Mengatasi Sebagian Huruf Keyboard Laptop Tak Bisa

Mengatasi sebagian huruf keyboard laptop tak bisa, sangat gampang sekali. Anda hanya perlu baca dan ikuti, cara dari akusatu.com berikut ini. Tapi sebelum itu, kami akan menjelaskan apa yang menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi. Penyebab keyboard laptop tak berfungsi ialah karena driver keyboardnya yang rusak ataupun bermasalah. Bisa jadi karena anda salah mengkonfigurasi pengaturan keyboard, bisa jadi ada virus pada laptop anda, atau mungkin karena anda menekan tombol kombinasi tertentu, untuk mematikan keyboard secara tidak sengaja. Tapi anda tak perlu khawatir, karena berikut ini kami akan menjelaskan tentang cara mengatasi sebagian huruf keyboard laptop tak bisa :

Mengatasi Sebagian Huruf Keyboard Laptop Tak Bisa

  • Lakukan Restart Ulang Pada Laptop

Lakukan restart ulang pada laptop karena dengan cara ini, berbagai masalah yang ada pada sistem oprasi pada laptop anda bisa teratasi. Oleh karena itu, cara ini patut untuk anda coba  sebelum anda melakukan tindakan lain. Apabila anda tidak bisa melakukan restart melalui start menu, coba anda klik tombol daya dan tahan selama beberapa saat sampai laptop anda mati.

  • Coba Lakukan System Restore

Coba lakukan system restore, karena terkadang, masalah keyboard laptop tak berfungsi muncul setelah anda melakukan instalasi  suatu program. Jadi anda bisa mencoba untuk melakukan system restore. Bagi anda pengguna Windows 7 dan Windows 8 dapat melakukannya dengan membuka Start Menu, kemudian anda cari “Recovery” di kolom search. Namun bagi anda pengguna Windows XP, Start Restore bisa anda temukan dengan membuka “Start Menu”, setelah utu anda klik All Programs, Accessories, dan juga System Tools secara berurutan.

Menu System Restore ini akan membuat laptop anda kembali pada keadaan sebelum dilakukan instalasi suatu program yang menjadi suatu kesalahan. Tapi perlu anda ingat kalau, program-program yang bermasalah akan hilang dari sistem anda. Jadi, anda jangan sampai lupa untuk mem-backup semua data yang penting bagi anda terlebih dahulu sebagai antisipasi.

  • Coba Periksa Driver Keyboard

Coba periksa driver keyboard laptop karena adanya masalah pada driver juga dapat membuat keyboard laptop anda tak berfungsi sebagian atau bahkan seluruhnya. Hal ini dapat terjadi jikalau anda melakukan pemasangan perangkat lunak pihak ketiga, dengan adanya serangan virus, dan sebagainya. Berikut ini cara periksa driver keyboard :

  1. Anda coba buka Device Manager, lewat Start Menu, lalu setelah itu anda coba ketik Device Manager di kolom pencarian.
  2. Kemudian setelah anda masuk ke Device Manager, coba anda perhatikan bagian Keyboards. . Apabila ada tanda segitiga berwarna kuning, besar kemungkinan bahwa driver papan tik laptop anda mengalami masalah.
  3. Untuk mengatasinya, anda hanya perlu mengunduh driver terbaru untuk keyboard tersebut di situs produsen laptop anda.
  4. Anda juga bisa coba mengeklik 2x pada jenis papan tik yang muncul di bawah bagian Keyboards untuk mencari driver yang anda perlukan.
  5. Kemudian setelah itu anda pilih menu driver dan anda coba klik Update Driver sebagai alternatif yang mengatasi keyboard laptop tak berfungsi sebagian.
  • Coba Cek Fungsi NumLock Laptop

Coba cek fungsi NumLonck laptop, karena jika fungsi NumLock pada laptop tidak aktif, karakter yang muncul ketika anda mengeklik angka-angka pada papan tik, biasanya akan berbeda dari tombol yang anda tekan. Pada papan tik laptop, anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi ini, hanya dengan menekan tombol Num Lock yang biasanya ada di sekitar tombol angka.

Sementara itu, pada papan tik laptop, biasanya anda hanya perlu menekan tombol Fn secara bersamaan dengan NumLock untuk mengaktifkan dan mematikan fungsi tersebut. Anda mungkin sangat perlu untuk menghubungi customer support dari produsen laptop, jikalau cara mematikan dan mengaktifkan fungsi Num Lock sangat berbeda.

  • Coba Lepas Baterai Laptop

Coba lepaskan baterai laptop anda tapi sebelum itu anda harus matikan laptop anda terlebih dahulu, setelah itu baru lepaskan baterai serta kabel adapter. Kemudian diamkan selama kurang lebih satu menit. Lalu, klik tombol power dan tahan selama kurang lebih 60 detik. Jika sudah, pasang kembali baterai laptop dan coba hidupkan laptop anda seperti biasa. Jika laptop memang benar membutuhkan reset ulang, kemungkinan dengan cara ini akan mengembalikan fungsi papan tik seperti semula.

  • Coba Bersihkan Kotoran Dan Debu Pada Laptop

Coba bersihkan kotoran dan debu pada laptop anda, karena mungkin bagian bawah dari tombol-tombol tersebut penuh dengan debu dan kotoran. Untuk cara membersihkan keyboard anda tinggal membalikkan atau memiringkan laptop dengan posisi 45 sampai 75 derajat sambil menggoyangkannya.

  • Coba Cek Konektor Keyboard Laptop

Coba cek konektor keyboard laptop anda, karena kemungkinan perangkat tersebut mengalami masalah pada konektornya. Karena jika konektor papan tik tertekuk, rusak, terlepas, ataupun renggang, yang membuat sistem laptop anda tidak bisa mendeteksinya. Untuk cara memperbaikinya, anda harus membuka papan tik terlebih dahulu sehingga dapat menghubungkan konektornya kembali. Namun, jika anda tidak yakin bisa melakukannya, maka jangan coba-coba untuk mengatasinya sendiri, karena bisa memperparah kerusakan.

  • Coba Manfaatkan On-Screen Keyboard

Coba manfaatkan On-Sreen keyboard laptop yang memerlukan skill, anda dapat memanfaatkan on-screen keyboard sebagai alternatif. Walaupun tidak senyaman menggunakan papan tik biasa, setidaknya ini cukup membantu kalau hanya ada beberapa tombol pada laptop yang tidak berfungsi. Anda dapat mengaktifkan on-screen keyboard dengan mengakses Start Menu, program, Accessories, Accessibility secara berurutan. Atau jjika anda mau lebih mudah lagi, tinggal tekan windows+Rkmudian ketik OSK setelah itu tekan Enter.

  • Coba Ganti Keyboard Bawaan

Coba ganti keyboard bawaan laptop anda. Tapi untuk menggantinya anda harus minta bantuan kepada orangg yang lebih menguasai tentang cara menggantikan keyboard.

Itulah tadi penjelasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi sebagian huruf keyboard laptop tak befungsi. Semoga bisa membantu ya! sekian dan terimakasih.