Tips Mengatasi Laptop Hibernating
Tips Mengatasi Laptop Hibernating

Tips Mengatasi Laptop Hibernating

Tips mengatasi laptop hibernating – Di artikel akusatu.com kali ini akan menjelaskan tentang, penyebab dan tips mengatasi laptop hibernating. Sebelum kami menjelaskan tentang tips mengatasi laptop hibernating, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang penyebab laptop mengalami hibernating.

Penyebab Laptop Mengalami Hibernating

Penyebab laptop mengalami hibernating ini terjadi karena hal-hal spele yang sering diabaikan. Berikut ini penjelasan tentang penyeba laptop mengalami hibernating :

  • Baterai Laptop Sudah Mau Habis

Baterai laptop sudah mau habis/sudah mencapai 10% tapi tidak dichas, biasanya Windows akan memunculkan peringatan. Tapi kalau anda mengabaikan peringatan itu, hingga sisa kapasitas baterai tinggal 5%, maka nantinya Windows akan memunculkan peringatan lagi dengan status “kritis”. Dan jika peringatan tersebut masih saja anda abaikan, maka daya baterai akan terus berkurang hingga OS Windows pada laptop anda mematikan laptop secara hibernating.

  • Laptop Sedang Overheating

Laptop sedang overheating juga merupakan salah satu penyebab laptop mengalami hibernating. Jika laptop anda mengalami overheating, maka prosesor akan segera mematikan sistem laptop secara otomatis, agar tidak terjadi kerusakan pada komponen-komponen di dalam laptop. Jika laptop anda masih panas tapi tetap menghidupkannya lagi, maka tak perlu waktu lama laptop anda akan mati kembali.

  • CPU Atau RAM Usage Sudah Mencapai 100%

CPU atau RAM usage sudah mencapai 100%, namun laptop anda tidak memberikan tanda-tanda mengalami panas berlebih. Biasanya, hal tersebut terjadi karena prosesornya telah mendeteksi pemakaian resource yang tidak wajar. Maka untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, prosesor menggerakkan sistem untuk mematikan laptop menggunakan mode hibernating.

  • Driver Error 

Driver error karena tidak terinstall dengan baik, sehingga mengakibatkan laptop mengalami hibernating dan tidak bisa dinyalakan kembali. Maka untuk mengatasinya anda tinggal coba masuk ke safe mode, lalu instal ulang driver display.

  • Bug Dari OS Windows

Bug dari OS Windows yang anda gunakan, akan mengakibatkan laptop mengaami hibernating. Maka untuk mengatasinya anda tinggal melakukan update pada sistem operasi.

Tips Mengatasi Laptop Hibernating

Tips mengatasi laptop hibernating dengan mamatikan laptop secara paksa, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan anda tekan dan tahan selama 15-20 detik tombol power, agar laptop anda mati dengan sempurna
  2. Kemudian cabutlah charger laptop yang terhubung ke sumber listrik, dan cabut juga baterai laptop anda
  3. Setelah beberapa saat kemudian, silahkan anda pasang kembali baterai laptop. Lalu, coba hidupkan kembali laptop anda.

Setelah laptop anda sudah bisa dinyalakan dengan normal, maka anda harus mengubah pengaturan untuk menonaktifkan hibernating dari Windows, supaya masalah ini tidak terjadi lagi. Tapi perlu anda ketahui kalu hibernating di nonaktifkan, maka nantinya baterai laptop anda tidak hemat energi. Karena saat laptop anda tidak dipakai, laptop akan tetap menyala seperti biasa. Jika anda tetap berkeinginan untuk mematikan pengaturan hibernating, maka anda tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini :

Cara Menonaktifkan Hibernating

Cara menonaktifkan hibernating pada laptop ber-OS Windows sebagai berikut :

  1. Silahkan anda klik ikon baterai di sisi kanan bawah desktop, atau terdapat di taskbar Windows anda
  2. Kemudian kliklah “More Power Options” > “Balanced” > “Change plan settings”
  3. Setelah itu, anda tinggal pilih “Change advanced power and settings”
  4. Maka akan muncul jendela berisi pengaturan lanjutan dari power settings. Pada opsi “Sleep”, pilihlah “Never”
  5. Kemudian anda tinggal klik OK untuk menyimpan pengaturan

Sekian penjelasan dari artikel akusatu.com tentang tips mengatasi laptop hibernating, semoga bisa membantu ya! Terimakasih.