Tips Mengatasi Laptop Yang Lemot Windows 7

Tips mengatasi laptop yang lemot windows 7- Di artikel akusatu.com, kami akan mejelaskan tentang, tips mengatasi laptop yang lemot windows 7. Mungkin anda juga bertanya-tanya tentang tips mengatasi laptop lemot windows 7, tapi sebelum itu kami akan menjelaskan apa penyebab laptop yang lemot windows 7.

Penyebab laptop yang lemot windows 7 ini, karena banyaknya startup yang berjalan secara otomatis saat laptop anda di nyalakan dan karena spesifikasi hardware yang kurang mumpuni untuk menjalankan program ataupun aplikasi. Berikut penjelasan tentang tips mengatasi laptop yang lemot windows 7:

Tips Mengatasi Laptop Lemot Windows 7

Tips mengatasi laptop lemot windows 7 ini bisa anda coba sendiri di rumah. Berikut ini tips mengatasi laptop lemot windows 7 :

  • Coba Matikan program Startup Windows 7

Coba matikan program startup windows 7 untuk mengurangi beban laptop anda. Berikut ini cara kerjanya :

  1. Coba anda klik Start menu>Run>dan juga msconfig, kemudian klik Enter
  2. Kemudian anda tinggal pilih tab Startup>hilangkan centang pada sebagian aplikasi sesuai keinginan anda.
  3. Kalau sudah, coba klik Apply dan OK
  4. Selesai
  • Coba Matikan Visual Effect Windows 7

Coba matikan visual effect windows 7 untuk meringankan beban sistem pada laptop anda, sehingga laptop dapat berjalan dengan lebih ringan dan juga tidak lemot. Berikut ini cara kerjanya :

  1. Coba anda klik tombol Start>pilihlah Control Panel
  2. Kemudian ketik Performa Information and tool, di kolom pencarian
  3. Lalu ketik lagi Performa Information and tool di dalam hasil pencarian tadi
  4. Coba lihat panel sebelah kiri, dan klik Adjust visual effects
  5. Setelah itu pada tab pilih Adjust for best performance>kemudian klik Apply, lalu klik OK
  6. Selesai deh.
  • Coba Kurangi Aktivitas Multitasking

Coba kurangi aktivitas multitasking, karena jika Anda melakukan multitasking yang terlalu berlebihan, maka bisa menyebabkan laptop anda menjadi ilemot. Oleh karena itu, lakukanlah  aktivitas multitasking seperlunya saja, dengan menyesuaikan kebutuhan sumber daya perangkat anda. Berikut cara mengatasinya:

  1. Coba klik kanan Taskbar windows 7
  2. Kemudian anda pilih Start task Manager>pada tab Applications, lalu pilihlah aplikasi atau program yang tak di gunakan
  3. Setelah itu klik End Task untuk menutup program secara paksa
  4. Selesai deh.
  • Coba Scan Dengan Antivirus

Coba scan dengan antivirus karena ini bisa membantu membersihkan virus-virus pada laptop secara menyeluruh dan bisa membuat laptop anda menjadi lebih stabil dan lebih optimal. Berikut cara kerjanya :

  1. Coba anda tekan tombol power
  2. Ketika proses booting dilkukan, coba klik tombol F8>lalu pilihlah Safe Mode> setelah itu klik tombol power
  3. Jika sudah, silahkan anda buka Antivirus dan lakukan Full Scanning
  4. Selesai deh.
  • Coba Sisakan Ruang Kosong Di Drive C (sistem) Anda

Coba sisakan ruang kosong di drive c (sistem) anda. Kalau anda ingin sistem Windows 7 anda berjalan dengan lebih cepat, dalam menjalankan aplikasi, maka anda harus coba untuk menyisakan free space pada drive C anda. Setidaknya, anda coba untuk menyisakan 20% ruang penyimpanan kosong dari total kapasitas penyimpanan di drive C anda. Jika penyimpanan anda sudah terlalu penuh maka anda harus menghapus aplikasi atau file besar yang tidak dibutuhkan sama sekali serta memindahkan semua file yang ada di folder download, document, music, picture, dan lain sebagainya ke local disk lain.

  • Coba Upgrade Storage Ke SSD

Coba upgrade strage ke SSD, karena dalam mengakses data, SSD mempunyai performa yang lebih cepat dari pada HDD. Bahkan hampir seluruh laptop keluaran baru saat ini telah menggunakan SSD sebagai penyimpanan utama, tidak lagi menggunakan penyimpanan HDD. Selain itu SSD juga efektif dalam mempercepat proses booting windows 7 anda.

  • Coba Tambah Kapasitas RAM

Coba tambah kapasitas RAM anda, Selain upgrade storage ke SSD, anda juga dapat menambah kapasitas RAM laptop anda menjadi lebih besar lagi. Kalau anda ingin mendapatkan kinerja sistem yang optimal, maka usahakan RAM pada laptop anda setidaknya berkapasitas 8GB. Dengan begitu laptop anda tidak akan mengalami lemot lagi ataupun hang, walaupun anda sedang menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Namun jika anda belum ada keinginan untuk menambah kapasitas RAM, maka ada baiknya anda kurangi aktivitas multitasking yang berlebihan.

Sekian penjelasan dari akusatu.com tentang tips menngatasi laptop lemot windows 7, semoga bisa bermanfaat ya! Terimakasih sudahberkunjung.