Cara Mengatasi Laptop Yang Tiba-tiba Hang
Laptop Hang tiba-tiba

Cara Mengatasi Laptop Yang Tiba-tiba Hang

Cara mengatasi laptop yang tiba-tiba hang ini sering di cari orang-orang. Tapi mungkin ada juga yang bertanya-tanya tentang cara gampang mengatasi krusor laptop yang tidak bergerak di Windows. Cara gampang mengatasi krusor laptop yang tidak bergerak di Windows juga akan kami jelaskan di artikel akusatu.com. Penyebab laptop yang tiba-tiba hang, bisa jadi karena RAM pada laptop anda benar-benar sudah penuh, atau mungkin hardisk-nya yang bermasalah. Penyebab lainnya bisa jadi karena terlalu banyak program, karena ada virusnya, atau mungkin karena ada corrupt di system files. Untuk itu kami akan menjelaskan cara gampang mengatasi laptop hang.

Cara Gampang Mengatasi Laptop Hang

  • Cara yang pertama coba hapus BIOS Cache, cara ini bisa dibilang cara yang paling efektif :

  1. Segera Restart ulang laptop anda, atau lakukan Force Shutdown dengan cara menekan lama pada tombol power
  2. Kemudian nnyalakan kembali laptop anda dan masuk ke BIOS. Untuk masuk ke BIOS ini caranya, gunakan F12, F11, F8, F2, atau dengan tekan tombol lain sesuai dengan laptop yang anda gunakan
  3. Kalau sudah berhasil masuk, coba pilih menu Advanced BIOS Features
  4. Coba anda cari yang ada sankut pautnya dengan BIOS Chache lalu disable
  5. Setelah itu simpan kemudian klik Enter dan coba nyalakan lagi laptop anda.

Hang pada laptop juga ada yang bentuk not responding, hang ini bisa di bilang masih dalam tahap ringan. 

Cara gampang mengatasi laptop hang Windows 10 ketika terjadi not responding adalah;

  1. Langkah pertama, coba tekan tombol Shift+CTRL+Esc atau CTRL+Alt+Del secara bersamaan ya!
  2. Lalu setelah anda masuk ke Task Manager, silahkan tekan End Task pada program yang not responding
  3. Jika anda sudah melakukan langkah-langkah tersebut biasanya laptop akan berjalan dengan normal lagi.
  • Coba Cek Starting Windows

Ngehang laptop ini tidak hanya terjadi pada saat anda sudah berada di Windows saja. Tetapi ngehang juga terjadi saat anda akan masuk Windows atau ketika proses booting.

Untuk masalah itu anda bisa coba cara berikut ini:

  1. Masalah pertama yang Anda lihat mungkin karena file yang hilang dari sistem Anda, atau virus dan korupsi. Cara memperbaiki masalah dengan memindai registri dengan CCleaner atau dengan program antivirus
  2. Jika masalah yang sama berlanjut, RAM mungkin kotor. Segera bersihkan RAM dengan penghapus atau penyedot debu
  3. Jika masih hang, berarti motherboardnya bermasalah. Periksa motherboardnya. Jika rusak, berarti tidak bisa diperbaiki. Bahkan untuk mengatasi masalah tersebut, jalan satu-satunya adalah dengan mengganti motherboard yang harganya sama dengan harga laptop baru.
  • Coba Install Antivirus

Salah satu penyebab laptop hang adalah virus yang ada pada laptop. Virus dapat berasal dari flash drive atau diunduh dari sumber yang tidak dikenal dari internet. Saat virus menyebar, laptop biasanya lemot dan sering hang. Untuk melakukan ini, instal antivirus di laptop Anda dan jalankan pemindaian untuk menemukan keberadaan virus. Coba instal antivirus laptop menggunakan Kaspersky, Norton, Avira, MalwareBytes, McAfee, dan lainnya.

  • Coba Cek Fan Laptop

Kipas laptop yang bermasalah bisa menjadi salah satu penyebab laptop stuck dari sisi hardware. Akibatnya, perangkat keras tidak dapat menyerap panas berlebih dan kepanasan. Jika demikian, laptop pasti akan sering hang. Dalam kasus terburuk, laptop bisa mati total. Mengatasi Laptop Tumpukan Anda mungkin juga mengalami masalah hang selama permainan. Memperbaiki laptop saat bermain game
mirip dengan cara di atas. Anda dapat menyelesaikan tugas secara terprogram atau membersihkan laptop Anda dari file sampah.

Jikalau laptop anda masih ngehang, maka masalahnya ada disini :

  1. Pertama-tama, laptop Anda tidak cukup kuat untuk memainkan game ini. Solusi: Jangan main game atau update laptop kamu.
  2. Jika Anda merasa sangat panas, kipas laptop Anda mungkin mati. Solusinya adalah segera ganti kipas angin.
  3. Jika Anda merasa sangat panas, kipas laptop Anda mungkin mati. Solusinya adalah segera ganti kipas angin.
  4. Jika hard drive Anda baik-baik saja tetapi hang, Anda mungkin kehabisan pasta termal. Mohon segera diganti.
  5. Jika Thermal paste aman, kipas juga tidak bermasalah, maka masalahnya ada di RAM atau mungkin VGA yang sedang rusak. Untuk masalah itu solusinya, tentu saja mengganti komponen tersebut.

Cara Mengatasi Krusor Laptop Yang Tidak Bergerak Di Windows

  • Coba Cek Mouse Eksternal yang Digunakan

Jika anda biasa memakai mouse tambahan untuk menjalakan krusor, itu bisa jadi salah satu penyebabnya, coba anda gerakkan crusor lewat touchpad, kemudian lihat apakah crusornya bergerak atau tidak. Jika benar kalau mouse eksternalnya yang bermasalah, segera ganti mouse eksternalnya dengan yang baru.

  • Coba Perhatikan Tombol Fungsi

Terkadang krusor laptop yang tidak bergerak di windows terjadi karena anda tidak sengaja menekan tombol fungsi, kemudian tak sengaja menonaktifkan touchpad. Untuk masalah itu gunakan cara berikut ini :

  1. Pertama cari tombol fungsi yang berlogo touchpad pada laptop anda. Biasanya tombol untuk mengaktifkan dengan menonaktifkan berbeda, tergantung pada merk laptop. Terletak antara F5 sampai F9
  2. Coblah tekan tombol tersebut lalu gerakkan krusor laptop anda. Apakah sudah bisa atau belum.
  • Coba Periksa Pengaturan Touchpad

Cara ini khusus untukkrusor laptop ASUS yang tidak bergerak :

  1. Pertama buka pengaturan laptop anda lewat Start dengan menekan tombol windows di keyboard
  2. Lalu pakai tombol panah yang di atas dan bawah untuk mengarahkan krusor sampai menemukan pengaturan atau Settings, lalu klik tombol ‘Enter’
  3. Kemudian ketik ‘Touchpad’ di kolom pencarian. Lalu pilih ‘Touchpad setting’ dengan bantuan tombol panah ke bawah, setelah itu tekan tombol ‘Enter’
  4. Coba perhatikan apakah Touchpad nya aktif atau tidak. Kalau tidak aktif, anda bisa gunakan bantuan mouse eksternal untuk mengaktifkannya.
  • Coba Perbaiki File Sistem Yang Rusak Lewat CMD

Anda bisa coba perbaiki file sistem yang rusak lewat CMD, dengan cara ini anda dapat memindai Windows untuk file sistem yang rusak dan memulihkan file yang rusak. Cari tahu cara memperbaiki kursor laptop HP yang macet :

  1. Coba buka Command Promt dengan cara klik tombol Windows di keyboard kmudian klik cmd, habis itu tekan Enter
  2. Kemudian masukkan perintah berikut ini satu persatu ya! lalu tekan Enter setiap memasukkan salah satu perintah. Masukkan Disme/Online/Cleanup-Image/CheckHealth, atau Masukkan Disme/Online/Cleanup-Image/ScanHealth, atau Masukkan Disme/Online/Cleanup-Image/RestoreHealt.
  3. Periksa apakah kursor berfungsi. Jika tidak, gunakan prosedur yang sama untuk membuka prompt perintah. Ketik perintah berikut dan tekan Enter.
  4. Kemudian Restart ulang laptop anda dengan menekan tombol Alt+F4
  • Coba Hardware and Devices Troubleshoote

  1. Pertama anda coba klik menu Start dengan menekan tombol Windows
  2. Kemudian ktik Ttoubleshooting lalu anda coba klik Ttoubleshooting
  3. Kemudian anda pilih tab “Ttoubleshooting” lalu anda coba klik Hardware juga Device, habis itu klik Next
  4. Kemudian anda tinggal mengikuti petunjuk yang muncul di layar untuk memperbaiki kursor laptop yang tidak dapat bergerak.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang cara gampang mengatasi laptop yang tiba-tiba hang, dan apa penyebabnya. sekian dari kami, trimkasih sudah mau mampir dan membaca artikel akusatu.com ini. semoga membantu ya!