Cara Mengetahui Kontak WA Kita Diblokir
Foto: blackview.hk

Cara Mengetahui Kontak WA Kita Diblokir

WhatsApp memiliki fitur blokir yang berguna untuk menghentikan komunikasi dengan orang yang tidak kita inginkan. Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp yang kita blokir tidak bisa menghubungi kita melalui pesan, panggilan, atau status. Fitur blokir ini bersifat rahasia, jadi pengguna yang kita blokir tidak akan tahu bahwa mereka telah diblokir oleh kita. Lalu, bagaimana cara mengetahui kontak wa kita diblokir oleh orang lain?

Cara Mengetahui Kontak WA Kita Diblokir

Ada enam cara yang bisa kamu coba untuk mengetahui apakah nomor WA kamu diblokir oleh orang lain.
Kamu bisa melakukan pengecekan ini dengan mudah tanpa perlu aplikasi tambahan, berikut adalah enam cara mengetahui WA yang diblokir.

1. Periksa status last sent

Salah satu tanda bahwa nomor kita telah diblokir oleh seseorang adalah kita tidak bisa melihat status online pada profil orang tersebut. Namun, tanda ini tidak bisa langsung dijadikan bukti bahwa nomor kita telah diblokir. Hal ini karena WhatsApp juga memiliki fitur untuk menyembunyikan status online/offline. Oleh karena itu, selain melihat status online/offline orang yang kita curigai memblokir nomor, kita harus melihat tanda lainnya untuk memastikan nomor kita telah diblokir.

2. Cek centang WA

Cara kedua adalah dengan mencoba mengirim pesan kepada orang yang kita curigai memblokir nomor kita. Jika diblokir, pesan yang kita kirimkan tidak akan sampai kepada nomor yang bersangkutan. Pada chatbox WhatsApp, tanda centang pada pesan yang gagal terkirim hanya akan ada satu centang di bagian bawah pesan, bukan dua centang sebagai simbol pesan telah terkirim. Seperti cara pertama, cara ini juga tidak bisa langsung dijadikan bukti bahwa nomor kita telah diblokir oleh orang lain.

Hal ini karena, tanda centang satu pada WhatsApp juga bisa berarti orang yang kita kirimkan pesan sedang bermasalah dengan koneksi internetnya. Oleh karena itu, untuk mengecek apakah nomor kita diblokir, kita harus melihat cara lain.

3. Cek foto profil

Jika ada orang yang memblokir kontak wa kamu, biasanya foto profil orang tersebut tidak bisa kamu lihat. Jika dikombinasikan dengan cara lainnya, ketiadaan foto profil pada orang yang kita curigai memblokir nomor kita bisa jadi salah satu tandanya. Namun, ketiadaan foto profil juga bisa terjadi karena memang orang tersebut tidak memasang foto profil. Untuk memastikan, cek juga cara-cara lain atau dengan melihat apakah foto profil orang yang kita curigai memblokir kita juga tidak bisa dilihat melalui nomor WhatsApp lainnya.

4. Melakukan panggilan telepon

Cara mengetahui kontak wa kita diblokir berikutnya adalah dengan mencoba lakukan panggilan suara ataupun video. Jika status panggilan berbunyi atau bisa tersambung, berarti kontak kamu tidak diblokir. Namun jika status panggilan hanya menghubungkan saja, bisa jadi nomormu telah diblokir. Seperti cara lainnya, cara ini juga harus diperhatikan dengan melihat tanda-tanda yang lain karena bisa saja nomor yang dituju memang sedang tidak terkoneksi dengan internet.

5. Tidak bisa melihat story WA

Selain melakukan panggilan, cara selanjutnya adalah mengeceknya melalui story WA. Jika kamu tidak bisa melihat status atau story orang yang bersangkutan, bisa jadi kamu telah diblokir. Namun, cara ini tidak bisa langsung dijadikan bukti bahwa kamu telah diblokir. Hal ini karena WhatsApp juga memiliki fitur untuk membatasi status kepada orang-orang tertentu.

6. Tidak bisa mengundang di grup

Cara terakhir untuk memastikan WA diblokir adalah kamu tidak bisa mengundang nomor yang bersangkutan ke sebuah grup.
Jika benar diblokir, orang tersebut tidak bisa kamu undang dalam grup. Jika masih bisa, berarti kamu belum diblokir.

Aplikasi untuk Mengetahui Kontak WA Kita Diblokir

Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari aplikasi untuk mengetahui nomor kita diblokir. Kamu bisa tahu siapa saja yang tidak mau berhubungan dengan kita dan menanyakan alasan mereka dengan sopan agar kita bisa memperbaiki kesalahan kita.
Jika nomor WhatsApp kita diblokir, kita tidak akan bisa menerima panggilan, pesan, atau melihat status online mereka. Tapi jangan khawatir, kamu bisa cek apakah nomor WA kita diblokir atau tidak dengan bantuan aplikasi tambahan.

Berikut beberapa aplikasi untuk mengetahui kontak WA kita diblokir atau tidak dengan cara yang mudah:

1. WATrace

WATrace adalah aplikasi untuk melacak status online dan offline pengguna Android lain. Aplikasi WATrace bisa memberitahu kita apakah ada teman atau orang lain di WhatsApp yang memblokir kita. Ini dia cara mengetahui nomor kita diblokir atau tidak dengan WATrace:

  1.  Unduh dan pasang aplikasi WATrace di HP Android kamu.
  2. Tambahkan teman untuk mendapatkan notifikasi setiap kali orang lain online atau offline. Caranya ketik nama dan nomor kontak mereka lalu tekan tombol panah.
  3. Aplikasi akan menampilkan informasi kapan seseorang online dan offline.

2. Wstat

Wstat adalah aplikasi untuk mengetahui nomor kita diblokir lewat status online. Jika kamu tidak menemukan status online di WhatsApp tapi ada di Wstat, berarti kamu mungkin diblokir oleh orang itu. Ini dia cara mengetahui nomor WhatsApp diblokir dengan aplikasi Wstat:

  1.  Hubungkan akun WhatsApp kamu dengan memasukkan nomor WhatsApp kamu.
  2. Tambahkan nomor WhatsApp orang yang status online-nya ingin kamu ketahui.
  3. Cek status online orang tersebut.

3. Aplikasi Block Checker

Aplikasi Block Checker bisa membantu kamu mengetahui nomor kita diblokir oleh seseorang di WhatsApp atau tidak. Aplikasi ini punya fitur yang bisa memeriksa status kontak dan memberikan informasi tentang kemungkinan kamu diblokir. Aplikasinya cukup praktis, ini dia langkah-langkah menggunakan aplikasi Block Checker:

  1.  Unduh dan pasang aplikasi Blocked Checker for WhatsApp di HP kamu.
  2. Buka aplikasi dan berikan izin akses yang dibutuhkan.
  3. Masukkan nomor WhatsApp yang kamu curigai memblokir kamu.
  4. Tunggu sebentar, aplikasi akan memberitahu kamu apakah nomor diblokir atau tidak.

4. Aplikasi Blocker Detector

Aplikasi Blocker Detector bisa mengetahui nomor kita diblokir. Sebenarnya cara kerja aplikasi yang satu ini mirip dengan WhatsApp Block Checker yaitu kamu tinggal memberikan informasi dan memeriksa status kontak. Cara menggunakannya bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1.  Unduh dan pasang aplikasi Blocker Detector di HP kamu.
  2. Buka aplikasi lalu berikan izin akses yang dibutuhkan.
  3. Ketik nomor WA yang kamu curigai telah memblokirmu.
  4. Tunggu sebentar, aplikasi akan memberitahu kamu apakah nomor diblokir atau tidak.

5. Aplikasi Blocked Checker for WhatsApp

Aplikasi Blocked Checker for WhatsApp berguna untuk memberi tahu kita nomor diblokir oleh seseorang atau tidak. Fitur dan fungsinya hampir sama dengan beberapa aplikasi sebelumnya, hanya tampilannya berbeda. Untuk menggunakan aplikasi ini, ini dia langkah-langkahnya:

  1.  Unduh dan pasang aplikasi WhatsApp Blkock Checker di HP kamu.
  2. Buka aplikasi lalu beri izin akses yang dibutuhkan.
  3. Masukkan nomor WhatsApp yang kamu curigai memblokir kamu.
  4. Tunggu sebentar, aplikasi akan memberitahu kamu apakah nomor diblokir atau tidak.

Tips memilih aplikasi untuk tahu apakah nomor kita diblokir atau tidak

  • Kredibilitas dan Nama Baik
    Pilihlah aplikasi yang mendapat pujian dari pengguna dan punya nama baik yang terpercaya.
  • Perlindungan dan Keamanan
    Cek blokir nomor berarti memberikan izin ke informasi pribadi. Pastikan aplikasi punya kebijakan perlindungan yang menjaga data kamu dan jelas.