Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup, ini bisa anda coba lakukan sendiri di rumah. Karena akusatu.com akan menjelaskan caran-caranya. Banyak sekali pengguna laptop, yang lupa untuk merawat laptopnya, sehingga terjadilah masala-masalah yang tidak di inginkan, contohnya saja seperti layar laptop blank hitam tapi hidup. Layar laptop blanck hitam tapi hidup ini, sangat sering sekali di alami oleh para pengguna laptop. Tapi bagi anda yang layar laptopnya blank hitam, anda tak perlu khawatir, karena akusatu.com akan menjelaskan cara-caranya berikut ini :

Cara Gampang Mengatasi Layar Laptop Yang Blank Hitam Tapi Hidup

Cara gampang mengatasi layar laptop yang blanck hitam tapi hidup, bisa anda praktekkan di rumah anda, simak cara-cara berikut ini :

  • Coba Periksa Layar LCD Laptop

Coba periksa layar LCD laptop anda, karena bisa jadi penyebabnya ada di LCD. Untuk itu coba anda hubungkan layar laptop ke monitor eksternal lain, seperti Tv ataupun monitor komputer, hubungkan dengan menggunakan kabel HDMI atau VGA, tapi apabila colokannya berbeda anda dapat menggunakan konverter sesuai dengan jenis kabel tersebut. Apabila saat dihubungkan ke monitor eksternal dapatmenampilkan layar secara normal, itu berarti masalah tersebut benar-benar berasal dari LCDnya. Maka dari itu anda hanya perlu mengganti LCD sesuai dengan tipe dan merknya.

  • Coba Atur Ulang Resolusi Layar Yang Digunakan

Coba atur ulang resolusi layar yang digunakan, karena mungkin saja resolusi layar yang diterapkan melebihi dari spesifikasi laptop anda, atau mungkin karena spesifikasinya terlalu rendah, sehingga menyebabkan masalah tersebut. Maka yang harus anda lakukan adalah mengatur ulang melalui fitur safe mode. Untuk cara memasukkan safe mode dengan cepat, anda hanya perlu merestart laptop, setelah itu klik tombol f8 atau f12 secara berulang-ulang. Tapi perlu anda ketahui bahwa dalam hal ini, tombol untuk memasukkan safe mode pada setiap laptop juga berbeda-beda loh, anda bisa mencobanya dengan menekan tombol antara f5 sampai f12. Atau untuk lebih jelasnya lagi, anda dapat melihatnya lewat situs resmi merk laptop yang anda pakai. Setelah anda mengatur resolusi layarnya, coba restart ulang laptop anda.

  • Coba lepaskan Baterai Laptop

Coba lepaskan batrai laptop anda, karena biasanya dengan cara ini, layar laptop blank hitam bisa teratasi. Langsung saja lepas batrai laptop anda sementara, dan coba nyalakan laptop anda dengan menggunakan charger. Hal ini terjadi karena baterai yang terpasang mempunyai sedikit masalah, seperti baterai yang bocor, konslet ataupun hal lainnya.

  • Coba Pasang Ulang Dan Bersihkan RAM

Coba pasang ulang dan bersihkan RAM nya, tapi untuk membongkar perangkat anda harus mita bimbingan orang yang lebih tau. Sebelum anda melakukan hal itu, anda harus melepaskan batrainya terlebih dahulu, untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek di saat membersihkan komponen RAM. Pastikan anda benar-benar membersihkannya secara perlahan dan juga 1 arah agar tidak terjadi kerusakan pada komponen RAM tersebut. Setelah anda membersihkan komponen RAM dan slot-nya dari debu, coba pasang kembali secara perlahan kemudian restart ulang laptop anda.

  • Coba Atur Ulang Memori Cmos Laptop

Coba atur ulang memori Cmos laptop anda, dengan cara masuk ke pengaturan BIOS, kemudian setelah itu anda harus merestart ulang laptop anda,  lalu klik salah satu tombol pada keyboard seperti DEL (delete) ataupun F2, F10, dan juga F12 berkali-kali. Tapi perlu anda ketahui, bahwa ini juga tergantung tipe laptop apa yang sedang anda gunakan, sebagian laptop yang lain, ada yang harus menekan DEL, dan ada juga yang hanya perli menekan tombol F2 ataupun F10, dan lainnya. Jadi, anda perlu mencobanya satu persatu supaya berhasil masuk ke sistem BIOS tersebut.

Ketika anda sudah berhasil masuk ke BIOS, coba anda tekan tombol keyboard kanan kemudian arahkan ke tab save dan exit, setelah itu anda pilih restore defeults lalu anda pilih yes kemudian tekan tombol enter. Tapi sistem BIOS yang ada pada laptop juga berbeda-beda, jadi anda harus memahaminya terlebih dahulu. Atau anda juga dapat memilih load optimal default ataupun load setup default yang memiliki artian sama yaitu mengembalikan BIOS ke pengaturan yang awal. Ketika anda sudah selesai mengaturnya, anda jangan lupa klik save dan exit kemudian klik yes. Coba restart ulang laptop anda, apakah dengan cara ini, anda sudah bisa mengatasi masalah ini atau belum.

  • Coba Reset Windows

Coba reset windows, karena masalah laptop blank hitam bisa jadi berasal dari sistem oprasi windowsnya. Jadi yang perlu anda lakukan adalah menggunakan fitur reset windows. Tapi kalau anda gunakan cara ini, maka akan menghapus semua data dan file yang tersimpan, jadi coba anda pertimbangkan lagi, sebelum anda menggunakan cara ini. Jika anda yakin tetap memakai cara ini maka yang anda harus lakuakan ialah :

  1. Masuk ke safe mode
  2. Kemudian masuk ke Settings
  3. Setelah itu, anda pilih bagian Upate dan Security
  4. Kemudian anda pilih bagian Recovery dan klik Get started di bagian Reset This PC.
  • Coba Periksa Kabel Fleksibel LCD Laptop

Coba periksa kabel fleksibel LCD laptop anda coba bongkar laptop tersebut di bagian LCD, periksa dengan teliti apakah kabel fleksibel LCD-nya mengalami masalah. Apabila benaran rusak, maka yang harus anda lakukan adalah segera menggantinya dengan kabel fleksibel terlebih dahulu,  kadang-kadang laptop dengan tipe lama sangat susah untuk mencari komponen kabel fleksibel yang sesuai dengan tipe atau merk laptop tersebut.

  • Coba Hapus Program Yang Mencurigakan

Coba hapus program yang mencurihakan! karena bisa jadi program itulah yang menyebabkan virus masuk ke sistem windows laptop anda. Maka yang harus anda lakkan adalah dengan masuk ke safe mode dan mulailah menghapus beberapa aplikasi yang menurut anda sangat mencurigakan. Jika anda sudah menghapusnya, coba restart ulang laptop anda dan kami berharap laptop anda bisa normal kembali.

  • Coba Periksa Registry Windows

Coba periksa registry windows anda, karena biasanya masalah ini di sebabkan oleh sistem internal yang terjadi masalah di bagian windows explorer. Untuk itu anda harus memperbaikinya dengan cara menghapus beberapa file lewat registry editor. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah masuk ke safe mode terlebih dahulu, kemudian setelah menyala, coba klik kombinasi tombol Windows + R, setelah itu tulis regedit dan klik tombol enter kemudian klik yes untuk melanjutkan.

  • Coba Install Ulang Windows

Coba install ulang windows anda, karena dapat menjadi opsi untuk anda yang terkena error blank hitam ini. Hal ini trjadi karena, kemungkinan spesifikasi yang dimiliki laptop anda tidak mendukung sistem operasi yang terinstall, sehingga dapat membuat tampilan blank hitam ketika dihidupkan. Oleh karena itu anda harus menginstall sistem operasi windows yang benar-benar sesuai dengan spesifikasi laptop anda. Namun jika anda menggunakan windows 10 versi terbaru, maka yang perlu anda lakukan adalah menginstalasi ulang ke windows 8.1 (downgrade os). Dengan cara ini, banyak orang yang sudah berhasil mengatasi laptop blanck hitam. Untuk menginstalnya, anda dapat menggunakan flashdisk bootable dengan bantuan program rufus.

  • Coba Bersihkan Komponen Bagian Dalam Laptop

Coba bersihkan komponen bagian dalam laptop anda, walaupun terdengar sangat sepele, anda harus tetap mencoba cara ini dengan membersihkannya dari debu yang menempel menggunakan kuas kecil. Karena cara ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai macam masalah internal laptop, agar mendapatkan performa yang lebih optimal. Anda dapat memulainya dengan membongkar bagian badan laptop secara perlahan-lahan dan anda harus bersihkan semua komponen satu persatu sampai benar-benar bersih. Jika sudah anda bersihkan, coba restart ulang laptop anda. Semoga berhasil.

  • Coba Ganti Komponen VGA

Coba ganti komponen VGA, karena VGA yang bermasalah bisa menyebabkan layar laptop blank hitam. Perlu anda ketahui juga, VGA sangat berpengaruh pada tampilan visual dan juga grafis pada perangkat laptop anda, oleh karena itu tidak ada salahnya juga untuk memeriksa komponen VGA tersebut. Dalam hal ini, kami sarankan untuk membawanya ke tukang servis atau ahli komputer terdekat anda supaya tidak menambah kerusakan yang sangat tidak di inginkan samaskali. Pasalnya, proses penggantian komponen VGA ini disertai juga dengan mengganti motherboardnya.

  • Coba Ganti Komponen LCD Layar Laptop

Coba ganti komponen LCD layar laptop anda. Tapi langkah ini bisa anda lakukan, apabila semua cara yang ada diatas, tidak membuahkan hasil karena mungkin memang yang bermasalah atau rusak adalah komponen LCD nya. Untuk harga LCD ini juga bervariasi, tergantung merek dan tipe laptop yang anda gunakan. Mulai dari harga 400 ribu – 1.5 juta rupiah. Jika anda ingin menggantinya, maka anda bisa membawa laptop tersebut ke tempat reparasi terdekat laptop terdekat.

Itulah tadi penjelasan dari akusatu.com, tentang Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup. Semoga artikel dari kali dapat membantu anda ya! terimakasih sudah berkunjung.