Kelebihan & Kekurangan iPhone Dibanding Android

Kelebihan & Kekurangan iPhone Dibanding Android

Kelebihan dan kekurangan iphone dibanding android perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli. Apalagi hp iPhone dikenal luas sebagai salah satu merek ponsel terpopuler di seluruh dunia. Walaupun termasuk dalam jajaran teratas, perangkat keluaran Apple ini memiliki sisi positif dan negatifnya. Keuntungan apa saja yang dimiliki oleh iPhone? Dan apa saja hambatan yang dihadapi bila dibandingkan dengan ponsel Android? Berdasarkan informasi dari Statcounter GlobalStats, iPhone berhasil menempati posisi teratas dengan pangsa pasar terbesar pada tahun 2021. Akan tetapi, di Indonesia, iPhone berada di posisi kelima, tertinggal dari beberapa merek Android yang lebih dikenal, seperti Oppo, Samsung, Xiaomi, dan Vivo.

Keunggulan utama dari iPhone adalah perannya sebagai pelopor dalam teknologi ponsel pintar. Misalnya, desain layar notch dan konfigurasi kamera sering kali menjadi inspirasi bagi produsen Android. Namun, iPhone terkadang terlihat kesulitan untuk berinovasi, dengan teknologi yang dirilisnya sering kali terasa sedikit tertinggal dibandingkan dengan Android.

Kelebihan & Kekurangan iPhone Dibanding Android

Kelebihan

iPhone, sebagai merek yang sangat diminati di pasar global, tentunya memiliki berbagai keuntungan. Inilah beberapa keuntungan iPhone dibandingkan dengan ponsel Android:

1. Kualitas Pembuatan yang Unggul

Salah satu keuntungan terbesar dari iPhone adalah kualitas pembuatannya yang unggul. Setiap unit diproduksi dengan standar yang sangat tinggi, sehingga sangat jarang terjadi kerusakan pabrik. Tampilannya yang premium dan ikonik membuatnya mudah dikenali oleh banyak orang.

Lebih dari itu, kemasan produknya, termasuk aksesoris dan kotaknya, memberikan kesan mewah. Tidak mengherankan jika harga iPhone relatif tinggi, mengingat biaya besar yang diperlukan untuk mempertahankan standar kualitasnya. Selain itu, model baru dirilis setiap tahun untuk mempertahankan citra eksklusifnya.

2. Performa yang Lancar dan Cepat

Chipset Apple Bionic yang digunakan oleh iPhone memberikan performa yang sangat cepat. Performanya sebanding dengan chipset Android tercepat. Sebagai contoh, chipset Apple A15 Bionic yang ada di iPhone 13 Pro Max memiliki performa yang setara dengan Snapdragon 888 yang terdapat pada ponsel gaming Android tercepat, yaitu Red Magic 6.

Didukung oleh chipset yang kuat, iPhone juga memiliki sistem operasi iOS yang sangat lancar. Kombinasi antara chipset, RAM, perangkat keras, dan iOS menjamin performa yang lancar. Keunggulan performa iPhone telah terbukti dan dapat diandalkan selama bertahun-tahun dengan stabilitas yang konsisten.

3. iOS yang Selalu Terkini

Pembaruan sistem operasi yang berkelanjutan selama bertahun-tahun adalah salah satu keuntungan dari iPhone. Melalui pembaruan iOS ini, pengguna yang telah lama menggunakan iPhone masih dapat menikmati fitur terbaru dan peningkatan keamanan. Apple secara rutin merilis pembaruan yang juga tersedia untuk model iPhone terbaru maupun seri yang lebih lama.

iOS juga dikenal sebagai sistem operasi yang paling aman dan stabil. Sistem operasi ini eksklusif hanya untuk iPhone, membuatnya lebih unik. Apple secara berkala memperbaiki celah keamanan di iOS. Karena itu, iPhone sering menjadi pilihan bagi kalangan menengah ke atas yang memerlukan ponsel yang aman untuk keperluan bisnis.

Keunggulan iOS pada iPhone sangat berbeda dengan Android. Pembaruan sistem operasi Android menjadi tanggung jawab para produsen. Jika kamu membeli ponsel Android dari merek yang kurang rajin dalam memperbarui OS, kamu mungkin harus membeli ponsel baru untuk menikmati fitur terbaru dan peningkatan keamanan.

4. Tingkat Keamanan yang Tinggi

App Store milik iOS menyediakan jumlah aplikasi yang lebih terbatas dibandingkan dengan Play Store milik Android, dan ini adalah karena Apple memilih dengan sangat selektif aplikasi mana yang layak untuk diunduh dan diinstal pada perangkatnya. Ini menonjol sebagai salah satu keunggulan iPhone, terutama dalam hal keamanan.

Pemasangan aplikasi pada iPhone hanya dapat dilakukan melalui App Store. Jika ingin menginstal aplikasi dari luar App Store, kamu harus menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Sebaliknya, Android menyediakan kemudahan untuk menginstal aplikasi dari luar Play Store tanpa perlu aplikasi tambahan.

Sistem unduhan eksklusif dari App Store ini didukung oleh pengawasan ketat yang berkelanjutan, yang bertujuan untuk mencegah masuknya virus atau malware. Di sisi lain, pengguna Android lebih terpapar risiko virus dan malware karena kemudahan menginstal aplikasi dari sumber eksternal.

5. Kualitas Kamera Superior

iPhone menonjol dengan kamera yang memiliki kualitas luar biasa. Setiap kali seri iPhone terbaru diluncurkan, kualitas foto dan video selalu menjadi fokus utama. Apple tidak hanya mengandalkan perangkat keras yang canggih tetapi juga menambahkan fitur inovatif pada kamera iPhone.

Walaupun tidak bergantung pada resolusi yang tinggi, kamera iPhone mampu menghasilkan kualitas yang setara dengan ponsel Android yang memiliki resolusi lebih tinggi. Hasil foto dan video sangat ideal untuk dibagikan di media sosial, dengan kualitas gambar yang tajam dan performa yang baik dalam kondisi cahaya rendah. Stabilitas kamera saat merekam video juga sangat baik, memberikan hasil yang serupa dengan kamera profesional.

6. Nilai Jual Kembali yang Tinggi

iPhone bekas yang masih dalam kondisi prima dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan ponsel Android bekas. Kualitas yang terjaga dengan baik dapat meningkatkan nilai jual kembali iPhone. Pembeli sering kali bersedia membayar lebih karena mereka percaya bahwa performa iPhone akan tetap handal meskipun sudah merupakan barang bekas.

Hal ini disebabkan oleh dukungan pembaruan iOS yang berkelanjutan, yang memungkinkan pemilik iPhone bekas untuk tetap menikmati fitur terbaru. Keamanan perangkat juga tetap terjaga dengan baik, karena Apple secara konsisten memperbaiki celah keamanan atau bug yang ditemukan pada versi iOS sebelumnya.

Kekurangan iPhone Dibanding Ponsel Android

Meskipun iPhone memiliki banyak kelebihan, tidak dapat dipungkiri bahwa ia juga memiliki beberapa keterbatasan jika dibandingkan dengan ponsel Android:

1. Biaya yang Tinggi

iPhone memang dirancang untuk segmen pasar tertentu, yaitu kelas menengah atas. Sebagai ponsel kategori flagship, performa dan kualitas iPhone sejajar dengan ponsel Android premium. Namun, dengan spesifikasi serupa, kamu bisa mendapatkan ponsel Android dengan harga yang jauh lebih terjangkau, bahkan dua atau tiga kali lebih murah.

Kualitas tinggi produk ini menjadikannya salah satu ponsel termahal di pasaran. Misalnya, model iPhone dengan spesifikasi tertinggi seringkali dijual dengan harga lebih dari Rp 20 juta. Memiliki iPhone memberikan rasa prestise tersendiri bagi pemiliknya, meningkatkan kepercayaan diri penggunanya.

Harga yang tinggi juga merupakan strategi Apple untuk mempertahankan citra premium produknya. Hal ini membuat pengguna iPhone merasa bangga dan mempertahankan eksklusivitas produk karena tidak semua orang mampu memilikinya.

2. Antarmuka iOS yang Tidak Fleksibel

Kekurangan iPhone dibanding android selanjutnya adalah Antarmuka pengguna iOS yang tidak dapat dikustomisasi, yang membuatnya terkesan monoton. Pengguna iPhone tidak punya kebebasan untuk mengubah tampilan UI seperti yang biasa dilakukan pada smartphone Android. Sebagai contoh, kamu tidak bisa membuat Home Screen tanpa ikon aplikasi. Selain itu, pilihan widget terbatas dan tidak banyak tema tambahan yang tersedia untuk diunduh.

Bagi sebagian orang, terutama para penggemar iPhone, keterbatasan ini mungkin tidak menjadi masalah. Namun, bagi pengguna yang terbiasa dengan Android, antarmuka iPhone dapat terasa kurang menarik, terutama jika sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Kapasitas Baterai yang Terbatas

Salah satu keterbatasan yang tidak banyak berubah pada iPhone adalah kapasitas baterainya. Sebagai contoh, model terbaru, iPhone 13 Pro, memiliki kapasitas baterai 3095 mAh, yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan kapasitas baterai rata-rata ponsel Android sebesar 5000 mAh. Tidak ada peningkatan signifikan dalam kapasitasnya.

Untuk perbandingan, iPhone 11 Pro memiliki kapasitas baterai 3046 mAh, yang hampir tidak berbeda dengan seri sebelumnya. Fitur Fast Charging iPhone juga terbatas pada 23W. Sementara itu, banyak ponsel Android yang sudah dilengkapi dengan fitur Fast Charging hingga 67W.

4. Desain dan Spesifikasi yang Kurang Berinovasi

Sejak iPhone 11, desain dan spesifikasi iPhone cenderung stagnan. Jika kita melihat spesifikasi iPhone 13 atau dua seri terbaru setelah iPhone 11, perbedaan yang paling mencolok hanya terletak pada chipset dan ukuran notch. Sementara itu, resolusi kamera, kapasitas baterai, ukuran layar, dan resolusi layar tidak banyak berubah.

Desain notch kecil pada iPhone 13 sudah ditinggalkan oleh ponsel Android sejak tahun 2018. Ini menunjukkan bahwa desain depan iPhone keluaran 2021 sudah tertinggal jauh dari ponsel Android. Tampilan bagian belakangnya juga tidak mengalami banyak perubahan sejak dirilisnya iPhone 11 beberapa tahun lalu.

Jenis port USB yang digunakan oleh iPhone masih menggunakan USB Lightning, sementara iPad keluaran 2021 sudah beralih ke USB Type C. Di sisi lain, banyak ponsel Android dengan harga mulai dari satu jutaan hingga belasan juta sudah menggunakan USB Type C. Ini merupakan salah satu keterbatasan terbesar iPhone.

Itulah beberapa kelebihan dan juga kekurangan iPhone dibanding Android. Meskipun kelebihan iPhone lebih banyak daripada keterbatasannya, namun keterbatasan tersebut cukup signifikan. Desain dan spesifikasi yang kurang variatif membuat sejumlah pengguna iPhone berpikir dua kali untuk beralih ke model terbaru.