Cara mengatasi krusor laptop
Cara mengatasi krusor laptop

Cara Mengatasi Kursor Laptop Yang Tidak Bergerak

Cara mengatasi krusor laptop yang tidak bergerak -Di artikel kali ini kami akan menjelaskan cara mengatasi krusor laptop yang tidak bergerak. Karena banyaknya orang yang menanyakan tentang cara mengatasi krusor laptop yang tidak bergerak. Tapi sebelum itu, kami akan bercerita sedikit tentang penyebab krusor laptop tak bergerak.

Penyabab krusor laptop tak bergerak bisa karena ada masalah pada konektivitas (Mouse), ada kesalahan pada pengaturan mouse atau touchpad, bisa jadi karena Driver yang up-to-date, atau mungkin karena anda mencabut mouse terlalu keras, atau anda terlalu keras menekan touchpad, bisa jadi karena ada kerusakan pada hardware, dan lain sebagainya. Tapi anda tak perlu khawatir, karena akusatu.com kali ini akan bercerita sedikit tentang cara mengatasi krusor laptop yang tidak berfungsi, berikut penjelasannya :

Cara Mengatasi Krusor Laptop Yang Tidak Bergerak

Cara mengatasi krusor laptop yang tidak bergerak ini, sangat mudag sekali untuk anda coba sendiri di rumah. Berikut ini penjelasannya :

  • Coba Cek Mouse Eksternal Yang Digunakan

Coba cek mouse eksternal yang digunakan. Bagi anda yang menggunakan mouse tambahan untuk menjalankan krusor laptop, maka bisa jadi ada masalah pada mouse tambahan tersebut. Coba anda gerakkan krusor lewat touchpad, kemudian anda cek apakah krusor bergerak atau tidak. Jika benar mouseanda yang bermasalah, maka anda segera ganti dengan perangkat yang masih berfungsi. Namun jika mouse dan krusor tidak bergerak di touchpad, maka anda bisa mencoba cara lainnya.

  • Coba Perhatikan Tombol Fungsi

Coba perhatikan tombol fungsi laptop anda. Terkadang, masalah kursor tidak bergerak terjadi karena anda secara tidak sengaja telah menekan tombol fungsi dan menonaktifkan touchpad. Berikut ini cara memperbaiki krusor laptop tidak bergerak:
  1. Coba anda cari tombol fungsi yang berlogo touchpad. Tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad berbeda, tergantung pada merk laptop. Biasanya, antara F5 sampai F9.
  2. Kemudian setelah itu tekan tombol tersebut dan gerakan kursor laptop anda. Apakah masih tidak bergerak atau sudah teratasi.
  • Coba Periksa Pengaturan Touchpad

Coba periksa pengaturan touchpad. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan metode kedua, hanya saja dikhususkan bagi para pengguna yang tidak menemukan tombol fungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad. Berikut ini cara memperbaiki krusor laptop ASUS yang tidak bergerak:
  1. Coba anda buka pengaturan laptop lewat ‘Start’dengan cara menekan tombol Windows di keyboard.
  2. Kemudian anda gunakan tombol panah atas dan bawah untuk mengarahkan krusor sampai menemukan pengaturan atau Settings, lalu anda klik tombol ‘Enter’
  3. Setelah itu ketik ‘Touchpad’ di kolom pencarian. Pilihlah ‘Touchpad setting’ dengan bantuan tombol panah ke bawah, kemudian klik ‘Enter’
  4. Coba anda perhatikan apakah Touchpad sudah aktif atau tidak. Kalau tidak aktif, anda bisa menggunakan bantuan mouse eksternal untuk mengatifkannya.
  • Coba Perbaiki File Sistem Yang Rusak Melalui CMD

Coba perbaiki file sistem yang rusak melalui CMD, dengan cara ini berarti anda sedang memindai kerusakan file sistem di Windows kemudian memulihkan yang rusak. Berikut cara memperbaiki kursor laptop HP yang tidak bergerak:
  1. Coba anda buka Command Prompt dengan mengeklik tombol Windows di keyboard lalu ketik cmd. Kemudian setelah itu, klik tombol Enter
  2. Lalu masukkan perintah di bawah ini satu per satu, kemudian klik Enter setiap anda memasukkan salah satu perintah (Disme /Online /Cleanup-Image /CheckHealth, Disme /Online /Cleanup-Image /ScanHealth, atau Disme /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth)
  3. Silahkan anda cek apakah krusor anda sudah berfungsi atau belum. Kalau belum bisa juga, maka bukalah Command Prompt dengan langkah yang sama dan masukkan perintah ini “sfc/scannow”, lalu klik Enter
  4. Kemudian restart ulang laptop dengan klik Alt + F4.
  • Coba Hardware And Devices Troubleshooter

Coba hardware and device troubleshooter, karena dengan cara ini, bisa membantu anda untuk mendeteksi masalah yang terjadi pada laptop, sehingga menyebabkan krusor laptop anda tidak bergerak. Untuk mengatasinya, coba langkah-langkah berikut :

  1. Coba anda klik menu Start dengan menekan tombol Windows
  2. Kemudian ketik ‘Troubleshooting’ dan juga klik tombol ‘Troubleshooting’
  3. Lalu pilih tab ‘Hardware and Sound’, setelah itu klik ‘Hardware and Device’. kemudian, klik ‘Next’.
  4. Kemudian anda tinggal, ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk memperbaiki krusor yang tidak bergerak.

Itulah tadi penjelasan tentang cara mengatasi krusor laptop yang tidak bergerak dari akusatu.com. Semoga bisa membantu ya! Sekian dan terimakasih.