Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi akan kami jelaskan di akusatu kali ini, tapi sebelum itu kami akan menjelaskan apa penyebabnya. Penyebab keyboard tidak berfungsi ialah karena adanya gangguan yang ada pada hardware. Ada beberapa hal yang sering mengganggu respon keyboard, contohnya saja seperti adanya debu atau kotoran-kotoran, kontak dengan cairan-cairan, penekan salah satu tombol yang terlalu sering, atau mungkin karena gangguan driver keyboard.

Penyebab keyboard laptop mencet sendiri ini juga sering terjadi pada laptop, bisa jadi karena driver, sistem oprasi, atau mungkin karena ada tombol yang tersangkut/tertekan. Bisa jadi karena kerusakan komponen, ini terjadi karena anda terlalu sering menekan tombol keyboardnya dengan keras saat sedang menggunakan laptop. Jadi saran dari kami sebelum itu terjadi anda harus lebihhati-hati lagi ya! berikut ini kami akan menjelaskan cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara yang pertama coba cek fungsi num lock-nya, karena biasanya kalau num lock diaktifkan beberapa keyboard tidak berfungsi.

  1. Caranya coba tekan tombol Fn dan Num Lock secara bersamaan. Tapi biasanya masalah terjadi pada laptop-laptop tertentu saja.
  2. Cara yang ke 2 coba restart laptop anda, matikan kmudian hidupkan kembali laptop anda, dan kalau sudah direstar tapi teiap gak bisa, anda coba matikan latop secara paksa dengan cara menekan lama pada tombol power.
  3. Cara yang ke 3 coba jalankan System Restore dengan cara membuka Start menu, kemmudian klik recovery, kemudian pilih Configure System Restore
  4. Cara yang ke 4 coba lakukan perbaikan pada driver keyboard karena biasanya drivernya error, coba anda lihat di area keyboard di Device Manager. Jika Anda melihat segitiga kuning, itu berarti ada masalah dengan driver keyboard. Untuk itu anda harus unduh dan instal driver baru dari situs web merek laptop resmi.
  5. Cara yang ke 5 coba ubah layout keybord laptop anda karena layout yang digunakan mungkin tidak cocok
  6. Cara yang ke 6 coba bersihkan laptop dari debu dan remah remah makanan Penyebabnya bisa jadi karena debu atau remah makanan yang masuk ke sela-sela bagian keyboard.
  7. Cara yang ke 7 coba perbaiki konektor yang mungkin tak terpasang sempurna atau renggang.
  8. Cara yang ke 8 coba lepas-pasang batrai Untuk melakukannya, matikan dan lepas baterai serta adaptor laptop. Lalu, tunggu sebentar. Dalam keadaan  baterai terlepas, tekan tombol power selama satu menit, lalu masukkan kembali baterainya dan nyalakan laptop.
  9. Cara yang ke 9 coba ganti keyboard bawaannya
  10. Cara yang ke 10 coba gunakan keyboard on-screen Untuk sementara waktu
  11. Cara yang ke 11 coba pasang keyboard eksternal baik yang wireless atau USB.
  12. Periksa pengaturan keyboard laptop Anda. Masalah keyboard laptop dapat bervariasi. B. Jika Anda memasukkan saja dan tidak sesuai dengan jumlah karakter yang ditekan dengan tombol keyboard. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda dapat  mengatasinya dengan memeriksa pengaturan keyboard Anda. Untuk melakukan ini, buka menu Start dan pilih Control Panel. Kemudian pilih opsi Aksesibilitas dan kemudian opsi Kemudahan Penggunaan Keyboard. Kemudian pilih kunci filter pengaturan dan klik Nonaktifkan Semua. Setelah melakukan langkah, periksa apakah masalah keyboard laptop telah teratasi atau masih ada.
  13. Karena mungkin semua cara diatas sudah di coba tapi tetap tidak bisa, maka cara terakhir adalah bawa ketempat service laptop.

Itulah tadi beberapa cara untuk memperbaki keyboard laptop yang tidak berfungsi dari akusatu.com, semoga bisa membantu ya! Jika cara di atas sudah Anda lakukan, namun tidak bisa menuntaskan masalah Anda, maka Anda perlu mengganti keyboard laptop Anda dengan keyboard wirelles, cek harganya di sini.