Cara

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi – akusatu.com kali ini akan menjelaskan tentang cara mengatasi touchpad laptop tidak berfunsi. Mungkin anda juga bertanya-tanya tentang cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi. Oleh karena itu kami akan menjelaskan tentang cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi.

Tapi sebelum itu kami akan menjelaskan apa penyebab touchpad laptop tak berfungsi. Penyebab Touchpad laptop tak berfungsi, bisa jadi karena anda tak sengaja mematikan touchpad di nonaktifkan. Maka untuk masalah ini silakan anda merujuk ke langkah pemecahan masalah berikut ini.

Silakan Anda Pergi Ke Instruksi Yang Sesuai Berdasarkan Sistem Operasi Windows

Silakan anda pergi ke instruksi yang sesuai berdasarkan sistem operasi windows yang saat ini di komputer Anda, baik itu windows 11 ataupun windows 10.

  • Untuk Sistem Windows 11

  1. Anda harus pastikan Touchpad hotkey diaktifkan,
  2. kemudian setelah itu coba anda gunakan tombol fungsi (hotkey) untuk enable atau disable fungsi Touchpad untuk memastikan kalau tidak ada respons pada Touchpad karena sudah dinonaktifkan.
  3. Anda juga harus periksa lokasi hotkey apakah ada pada keyboard laptop anda, biasanya itu terletak di F6 ataupun F9
  4. Kemudian coba klik tombol fungsi fn+F6 (Itu juga tergantung pada opsi hotkey yang anda pilih.) di keyboard
  5. lalu anda periksa apakah ada notifikasi Touchpad is enabled di layar Anda.

Namun jika masalah ini terus berlanjut setelah hotkey Touchpad diaktifkan, maka anda harus lanjutkan ke bab berikutnya untuk pemecahan masalah.

  • Coba Pastikan Fungsi Touchpad Diaktifkan Di Pengaturan Windows

  1. Ketik dan cari Touchpad settings di tempat pencarian Windows,
  2. Kemudian anda pilih Open
  3. Anda harus pastikan fungsi Touchpad ialah On. Jika mouse anda sudah terhubung,pastikan opsi Leave touchpad on when a mouse is connected di ceklis.
  4. Pada bagian Gestures dan interaction, coba anda periksa pengaturan Touchpad berikut memenuhi perilaku yang anda inginkan.

Namun jika masalah justru berlanjut setelah Touchpad diaktifkan di pengaturan Windows 11, maka anda harus lanjut ke bab berikutnya untuk pemecahan masalah.

  • Coba Hapus Perangkat Eksternal Kemudian Update BIOS & Update Windows

  1. Coba anda lepaskan perangkat eksternal, yaitu hard drive eksternal, printer, kartu memori, CD/DVD, dongle, dan lain sebagainya.
  2. Kemudian setelah itu update software, biasanya software bisa membantu stabilitas dan juga pengoptimalan sistem, oleh karna itu anda harus memeriksa dan juga harus sering memperbarui ke versi terbaru di laptop anda.

Namun jika masalah tetap ada setelah anda updated BIOS/Windows packages/drivers terupdate, maka anda harus lanjutkan ke bab berikutnya untuk pemecahan masalah ini.

  • Coba Download Dan Install Driver Yang Diperlukan

  1. Coba anda download dan install Intel I2C driver di Chipset kategori. Jikalau driver Intel I2C tidak tersedia di situs dukungan, itu berarti produk anda telah mempunyai driver pengontrol Serial IO bawaan di Windows, jadi anda tak perlu menginstalnya secara manuallagi.
  2. Namun jika produk dengan platform CPU AMD tidak mempunyai driver intel I2C, maka anda harus download dan install precision touchpad driver di Pointing Device kategori.
  • Coba Enable Dan Reinstall Driver Di Device Manager Intel I2C Driver

Coba enable dan reinstall driver di device manager intel I2C driver. Bagi produk dengan platform CPU AMD yang tak mempunyai driver intel I2C, silakan anda lanjutkan ke bab berikutnya untuk pemecahan masalah ini. Setelah anda menginstal driver ini, coba restart PC anda lalu setelah itu periksa fungsi Touchpad, apakah berfungsi atau tidak. Namu jika masalah terus berlanjut,maka anda harus lakukan :

  1. Coba anda ketik Device manage di kolom pencarian Windows, kemudian pilihlah Open
  2. Kemuian periksa panah di sebelah system device, setelah itu klik kanan Intel (R) serial IO I2C Host Controller dan pilihlah Enable device. Coba anda uji apakah fungsi Touchpad sudah berfungsi normal atau tidak setelah diaktifkan. Jika belum, silakan anda lanjutkan ke langkah berikutnya.

Catatan: Kalau Enable device pilihan tak muncul, itu artinya Touchpad sudah aktif, silakan anda lanjutkan ke langkah berikutnya :

  1. Coba restall Intel I2C driver.Kemudian klik kanan Inter (R) serial IO I2C Host Controller, kemudian pilih Uninstall device
  2. Kemudian pilih Delete the driver software for this device, lalu pilihlah Uninstall
  3. Ketika semua Intel(R) Serial IO I2C Host Controller driver sudah di uninstalled, coba restart PC anda terlebih dahulu. Maka sistem akan menginstal driver secara otomatis setelah restart, dan silakan anda uji fungsi Touchpad, apakah berfungsi atau tidak. Jikalau sistem tidak menginstal driver Intel(R), Serial IO I2C Host Controller, secara otomatis, maka bukalah ASUS support site untuk mendownload dan menginstall intel I2C driver di Chipset kategori.

Sekian dan terimakasih. Semoga bermanfaat ya!