Komputer lewat USB
  • Masuk ke tab Info
  • Nanti disana akan kelihatan apakah ada komponen yang diganti atau masih ori

Jika kondisi masih 100%, berarti iphone itu masih original dan asli. Jika kurang dari itu, atau ada tulisan may be changed, artinya ada komponen yang udah di ganti, bisa jadi baterai, kamera, layar, touch ID atau mainboard.
Lihat juga Factory Value dan Read Value. Pastikan serial iphone sama, jika beda berarti udah gak original atau udah diganti sama komponen kw.

Mau Beli dan Ganti Layar LCD Iphone Dimana?

Jika misalnya kamu alami hal buruk sama iphone kamu, entah itu Iphone generasi lama kayak Iphone 5, 5s, 6, 6s, atau generasi yang lebih baru kayak 7, 7 plus, 8, 8 plus, iphone X, Xs, Iphone 11, 11 Pro max atau generasi selanjutnya yaitu Iphone 12.
Entah itu iphone jatuh, layar pecah, lcd blank dan error, ada garis di layar, shadow dan lain-lain. Saran aku kamu bawa ke service center resmi, yaitu Ibox atau Apple Store.

Meskipun harganya mahal, kamu akan dapat part pengganti original. Tapi, jika kamu gak peduli kualitas dan punya budget terbatas, sebaiknya kamu cari LCD copotan aja. Ingat, meskipun second, tapi itu original lho. Tapi, jika budget kamu bener-bener terbatas dan gak nemu LCD copotan, gak apa-apa untuk ganti LCD di tukang service pinggir jalan dan beli LCD OEM / KW. Pastikan LCD yang kamu beli punya grade bagus biar kualitasnya gak terlalu jelek, minimal mirip sama originalnya terutama masalah sensitifitas layar.

Istilah-istilah di Dunia Service Iphone

Setelah kita mengetahui cara membedakan lcd iphone 7 ori dan kw, sebaiknya kita juga perlu tahu dulu istilah-istilah yang ada pada Iphone yang sering di pakai oleh para teknisi atau tukang service. Kita harus paham karena ini dasar kita untuk tentukan apakah iphone itu masih original atau udah di oprek.

  • Supercopy

HP yang dibuat se mirip mungkin sama aslinya, tapi biasanya pakai sistem operasi Android yang di custom biar mirip iphone. HP jenis ini dibuat cuma buat gaya aja, gak buat dipakai karena biasanya punya performa dan spesifikasi yang sangat jelek.
OEM (Original Equipment Manufacturer)
Sebenernya, istilah ini artinya Aksesoris atau Komponen yang dibuat sama pabrik yang sama sama komponen original, tapi ditujukan buat produsen lain. Biasanya punya kualitas standarisasi yang beda dari original.
Tapi, di kenyataanya istilah ini sering di plesetin sama sebagian oknum. Mereka sebut aksesoris kayak charger, kabel lightning, dusbox, earpod dan komponen kayak layar dengan nama OEM.

Padahal itu cuma trik buat ngebohongin pembeli, dan ganti istilah KW. Jadi kalo ada orang yang sebut istilah OEM berarti itu KW! Karena part aksesoris atau sparepart original iphone gak dijual bebas, cuma dijual sama distributor resmi, misalnya di indonesia kayak Ibox atau di luar negeri di Apple Store.

  • Replika

Ini artinya produk yang niru atau mirip sama aslinya. Bisa dibilang sama dengan Supercopy kalo dalam istilah smartphone. Ini jelas-jelas barang palsu atau bukan original.

  • Republish

Istilah ini juga sering di plesetin sama para oknum gak bertanggung jawab. Arti republish sebenernya yaitu perangkat second yang di ambil dari pengguna sebelumnya karena ada cacat atau rusak, terus di benerin sama Apple dan dijual lagi dengan harga yang lebih murah. Ini namanya republish resmi, dan tentu kualitasnya gak jauh beda sama yang original. Tapi perlu di ingat, iphone republish resmi cuma dijual di Apple Store Resmi!

Jadi kalo ada orang yang bilang ini iphone republish, itu artinya itu iphone rakit sendiri, bukan dari apple langsung. Bisa jadi itu iphone rusak yang diperbaiki sama tukang service gak resmi dengan pakai part OEM alias KW terus dijual lagi.
Jadi kamu harus paham, bedanya Iphone Republish Resmi dan Iphone Republish Gak Resmi.

  • KW atau KW Super

Ini singkatan dari kwalitas, intinya ini produk palsu atau bukan original. Banyak banget jenisnya.
Ada KW grade C, Grade B, Grade A atau lainnya. Tapi, tetap KW itu gak akan sebagus atau sebaik original, meskipun grade nya AAA sekalipun. Istilah KW Super biasanya sama dengan KW grade paling tinggi.

Nah, gimana udah ngerti? Kalo udah kita lanjut ke materi utama. Yaitu bedakan LCD Iphone original dan Palsu (OEM).

Kesimpulan

Layar LCD Iphone terkenal sebagai salah satu jenis layar terbaik hp yang ada di pasaran sekarang ini. Dari berbagai generasi iphone, Apple selalu ngasih teknologi terbaru di layarnya. Mulai dari Retina Display, Super Retina Display, Super Retina XDR, dan mungkin di masa depan akan ada inovasi baru dari Apple.
Pada dasarnya, Apple pakai 2 jenis layar. Pada perangkat versi murah biasanya apple pakai panel IPS. Sedangkan di perangkat seri paling tinggi biasanya pakai panel OLED.
Kualitasnya sama-sama bagus, tapi jenis layar OLED punya kontras layar yang lebih bagus juga hemat daya.
Karena itu, kamu harus teliti bedakan layar lcd iphone original dan kw, biar kamu terhindar dari rasa kecewa dan dapat pengalaman terbaik saat pakai iphone.
Sekian artikel kali ini, jika ada yang mau ditambahin atau ditanyain, kamu bisa tinggalin komentar di bawah ya…