Cara Mematikan Mode Aman Xiaomi

Cara Mematikan Mode Aman Xiaomi

Cara kembali ke mode normal Xiaomi atau cara mematikan mode aman xiaomi artinya adalah cara mengaktifkan kembali ponsel seperti biasa. Biasanya, pengguna memasuki mode aman pada ponsel untuk mengecek apakah ada masalah di perangkat itu.
Pada artikel ini kita akan membahas cara kembali ke mode normal Xiaomi. Tapi, sebelum itu kita perlu tahu dulu apa itu mode aman di ponsel dan bagaimana cara memasuki mode itu pada HP Xiaomi.

Apa itu Mode Aman Xiaomi?

Menurut consoleguide.com, mode aman adalah fitur yang ada di setiap ponsel pintar dan berfungsi penting untuk berbagai situasi. Kebanyakan, mode aman dipakai untuk mengatasi beberapa masalah pada ponsel pintar, misalnya saat ponsel kena virus.
Saat masuk ke mode aman ponsel pintar, pengguna bisa mengenali masalah lebih dulu di mode itu yang lalu mencari jalan keluarnya.
Di mode aman, ponsel pintar tidak akan menjalankan aplikasi dari pihak ketiga, hanya aplikasi bawaan saja yang bisa beroperasi.

Cara Memasuki Mode Aman Xiaomi

Pengguna yang menghadapi masalah pada ponsel Xiaomi bisa mencoba memasuki mode aman untuk mendiagnosis masalah pada perangkat itu. Berikut ini cara memasuki mode aman Xiaomi yang diambil dari consoleguide.com.

  1. Matikan ponsel dengan menekan tombol daya, lalu pilih opsi ‘Daya’ yang muncul di layar.
  2. Setelah ponsel mati, tahan tombol daya untuk menyalakan perangkat itu.
  3. Ketika opsi ‘MIUI’ muncul di layar, tahan tombol volume bawah sampai ponsel memasuki mode aman.
  4. Selesai. Ponsel yang berhasil memasuki mode aman ditunjukkan dengan cap bertulis ‘Safe Mode’ di pojok kiri bawah layar.

Cara Kembali ke Mode Normal Xiaomi

  1. Setelah proses mengenali penyebab masalah pada ponsel selesai dan pengguna sudah menyelesaikan masalah itu, kembali ke mode normal agar aplikasi dari pihak ketiga bisa dipakai lagi.
  2. Cara mengubah Xiaomi ke mode normal dari mode aman, sebetulnya cukup dengan restart ponsel. Caranya akan dibagikan di bawah ini. Menurut consoleguide.com, di bawah ini adalah cara kembali ke mode normal Xiaomi:
  3. Tekan dan Tahan Tombol Daya
    Tekan dan Tahan tombol daya pada ponsel pintar selama beberapa detik.
  4. Pilih Reboot
    Di layar akan muncul beberapa opsi di layar Xiaomi, pilih ‘Reboot’.
  5. Tunggu Sebentar
    Ponsel Xiaomi akan restart, tunggu sampai proses itu selesai.
  6. Selesai
    Ketika proses restart ponsel selesai dan layar HP Xiaomi ada di menu utama perangkat, artinya ponsel sudah kembali ke mode normal Xiaomi. Selain itu, tulisan ‘Safe Mode’ juga sudah hilang dari layar ponsel.

Cara Perawatan HP Xiaomi yang Benar

  • Gunakan Tempered Glass
    Bagian yang paling penting dari smartphone atau HP Xiaomi adalah layar karena biasanya kalau terjatuh maka bagian layar yang sering retak atau rusak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membeli anti gores yang berkualitas untuk dipasang pada smartphone atau HP Xiaomi yang kamu miliki. Walaupun harganya agak lebih mahal, tapi kaca anti gores Tempered Glass jauh lebih baik digunakan untuk melindungi kaca layar daripada anti gores plastik atau mika. Bisa dibilang kalau terjadi benturan keras maka kaca anti gores Tempered Glass akan mengorbankan diri, tapi layar masih selamat
  • Pilih Casing Tambahan yang Terbaik
    Selain layar, tentu saja bagian belakang smartphone juga rentan terhadap benturan ketika jatuh sehingga perlu dilindungi agar tidak timbul goresan atau pecah. Untuk itu,kamu perlu memberikan casing tambahan pada bagian belakang smartphone atau HP Xiaomi itu.
    Sebaiknya casing tambahan itu berbahan mika atau keras lainnya sehingga lebih tahan benturan daripada dengan menggunakan casing tambahan yang berbentuk jelly lembut. Tapi kamu juga bisa menambahkan cincin yang sedang populer di bagian belakang casing tambahan itu agar dapat dengan kuat memegang smartphone atau HP Xiaomi ketika sedang berkendara.
  • Jangan unduh Aplikasi apapun dari Luar Google Play Store
    Meskipun menggunakan ROM MIUI, tapi pada dasarnya smartphone atau HP Xiaomi berbasis sistem operasi Android. Untuk itu, kalau Gadgeter ingin mengunduh aplkasi maka langsung dari Google Play Store.
    Tapi kalau ingin mengunduh atau download aplikasi dari luar Google Play Store harus hati-hati karena biasanya sudah dicampur dengan crack atau malware yang sewaktu-waktu dapat merusak smartphone atau HP Xiaomi. Sebaiknya kamu menginstal aplikasi langsung dari Google Play Store saja yang lebih terpercaya.
  • Jaga kondisi baterai
    Baterai merupakan salah satu hal terpenting dalam smartphone karena merupakan sumber energi agar bisa hidup dan digunakan oleh pemiliknya. Untuk itu, kamu harus selalu merawat kondisi baterai smartphone atau HP Xiaomi agar selalu terbaik.
    Sebaiknya kamu dapat melakukan pengisian daya baterai ketika kondisi baterai telah mencapai 15% hingga 30% dan jangan membuat baterai habis karena akan menyebabkan baterai cepat aus. Selain itu, cas smartphone atau HP Xiaomi jangan terlalu sering agar life cycle tidak cepat habis.
  • Berhati-hati dalam mengunjungi website
    Internet merupakan sumber yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Dengan internet ini, pengguna smartphone atau HP Xiaomi bisa menikmati berbagai konten dengan mengunjungi berbagai website.
    Tapi kamu harus berhati-hati terhadap website karena kadang-kadang sudah disisipkan oleh malware atau iklan yang dapat merusak smartphone. Biasanya tempat yang sering menjadi sarang malware ini terdapat pada website download film ilegal. Supaya tidak terkena malware itu, sebaiknya kamu dapat berhati-hati dalam mengunjungi website itu.