Tips Mudah Mengetahui Jenis RAM Pada Laptop

Tips mudah mengetahui jenis RAM pada laptop – akusatu.com kali ini akan menjelaskan sedikit tentang jenis RAM pada laptop, yang bisa di coba. Mungkin anda juga bertnya tentang apasi RAM itu ? RAM (Random Access Memory) adalah suatu hardware yang ada pada perangkat gadget. Contohnya saja laptop, komputer, dan juga smartphone. RAM sendiri memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara yang bekerja selama, perangkat dalam keadaan hidup atau beroperasi. RAM mempercepat pemrosesan data pada perangkat, sehingga program yang berjalan berjalan dengan lancar. RAM juga merupakan salah satu komponen penting dan sangat mempengaruhi kinerja gadget saat digunakan.

Semakin banyak RAM yang dimiliki perangkat, semakin cepat perangkat akan memproses program. Dengan kata lain, semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin kecil risiko Anda menjalankan perangkat yang lambat. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tips mudah mengetahui jenis RAM laptop. Kapasitas RAM penting saat membeli laptop. Penjual biasanya memberikan informasi lengkap mengenai spesifikasi perangkat yang dijual, seperti jenis dan besaran kapasitas RAM.

Selain itu, Anda bisa melihat sendiri jenis RAM apa yang digunakan pada perangkat laptop Anda. Ada beberapa tips mudah mengetahui  jenis RAM pada laptop. Tips mudah mengetahui jenis RAM pada laptop bisa dengan Task Manager, CPUZ, dan bahkan command prompt.

Tips Mudah Mengetahui Jenis RAM Pada Laptop

  • Tips Mudah Mengetahui Jenis RAM Pada Laptop dengan Task Manager

Tips mudah mengetahui jenis RAM laptop dengan task manager berikut ini bisa langsung anda coba. Tapi sebelumnya perlu anda ketahui bahwa terdapat 2 jenis RAM yang dipakai oleh perangkat laptop ataupun komputer, yakni Single Sate Rate(SDR) dan juga Double Data Rate(DDR). Namun saat ini perangkat komputer keluaran terbaru menggunakan jenis RAM DDR, bahkan versi terbaru seperti DDR3 dan DDR4.

  1. Langah pertama tekan tombol Ctrl+Alt+Del pada keyboard
  2. Kemudian akan muncul kotak jendela task manager, dan anda tinggal klik menu performance di bagian atas
  3. Kemudian anda pilih opsi memori ada di sebelah kiri
  4. Setelah itu akan muncul info tentang jenis RAM yang ada di laptop
  5. Coba perhatikan bagian speed, apabila speed tertulis angka di atas 2133 Mhz, itu berarti jenis RAM pada laptop anda ber-tipe DDR4.

Namun apabila tertulis dibawah angka 2133 Mhz, itu berarti RAM pada laptop anda ber-tipe DDR3 atau DDR3L.

  • Tips Mudah Mengetahui Jenis RAM Laptop Dengan CPU-Z

Tips mudah mengetahui jenis RAM laptop dengan CPU-Z ini bahkan lebih muda daripada menggunakan task manager. CPU-Z adalah sebuah pelaksanaan yg sanggup menaruh warta jenis RAM yg masih ada pada laptop. Dengan begitu, Anda perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu buat mengetahui jenis RAM dalam laptop yg dipakai.

  1. Langkah pertama unduh lah aplikasi CPU-Z, kemudian setelah selesai mengunduh lakukanlah pemasangan/instalasi
  2. Nah setelah itu tunggu beberapa menit sampai proses penginstalan selesai
  3. Setelah itu anda coba buka aplikasinya, dan pilih menu memory
  4. Kemudian akan muuncu kotak informasi
  5. Lalu coba perhatikan bagian General, kmudian lihatlah kolom Tipe. Nah di situlah anda bisa lihat secara langsung, jenis RAM apa yang ada pada laptop anda.
  • Tips Mudah Mengetahui Jenis RAM Laptop Dengan Command Prompt

Tips mudah mengetahui jenis RAM laptop dengan Command Prompt. Tips ini memerlukan ketelitian di karenakan  anda harus mengisi/ mengetik kode tertentu. Dengan begitu, selalu perhatikan format penulisan kode supaya langkah yg dilakukan berhasil.

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah buka menu Windows
  2. Lalu ktik CMD pada kolom pencarian
  3. Setelah itu tekan enter
  4. Dan akan muncul kotak jendela hitam yang berisi tentang informasi dan kode
  5. Salin dan tempel kode berikut ke baris terakhir, yang biasanya berisi lokasi drive dan merek laptop
  6. Kemudian tekan tobol enter
  7. Setelah itu Anda akan melihat informasi tentang besaran kecepatan RAM. Seperti sebelumnya, jika Anda melihat angka di atas 2133

MHz di bagian Kecepatan, Anda dapat mengonfirmasi bahwa jenis RAM laptop Anda adalah DDR4. Jika di bawah angka tersebut, maka tipe RAM laptop tersebut adalah DDR3 atau DDR3L. Demikianlah penjelasan tentang tips mudah mengetahui jenis RAM pada laptop dari akusatu.com, semoga menambah pengalaman anda dan semoga bermanfaat!