Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi akan kami jelaskan, karena banyak orang yang kebingungan kenapa keyboard tidak bisa berfungsi. Untuk itu akusatu.com akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sama sekali. Tapi sebelum itu kami akan menjelaskan kenapa keyboard laptop tak berfungsi.

Penyebab keyboard laptop tak berfungsi, yang sangat sering terjadi karena adanya gangguan pada hardware. Penyebab lainnya bisa jadi karena adanya debu atau kotoran, kena cairan, atau mungkin anda terlalu sering menekan salah satu tombol, sampai-sampai mengganggu driver keyboard. Tapi anda tak perlu khawatir dan jangan buru-buru membawanya ke tukang sarvice laptop, karena anda cukup lakukan langkah berukut ini untuk mengatasinya keyboard laptop yang tidak berfungsi, berikut cara-caranya :

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

  • Restart ulang Laptop

Restart ulang laptop anda, namun jika cara restart seperti biasa tidak bekerja sama skali, coba anda matikan laptop secara paksa dengan cara menekan tombol power dan menahannya beberapa detik.

  • Kemudian Jalankan System Restore

Kemudian jalankan system restore, kalau memang cara yang pertama tidak membuahkan hasil. Sangat mudah sekali, untuk para pengguna windows 10, System recovery dapat dilakukan dengan cara membuka Start Menu, kemudian anda ketik Recovery, dan pilih configure system restore.

  • Coba Lakukan Perbaikan Pada Driver Keyboard

Coba lakukan perbaikan pada driver keyboard anda, mungkin saja driver keyboard laptop anda bermasalah atau error. Penyebabnya juga sangat banyak, bisa jadi karena ada virusnya, atau mungkin ada masalah pada software dan aplikasi tertentu. Untuk memperbaikinya, anda perlu mengeceknya pada Device Manager untuk bagian keyboard. Kalau terlihat ada tanda segitiga berwarna kuning, itu artinya driver keyboard memang dalam keadaan bermasalah. Coba download dan pasang driver baru lewat situs resmi dari merk laptoop untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

  • Coba Cek Pengaturan Pada Keyboard

Coba cek pengaturan pada  keyboard laptop anda dengan cara lihat menu start dan pilih control panel. Kemudian anda tinggal pilih opsi Ease of Access, lalu pilih oopsi Make the keyboard easier to use. Setelah itu anda pilih setup filter key, dan klik Uncheck All. Jika anda sudah melakukan langkah tersebut, coba anda cek apakah masalah yang ada pada keyboard anda sudah teratasi atau belum.

  • Coba Ubah Layout Keyboard Laptop

Coba ubah layout keyboard laptop anda-jika cara yang diatas sudah anda praktekkan anda bisa coba cara ini. Coba ubah layout keyboard laptop anda sapatau sumber permasalahanya dari situ, bisa jadi karena layout yang digunakan tidak cocok, yang menyebabkan sebagian fungsi keyboard anda mati atau ada huruf yang muncul di layar laptop anda berbeda dengan yang anda tekan pada keyboard. Untuk mengatasi masalah ini, anda coba buka menu start, kemudian klik searching “Language” di kolom pencarian, kemudian tentukan bahasa yang ingin anda gunakan, lalu klik Options, anda harus pastikan kalau tulisan yang terpampang adalah “US QWERTY” supaya masalah tersebut tidak terjadi lagi, anda juga dapat menghapus beberapa layout yang tidak di butuhkan.

  • Coba Bersihkan Laptop Dari Debu/Remah Makanan

Coba bersihkan laptop anda dari debu/remah makanan, karena bisa jadi keyboard laptop anda banyak kotorannya. Jika benar bersihkan keyboard anda sampai benar-benar bersih.

  • Coba Cek Fungsi Num Lock

Coba cek fungsi num lonck laptop anda, karena mungkin tanpa anda sadari anda telah mengaktifkan tombol ini, yang membuat keyboard utama anda tak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk memastikannya anda hanya tinggal menekan tombol Fn+Num Lonck secara bersamaan. Tapi, masalah ini cuma terjadi pada jenis laptop tertentu saja.

  • Coba Perbaiki Konektor Yang Tak Terpasang Sempurna

Coba perbaiki konektor yang tak terpasang sempurna, karena bisa jadi keyboard anda tak berfungsi karena konektornya tak terpasang sempurna atau renggang. Untuk memastikannya anda coba bongkar keyboard laptop anda, dengan melihat video-video tutorial di Youtube atau dengan panduan orang yang berpengalaman untuk memasang konektor dengan benar.

  • Coba Lepas-Pasang Baterai Laptop

Coba lepas-pasang baterai laptop anda, kemudian tekan tombol power selama satu menit, setelah itu masukkan kembali batrainya dan coba nyalakan laptop anda, apakah keyboard anda sudah berfungsi dengan normal lagi.

  • Coba Ganti Keyboard Bawaannya

Coba ganti keyboard bawaannya-saat semua cara sudah hampir anda ciba tapi, tidak ada perubahan sama sekali, coba ganti keyboard bawaannya, karena mungkin keyboardnya sudah rusak total. Jika anda ingin menggantinya sendiri, anda harus lihat tutorial dari youtube atau internet, agar pemasangan yang anda lakukan benar.

  • Coba Gunakan Keyboard On-Screen

Coba gunakan keyboard on-screen-anda dapat memanfaatkan fitur keyboard on-screenyang pada umumnya tersedia di hampir semua jenis laptop apa saja. Untuk menggunakannya, anda coba ke menu Start, kemudian pilih Program, Accessorieslalu Accessibilitysetelah itu klik On-Screen KeyboardKalau anda menggunakan fitur tersebut, maka dalam layar laptop anda akan muncul layout keyboard yang dapat anda gunakan untuk mengetik. Caranya hanya dengan mengkliknya menggunakan mouse ataupun touchpad. Memang terkesan sangat ribet dan tak fleksibel, tapi cara ini dapat digunakan di saat darurat.

  • Coba Pasang Keyboard Eksternal

Coba pasang keyboard eksternal pada laptop anda, baik wireless ataupun USB. Jadi anda akan menggunakan keyboard laptop sama seperti komputer pada umumnya.

  • Coba Bawa ke Tempat Service

Coba bawa ke tempat service laptop, cara ini dapat anda lakukan saat semua cara yang diatas sudah anda coba namun tetap tak ada perubahan sama sekali.

Sekian penjelasan tentang cara mengatasi keyboard yang tak berfungsi dari artikel akusatu.com. Semoga membantu ya!