Tips Cara Mengatur Keuangan Generasi Milenial Biar Nggak Boncos

Cara Mengatur Keuangan Generasi Milenial – Salah satu pondasi paling penting dalam menjalani kehidupan adalah mengelola keuangan untuk tabungan masa depan. Namun sayangnya tidak semua orang yang bisa menabung dan mampu mengelola keuangan dengan baik, terlebih para generasi milenial yang cenderung lebih suka menikmati hidup dengan jalan jalan, belanja online dan nongkrong yang tentunya akan membuat kondisi keuangan cepat habis.

Dengan kebiasaan seperti itulah, tak heran jika hampir kebanyakan generasi milenial yang sudah bertahun tahun kerja tapi tak memiliki seperpun uang yang terkumpul untuk tabungan masa depan. Tak bisa dipungkiri jika kebiasaan menabung itu jelas tidak mudah dilakukan, dimana kita harus memiliki tekad yang bulat dan pengelolaan keuangaan yang baik agar bisa menyisihkan pendapatan kita agar lebih maksimal.

Baca juga : Begini Cara Mudah Mengganti Background Untuk Zoom Meeting di Laptop

Nah bagi kamu yang sampai saat ini masih kesulitan dalam mengatur keuangan, berikut ini merupakan tips cara mengatur keuangan generasi milenial biar nggak boncos lagi tiap bulannya :

1. Buka rekening khusus tabungan

Cara mengatur keuangan generasi milenial yang pertama adalah dengan memiliki rekening khusus tabungan. Saat ini sudah banyak produk perbankan yang dapat memudahkan kamu untuk menabung sebagian penghasilanmu. Dimana kamu bisa memilih salah satu diantara banyaknya perbankan yang menyediakan fasilitas tabungan yang pastinya akan dapat memeberikan manfaat dikemudia hari sesuai dengan kebutuhan kamu. Disarankan untuk menghindari menabung di rekening yang sama dengan rekening penghasilmu ya, hal ini tentunya agar kamu bisa mengontrol pengeluaran kamu agar tidak kacau.

2. Sisihkan 10% penghasilan

Cara mengatur keuangan generasi milenial selanjutnya dengan menyisihkan 10% penghasilan yang kamu dapatkan. Meskipun jumlahnya terbilang sedikit, namun jika kamu rutin menyisihkan 10% dari total penghasilmu maka nantinya kamu bisa menikmati hasil tabungan kamu dimasa depan.

3. Buat list pengeluaran

Selanjutnya kamu bisa membuat list pengeluaran kamu. Dengan selalu mencatat setiappengeluaran yang telah kamu keluarkan, ini akan membantu kamu untuk bisa mengatur keuangan kamu setiap bulannya. Jangan lupa juga untuk selalu merincikan pengeluaran kamu sedetail mungkin, hal ini agar kamu bisa tahu kemana saja larinya uang penghasilan kamu setiap bulannya.

4. Memiliki Tujuan dan Rencana Keuangan yang Jelas

Hal yang paling penting dalam menjalani hidup salah satunya adalah memiliki tujuan dan rencana keuangan yang jelas. Dengan kamu memiliki tujuan dan rencana keuangan yang jelas maka akan membuat kamu lebih mudah dalam menentukan rencana finansial seperti yang ingin dilakukan.

Baca Juga : Terbukti Membayar, Inilah Aplikasi Nonton Video Menghasilkan Uang 2021

Kamu bisa mulai membagi porposi keuangan dengan metode 50:30:20 dari pemasukan yang dimiliki setiap bulannya. 50 persen untuk biaya hidup sehari-hari dalam satu bulan, 30 persen untuk tabungan, investasi dan kebutuhan finansial lainnya, dan 20 persen untuk kebutuhan konsumtif.

5. Cari penghasilan tambahan

Cara mengatur keuangan generasi milenial selanjutnya yakni dengan mencari penghasilan tambahan. Dizaman teknologi yang semakin canggih ini kita bisa dengan mudah mencari penghasilan tambahan, selain itu kamu juga bisa mencoba berdagang secara online atau menjadi reseller hingga freelance, yang terpenting jangan sampai mengganggu pekerjaan utama yang kamu miliki.

6. Kurangi penggunaan kartu kredit

Cara mengatur keuangan generasi milenial selanjutnya kurangi penggunaan kartu kredit. Hal ini sangat disarankan karena dengan kamu terbiasa menggunakan kartu kredit maka kamu akan memiliki perilaku yang konsumtif dan terbiasa berhutang.

7. Mulai berani berinvestasi

Cara mengatur keuangan generasi milenial yang terakhir adalah kamu bisa mulai berani berinvestasi. Dengan berinvestasi kamu akan mendapatkan beragam manfaat dan keuntunga yang bisa kamu dapatkan dikemudian hari. Pilihan jenis investasi pun sekarang sudah semakin beragam, seperti deposito, reksadana, obligasi, saham, emas hingga properti. Silahkan pilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Itu tadi ulasan singkat tentang cara mengatur keuangan generasi milenial yang bisa kamu lakukan. Meskipun sulit memulai dan terasa berat di awal, percayalah, nantinya hasil yang kamu dapat akan sangat menguntungkan di kemudian hari. Yang terpenting adalah niat, konsistensi dan disiplin. Selamat Mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *