Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root – Pada setiap perangkat android pastinya akan ada beberapa aplikasi yang sudah menjadi bawaan android. Kita ketahui jika rata rata aplikasi bawaan ( bloatware ) ini hampir kurang berguna dan bisa membuat kinerja ponsel android lambat dan juga dapat menghabiskan banyak memori. Ketika ingin menghapus aplikasi bawaan ini kita akan mengalami kesusahan dikarenakan aplikasi bawaan bisa dihapus ketika perangkat android yang anda miliki sudah di rooting. Nah pada artikel kali ini, akusatu.com akan memberikan tips langkah mudah cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root. Penasaran ? Yuk simak ulasannya dibawah ini !

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

  • Menggunakan Pengaturan Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root yang pertama adalah dengan menggunakan pengaturan android. Dalam hal ini, kalian mungkin tidak akan bisa sepenuhnya menghapus semua aplikasi bawaan dari ponsel. Namun, kamu bisa menghentikannya secara permanen.

  1. Pertama-tama, masuk ke pengaturan
  2. Sekarang Kalian klik menu “Aplikasi”
  3. Kemudian klik Manajer Aplikasi
  4. Lalu Klik Aplikasi atau game yang ingin Kalian copot dan jika tidak ada opsi “Copot Pemasangan”. Jadi, di sini Kalian klik “Paksa Berhenti” lalu klik “Nonaktifkan”.
  • Menggunakan ADB

ADB (Android Debug Bridge) adalah alat serbaguna yang memungkinkan pengguna untuk mengelola status instance emulator atau perangkat yang diberdayakan Android. Berikut ini cara menggunakan Perintah ADB untuk menghapus aplikasi dari Android tanpa root.

  1. Pertama-tama, unduh & instal Apps Inspector di perangkat Android Kalian.
  2. Install Android Debug Bridge di komputer Kalian. Berikut caranya :
  3. Buka aplikasi App inspector di Android Kalian dan klik ‘Daftar Aplikasi’
  4. Klik aplikasi yang ingin Kalian hapus lalu catat jalur aplikasi.
  5. Hubungkan Android Anda ke komputer dan pilih mode ‘Transfer File’.
  6. Sekarang buka Command Prompt dan masukkan perintah berikut:
  7. Setelah selesai, ketik “adb shelluntuk” masuk ke mode shell.
  8. Untuk menghapus aplikasi, masukkan perintah berikut
    “pm uninstall -k –user 0 <name of package>”(Tuliskan tanpa Tanda Petik)
  • Menggunakan Debloater

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root selanjutnya menggunakan debloater. cara ini sangat sederhana namun memang agak rumit, dimana kamu diharuskan untuk menggunakan PC atau laptop yang bisa memungkinkan kamu untuk melakukan pengeditan atau penghapusan aplikasi bawaan sistem android. Dan berikut langkah langkahnya, kita ambil contoh dengan menggunakan smartphone xiaomi :

  1. Pertama-tama, Kalian harus mengaktifkan opsi pengembang yang dapat Kalian aktifkan dengan menuju ke Pengaturan -> Tentang Telepon -> Build Nomor (Ketuk nomor build 7-10 kali dan opsi pengembang Anda akan diaktifkan). Kalau Ponsel Android Kalian Xiaomi Klik “Versi Miui” sebanyak 7 kali.
  2. Nantinya kamu akan melihat opsi pengembang di pengaturan dan klik di atasnya dan gulir ke bawah dan aktifkan USB Debugging.
  3. Selanjutnya kamu wajib mengunduh dan menginstal alat Debloater di PC Kalian yang memungkinkan untuk menghapus aplikasi sistem dari perangkat Kalian. Setelah itu hubungkan perangkat Android Kalian dengan kabel USB ke PC dan tunggu alat untuk mendeteksi perangkat. Setelah ditemukan, alat debloater akan meminta dengan pesan Peringatan. Seperti contoh di bawah,
  4. Sekarang klik “Read Phone Packages ” yang terletak di sudut kiri atas itu akan mulai membaca semua aplikasi di perangkat ponsel Kalian.
  5. Kemudian Kalian akan terdaftar dengan banyak aplikasi yang dideteksi sebagai diblocked dan tidak diblocked,
    Sekarang tandai aplikasi yang ingin Kalian hapus dari perangkat ponsel Android Kalian dan kemudian Kalian hanya perlu mengklik tombol “terapkan” , dan ini akan memblocked semua aplikasi tersebut dari perangkat Android Kalian.

Kamu juga bisa membatalkan atau ingin aplikasi tersebut kembali seperti semula yakni dengan cara membatalkan pilihannya. Sekarang semua aplikasi itu akan dihapus dari perangkat Kalian, dan penyimpanan ponsel Atau Rom Kalian akan lebih luas lagi,

Semoga ulasan diatas tentang cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root bisa membantu anda yang sedang mengalami kesusahan dalam menghapus aplikasi bawaan android. Kalian dapat menghapus sistem dari perangkat Kalian tanpa rooting sehingga garansi ponsel anda pun akan tetap aman.