Cara Membuat Iklan Yang Menarik Di Istagram

Cara Membuat Iklan Yang Menarik Di Istagram – Sejak tahun 2015 yang lalu, aplikasi istagram pertama kali meluncurkan fitur iklan, dimana marketer ini dapat menjangkau target audiens dari 982 juta pengguna istagram. Dengan fitur iklan yang ada di aplikasi istagram ini membuat para pelaku bisnis dapat dengan mudah untuk mempromosikan bisnis nya. Lalu bagaimana cara membuat iklan yang menarik di Istagram ? Iklan istagram sendiri merupaan postingan feeds atau story yang berbayar dari sebua akun bisnis untuk dipromosikan ke timeline pengguna, biasanya ini ditandai dengan label Sponsored dan tombol CTA (Call to Action). Sebelum mengetahui cara membuat iklan di Instagram, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu jenis iklan yang bisa disesuaikan dengan goals iklan, diantaranya stories, foto, video, carousel, collection, explore, IGTV dan Instagram shopping. Iklanstories sendiri merupakan postingan stories CTA swipe up di bawah.

Dimana kamu juga bisa memanfaatkan fitur stories seperti filter wajah, efek video dan teks untuk membuat promosi lebih menyenangkan dan kreatif. Iklan foto dengan visual yang baik bisa membantu brand menampilkan produk dan layanan yang ditawarkan. Jangan lupa untuk memperhatikan CTA yang akan mendukung goals beriklan, apakah ingin mengarahkan ke website atau profile? Atau ingin mendorong pengguna melakukan pembelian?Iklan video Instagram berdurasi sampai satu menit, sehingga kamu bisa memberikan gambaran lebih dekat tentang brand ke pengguna. Cara membuat iklan yang menarik di istagram umumnya ada dua cara yakni dengan langsung mempromosikan di aplikasi dan menggunakan Facebook Ads Manager.

Cara Membuat Iklan Yang Menarik Di Istagram

Cara Membuat Iklan Yang Menarik Di Instagram Menggunakan Facebook Ads Manager

Mungkin kalian akan bertanya kok bisa buat iklan di istagram memakai facebook ads manager ? hal ini karena fitur iklan untuk facebook dan istagram saling terintegrasi. Dalam membuat iklan menggunakan facebook ads manager kamu wajib membuat fanspage facebook dan menghubungkannya akun istagram dan facebook ads manager. Dan berikut ini langkah langkah cara membuat iklan yang menarik di istagram :

  • Pilih Tujuan Beriklan

Langkah pertama dalam membuat iklan yang menarik di istagram adalah dengan pilih tujuan beriklan. caranya buka Ads Manager dan klik +Create. Ada dua pilihan yaitu Guided Creation dan Quick Creation. Bagi pemula, Guided Creation adalah pilihan yang tepat. Kamu akan dipandu dengan langkah-langkah untuk membuat campaign iklan. Sedangkan Quick Creation, cocok untuk kamu yang sudah pernah membuat iklan Facebook. Untuk menggunakan ini, klik Switch to Quick Creation. Sekarang, kita gunakan Guided Creation. Selanjutnya kamu memilih tujuan beriklan yang ada di Facebook Ads Manager, diantaranya:

  1. Brand Awareness: Meningkatkan kesadaran terhadap bisnis atau produkmu diantara pengguna Instagram yang belum pernah mendengar tentang bisnismu.
  2. Reach: Menampilkan iklan pada sebanyak mungkin pengguna.
  3. Traffic: Agar pengguna Instagram mengklik ke website, aplikasi atau URL bisnismu.
  4. App installs: Mendorong pengguna Instagram mendownload aplikasi bisnismu.
  5. Engagement: Meningkatkan jumlah komentar, likes, share, event response dan claim offer.
  6. Video views: Menayangkan video iklan ke para pengguna.
  7. Lead generation: Mengumpulkan data dari pengguna yang mengklik iklan.
  8. Messages: Mendorong pengguna mengirim pesan ke akun bisnismu.
  9. Conversions: Mendorong penjualan dan konversi pendaftaran di website atau aplikasimu.
  10. Catalog sales: Mempromosikan produk dari katalog toko onlinemu.
  11. Store traffic: Mengarahkan pengguna ke lokasi toko offlinemu.

Setelah memilih tujuan iklan, selanjutnya kamu akan diminta memberi nama campaign. Kamu bisa memilih nama yang lebih spesifik selain “brand awareness” agar lebih mudah melacak campaign.

  • Menargetkan Audiens

Cara membuat iklan yang menarik di istagram selanjutnya yakni dengan menargetkan audiens. Kamu bisa memulai menargetkan siapa yang akan melihat iklanmu. Target audiens ini meliputi lokasi, usia, jenis kelamin dan minat.

  • Pilih Penempatan Iklan

Di bagian penempatan, kamu bisa memilih dimana iklanmu akan muncul di Facebook dan Instagram. Ada dua pilihan:

  1. Automatic Placements: Iklan akan tampil di manapun tempat yang dianggap iklan akan berjalan dengan baik.
  2. Manual Placements: Iklan akan hanya muncul di story atau feeds.
  • Pilih Biaya Dan Jadwal Iklan

Besaran biaya iklan Instagram dipengaruhi oleh banyak faktor seperti penargetan, penempatan iklan, format iklan dan lama beriklan. Kontrol biaya iklan Instagram dengan menetapkan batas pengeluaran, anggaran harian dan strategi penawaran (bidding). Semakin banyak biaya yang dikeluarkan, akan semakin banyak audiens yang akan menjangkau iklan yang anda buat. Kamu bisa memilih anggaran harian, anggaran harian maksimum atau anggaran seumur hidup. Kamu juga bisa memilih iklan berjalan secara terus menerus atau hanya pada waktu tertentu. Facebook Ads Manager memiliki opsi pengoptimalan dan bid strategi yang dapat disesuaikan dengan tujuan campaign. Saat kamu memilih ini, Estimated Daily Reach di kolom sebelah kanan akan memberi info berapa banyak orang yang akan menjangkau iklanmu.

  • Buat Iklan

Selanjutnya kamu bisa mulai memilih jenis iklan. Setelah di awal tadi sudah menentukan tujuan beriklan, pada tahap ini kamu bisa menentukan jenis konten yang menarik dan bisa mendapatkan respon terbaik dari pengguna. Setelah memilih gambar atau video, buat copy iklan, pilih opsi pembayaran, review iklan dan klik konfirmasi. Kamu juga bisa memilih CTA dan URL tujuan yang akan dibuka orang ketika pengguna mengklik iklanmu. Pada bagian Tracking, kamu bisa melacak konversi melalui Facebook Pixel di websitemu. Ini akan memberi info bagaimana audiensmu berinteraksi dengan bisnismu setelah mengklik iklan.

Cara membuat iklan yang menarik di istagram yang terakhir yakni klik Confirm dan iklanmu sudah siap tayang.